• Home
  • >
  • sejarah
  • >
  • Ziarah Mengenang RA Kartini ke Tempat-Tempat Bersejarah Ini

Ziarah Mengenang RA Kartini ke Tempat-Tempat Bersejarah Ini

Jepara dan Rembang adalah dua kota di Jawa Tengah yang menyimpan banyak jejak Kartini. Apa saja tempat-tempat bersejarah peninggalan Kartini di sana. Berikut daftarnya.

Menjelang 21 April, nggak ada salahnya kalau kamu berziarah mengenang RA Kartini dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang jadi penanda pahlawan nasional tersebut. Bukan cuma wisata sejarah, kamu juga bisa bersenang-senang ke beberapa wahana yang ada di sana.

Jepara dan Rembang adalah dua kota di Jawa Tengah yang menyimpan banyak jejak Kartini. Apa saja tempat-tempat bersejarah peninggalan Kartini di sana. Berikut daftarnya.

Baca juga: Kota-kota di Dunia yang Paling Ramah Buat Cewek Solo Traveler

Pendopo Kabupaten Jepara

Pendopo-Kabupaten-Jepara

Raden Ajeng Kartini tinggal di tempat ini bersama keluarganya pada 1881-1903. Dia juga menjalani masa pingitan di sini mulai 1892. Catatan sejarah menyebut dari tempat ini lahir gagasan emansipasi wanita yang dikumandangkan Kartini. Dia juga mengisi kegiatannya dengan mengajar, menjahit, serta membatik di sini. Pendopo ini masih dipakai sebagai rumah dinas Bupati Jepara. Pemerintah setempat memakainya untuk menerima tamu daerah. Lokasinya ada di Jalan RA Kartini, Panggang, Jepara, Jawa Tengah. Kamu enggak perlu bayar untuk masuk ke sini alias gretong.

Museum Kartini

museum-kartini-190417-yn-1

Museum ini dekat dengan Pendopo Kabupaten Jepara. Letaknya di Jalan Alun-alun Nomor 1 Desa Panggang, kecamatan Jepara, Jawa Tengah. Yang unik, gedung di tempat ini berinisial K, T, dan N yang artinya Kartini. Banyak benda bersejarah peninggalan Kartini tersimpan di museum ini. Misalnya foto keluarga Kartini, surat untuk teman Kartini, meja belajar, meja jahit dan lain sebagainya.

Pantai Kartini

pantaikartini

Ketika Kartini masih kecil, pantai ini menjadi tempat langganannya bermain. Pantai ini sudah jadi ikon di Jepara. Tiap liburan lebaran, wisatawan memenuhi pantai yang terkenal dengan wahana kura-kura raksasanya. Wahana ini memiliki akuarium besar yang bikin pengunjung serasa ada di bawah laut. Di sini juga ada wahana edukasi serta teater tiga dimensi.

Museum Kamar Pengabdian Kartini Rembang

kartini1

Museum Kamar Pengabdian Kartini ada di Jalan Gatot Subroto, Desa Kutoarjo, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. DI sini terdapat banyak peninggalan Kartini seperti keramik peralatan rumah tangga, mesin jahit, ukiran kayu, tempat tidur, meja makan, dan lain-lain. Kamar ini dipakai ketika Kartini melahirkan anaknya. Kalau kamu mau lihat tulisan asli Kartini di buku Habis Gelap Terbitlah Terang, di sini tempatnya. Kartini menulis buku yang sangat terkenal tersebut di kamar ini.

Makam RA Kartini

makamkartini

Makam Kartini ada di Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembangm Jawa Tengah. Lokasi tepatnya di bukit yang terletak di belakang kantor Kecamatan Bulu. Adapun kompleks makam berada di jalur utama Kabupaten Rembang dan Kabupaten Blora. Pengunjung bisa melihat pustaka digital dan galeri Diorama Perjuangan Kartini di tempat ini.

Bagaimana, menarik bukan wisata ziarah ke tempat-tempat penting RA Kartini? Kalau bukan kita, siapa lagi yang mau menghargai jasa para pahlawan dengan mengenang dan meneruskan perjuangannya.

Categorised in: ,

This post was written by Kak Moza