• Home
  • >
  • Promo
  • >
  • Apa Sih Manfaatnya Bayar Zakat?

Apa Sih Manfaatnya Bayar Zakat?

Manfaat zakat ternyata sangat banyak! Baik buat si penerima atau pun buat kamu si pemberi zakat!

Membayar zakat adalah salah satu rukun (atau kewajiban) umat Islam. Jika ditunaikan, maka kita akan terhindar dari dosa dan bahkan mendapatkan pahala. Namun sebetulnya ada nggak sih fungsi zakat selain dari sisi rohani atau agama?

Manfaat zakat ternyata sangat banyak, terlepas dari jenis-jenis zakat yang kamu tunaikan (zakat fitrah, zakat mal, dll). Dari sudut pandang sosial maupun personal, kehadiran zakat bisa membawa berkah yang besar baik bagi si penerima zakat maupun pemberi zakat. Berikut ini beberapa manfaat zakat seperti yang disampaikan oleh para nabi maupun ulama.

Manfaat Zakat Secara Sosial

Derma atau pemberian yang didapatkan oleh penerima zakat tentu bisa membantu kehidupannya dari sisi ekonomi. Namun jika kita lihat lebih jauh lagi, zakat bisa meredam rasa iri, dengki dan kebencian antar golongan. Kehadiran zakat akan membuat si miskin merasa dirinya tidak ditinggalkan oleh si kaya. Zakat adalah contoh nyata dari sikap tolong-menolong. Dengan dibayarkannya zakat, tali persaudaraan pun menjadi semakin erat.

Zakat juga membantu pergerakan ekonomi. Tentu akan sangat berbahaya jika jumlah harta di dunia ini hanya dimiliki oleh satu golongan saja. Si miskin tidak akan bisa membeli apa-apa dan si kaya pun tidak mau membeli apa-apa (karena sudah punya segalanya). Dengan adanya zakat, harta dalam bentuk bahan makanan atau pun uang akan disalurkan dan tersebar ke berbagai lapisan masyarakat yang membutuhkan sehingga roda ekonomi bisa terus berputar.

Manfaat Zakat Secara Personal

Zakat sebagai kewajiban akan memberi dampak psikologis yang besar bagi diri kita sendiri. Dengan membayar zakat, kamu akan merasa lega karena telah menyelesaikan salah satu tugas penting yang harus kamu laksanakan. Beban pikiran kamu jadi berkurang dan kamu bisa fokus ke berbagai hal lain.

Dampak psikologis lainnya adalah kamu jadi merasa bersyukur karena selama ini telah diberi banyak rezeki. Sebab di dalam hati kamu percaya bahwa kamu termasuk ke dalam golongan orang yang mapan/mampu sehingga bisa menyisihkan sebagian rezekinya kepada orang lain. Apalagi nabi telah menyampaikan bahwa membayar zakat tidak akan mengurangi harta kamu tapi justru akan membuatnya bertambah.

Ayo Bayar Zakat

Setelah mengetahui jenis-jenis zakat yang wajib kamu bayar dan apa manfaatnya membayar zakat, berarti tidak ada alasan lagi bagi kamu untuk tidak membayar zakat. Apalagi di era digital sekarang sudah tersedia berbagai layanan yang memudahkan kamu untuk menunaikan zakat, seperti situs bayar zakat online misalnya. So, jangan lupa bayar zakat ya! Biar banyak berkah!

Categorised in:

This post was written by Lendra Bayu