• Home
  • >
  • News
  • >
  • 5 Orang Ini Pernah Jadi Jutawan Lalu Jatuh Miskin

5 Orang Ini Pernah Jadi Jutawan Lalu Jatuh Miskin

Hindari gaya hidup yang boros karena berdampak negatif untuk keuangan kita.

Banyak orang berpendapat bahwa hidup itu seperti roda, kadang kita berada di atas dan bisa juga berada di bawah. Menjadi sukses dan kaya raya pasti menjadi impian setiap manusia, namun untuk mewujudkan hal itu kita membutuhkan cara-cara yang kreatif dalam untuk meraih itu semua.

Setelah mendapatkan kekayaan tersebut godaan akan semakin gencar menghampiri kita, seperti membeli rumah mewah, mobil sport, kapal pesiar dan pesta besar-besaran semalam suntuk.

Pola hidup yang boros akan membuat harta kekayaan yang kita miliki cepat habis. Untuk menghindari itu semua, setidaknya kita dapat belajar dari 5 orang ini sebelum menyesal nantinya. ini 5 orang yang pernah kaya raya namun akhirnya jatuh miskin karena ulahnya sendiri.

Jordan Belfort

Kisah tentang Jordan Belfort semakin terkenal setelah film berjudul ‘Wolf of Wall Street’ sukses besar di tahun 2013 bersama aktor dunia Leonardo DiCaprio. Belfort mendapatkan kekayaan yang sangat menakjubkan mencapai 250 juta dolar AS saat usianya masih 20 tahunan. Karena terlibat penipuan, Belfort dihukum dua tahun penjara dan jatuh bangkrut. Berdasarkan keputusan pengadilan, Belfort juga harus membayar ratusan juta dolar AS dalam bentuk hutang. Akhirnya seluruh aset atas namanya harus dipotong untuk membayar hutang-hutangnya tersebut.

Menurut jaksa federal, Belfort gagal memenuhi kewajiban ganti ruginya sesuai yang tercantum dalam perjanjian hukumannya pada tahun 2003. Perjanjian tersebut mewajibkannya menyisihkan 50% pendapatannya untuk ganti rugi kepada 1.513 klien yang ditipunya. Dari 11,6 juta Dollar AS yang diterima para korban Belfort, 10,4 juta Dollar AS di antaranya merupakan hasil penjualan properti palsu. Perjanjian hukuman ini mewajibkan ganti rugi sebesar 110 juta Dollar AS.

Kim Schmitz

Kim Schmitz atau yang lebih dikenal dengan Kim Dotcom, Kimble, atau Kim Tim Jim Vestor ini merupakan salah miliarder yang akhirnya jatuh miskin. Hacker yang terkenal bengal sekaligus pengembang layanan Megaupload ini memiliki nilai aset mencapai 200 juta Dolar AS. Megaupload adalah situs berbagai file dan penyimpanan online yang bemarkas di Hong Kong dan menjelma menjadi situs terpopuler ke-13 di dunia internet. Perusahaan ini menyediakan fitur untuk mempermudah orang lain agar dapat menyimpan berkas mereka di suatu server.

Situs Megaupload diperintahkan untuk ditutup oleh FBI dan Departemen Kehakiman AS pada tanggal 19 Januari 2012 karena dugaan pelanggaran hak cipta. Megaupload dituduh menyebabkan kerugian sebesar 500 juta dollar AS. Polisi menangkap Kim di kediamannya yang berdiri di atas tanah seluas 24 hektar bernama Dotcom Mansion. Polisi juga menyita seluruh kendaraan mewah Kim yang berjumlah 18 unit. Semua hartanya kini telah hilang sekejap mata.

Willie Nelson

Willie Nelson adalah  salah satu nama yang paling terkenal pada industri musik country. Nelson menerima banyak sekali penghargaan, termasuk 11 Grammy Awards dan 7 American Music Awards sebagai salah satu seniman country paling gemilang yang pernah ada.

Tidak disangka ternyata Nelson pernah dinyatakan bangkrut. Dia pernah memiliki hutang mencapai 17 juta dolar AS. Pada tahun 1990 semua rekening Nelson disita oleh IRS untuk membayar hutang-hutangnya. Nelson juga dipaksa untuk menghasilkan dua album baru dimana 100 persen keuntungannya untuk melunasi sisa hutangnya.

MC Hammer

MC Hammer merupakan rapper terkenal pada tahun 90-an yang berasal dari Amerika Serikat. Dia pernah meraih ratusan juta dolar AS semasa kariernya. Sayangnya, Hammer menghabiskan hartanya itu dengan sangat cepat. Hammer mendapatkan 33 juta dolar AS dari albumnya yang meledak pada tahun 1990, dan saat itu dia masih berusia 20 tahunan.

Hingga tahun 2011, Hammer belum sama sekali menyewa jasa akuntan untuk mengelola keuangannya. karena tindakannya itu, kemudian Hammer dilaporkan berutang hampir 800 ribu dolar dan juga pajak ke IRS yang harus segera dilunasi.

George Foreman

George Foreman terkenal sebagai petinju di televisi yang pernah satu ring dengan Muhammad Ali. Sebagai anak yang penuh masalah dan merupakan anak putus sekolah Foreman bergabung dengan program President Lyndon Johnson’s Jobs Corps, dan di sanalah dia menemukan bakat terpendamnya dalam bidang olahraga tinju.

Foreman mencetak penghasilannya hingga 250 juta dolar AS. Namun nasib kurang baik menimpa petinju legendaris ini, Foreman berada di ambang kebangkrutan total meskipun dia pernah meraih medali emas pada Olimpiade tahun 1968 di Meksiko. Pada usia 45 tahun Foreman sangat boros menggunakan seluruh harta kekayaannya, sehingga membuat dia kesulitan dalam hal keuangannya.

Kira-kira jika kalian menjadi kaya raya mau seperti mereka atau hidup hemat? sebanyak apapun harta kekayaan kita nantinya jangan lupa cari dengan cara yang halal dan bayar pajak ya.

Categorised in: ,

This post was written by Ridhwan Fakkar