• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Trik Mengajarkan Anak Mengelola Hasil Amplop Lebaran

Trik Mengajarkan Anak Mengelola Hasil Amplop Lebaran

Banyak yang bisa diajarkan ke anak saat mereka menerima amplop Lebaran atau THR. Salah satu keseruan buat anak-anak saat Lebaran adalah menerima amplop THR dari saudara dan kerabat waktu berkunjung silaturahmi. Kalau sudah begitu, pasti anak-anak langsung heboh. Jangan buru-buru menuruti anak-anak, pergi ke toko mainan, karena justru momen mengelola THR bisa jadi kesempatan baik… View Article

Banyak yang bisa diajarkan ke anak saat mereka menerima amplop Lebaran atau THR. Salah satu keseruan buat anak-anak saat Lebaran adalah menerima amplop THR dari saudara dan kerabat waktu berkunjung silaturahmi. Kalau sudah begitu, pasti anak-anak langsung heboh.

Jangan buru-buru menuruti anak-anak, pergi ke toko mainan, karena justru momen mengelola THR bisa jadi kesempatan baik buat mengajarkan banyak hal pada anak.

Baca Juga: Model Baju Lebaran Anak yang Nyaman dan Stylish

Jangan lupa etiket terpenting

ThankYouByUnsplash

Urusan yang ini, bisa langsung kamu pesankan pada si kecil, sebelum tiba di tempat silaturahmi. Ingatkan pada anak-anak untuk selalu memberi salam ketika tiba pada semua orang tua di situ. Lalu, jika mereka menerima amplop dari sanak saudara, yang terpenting selalu ingatkan untuk mengucapkan terima kasih. Jangan sampai lupa.

Masalah jumlah yang mungkin tidak sama

BisaJadiBedaByPixabay

Isi di amplop yang diterima anak bisa jadi nggak sama antar satu anak dengan yang lain. Kadang-kadang, anak yang lebih tua mendapat jumlah uang yang lebih banyak. Atau jika dalam acara keluarga, masing-masing orang tua yang memberikan juga beda jumlahnya.

Ingatkan pada si kecil, hal ini bukan masalah dan tidak perlu dibahas atau dibandingkan. Jelaskan kalau kemampuan orang yang memberi juga tidak sama. Dan ajarkan anak untuk nggak langsung membongkar amplopnya di depan si pemberi. Lebih baik dikumpulkan dan dibuka ketika tiba di rumah untuk digabungkan.

Tawarkan pilihan

DibelikanApa

Pasti kadang kamu khawatir saat anak memegang banyak uang. Lebih baik langsung dikumpulkan buat ditabung aja. Eits, nanti dulu. Mari kita bersikap adil pada anak. Uang amplop Lebaran adalah hak anak. Orangtua hanya perlu mengarahkan. Tawarkan beberapa pilihan padanya. Misalnya sebagian boleh dibelanjakan mainan, buku, atau buat main di palyground favoritnya, dan sebagian lagi bisa disimpan atau ditabung.

Kesempatan mengajarkan menabung

BelajarMenabung

Nah, setelah menyisihkan buat menabung, kasih pilihan ke anak buat menabung. Jika jumlahnya nggak banyak, bisa kamu pilihkan celengan buat menyimpan. Tapi kalau jumlahnya banyak, tawarkan anak untuk buka rekening di bank. Pasti seru, bisa sekalian mengajarkan proses kerja bank. Apalagi tabungan anak biasanya lucu-lucu ikon dan gambar buku serta ATM-nya. Dijamain si kecil bangga, bisa mengintip jumlah uang dan punya kartu bertuliskan namanya sebagai bukti kepemilikan rekening!

Jangan lupa berbagi

BerbagiByUnsplash

Masih dalam rangka bulan baik, sekalian ajarkan anak buat berbagi dengan anak lain yang kurang beruntung. Caranya macam-macam. Bisa dengan menyumbang di kotak amal yang ada di mana-mana atau bersedekah ke pengemis. Jelaskan pada anak kalau dalam uang yang ia miliki ada hak orang lain yang harus dibagikan juga. Dengan begitu, ia juga akan bikin orang lain senang, seperti saat ia sendiri menerima uang Lebaran.

Khusus buat kamu, sering silaturahmi artinya berkali-kali makan. Apalagi banyak kue Lebaran yang enak-enak di toples cantik. Nah, ada caranya, lho biar tetap langsing setelah Lebaran. Tapi, kalau metodenya nggak berhasil di kamu, tinggal hindari beberapa model baju berikut.

Categorised in: ,

This post was written by Kak Moza