Sepandai Lulusan Univ Ternama Dengan 5 Website Pintar Ini

Website pintar berikut telah bekerja sama dengan universitas ternama seperti MIT, Stanford, Harvard, dan menyediakan kursus online loh.

Banyak yang mengatakan pendidikan itu mahal karena biaya yang dikeluarkan mulai dari masuk sekolah dasar hingga perguruan tinggi atau universitas sangat tinggi. Belum lagi bila masuk ke institusi terkenal, tentu saja biayanya akan semakin tinggi. Namun, berkat perkembangan teknologi dan inovasi para ilmuwan di seluruh dunia, sekarang belajar dari kursus online universitas internasional ternama seperti Harvard, Princeton, ataupun Stanford bukan lagi mimpi.

Bukan sekedar angan-angan saja karena semua itu bisa dilakukan melalui kursus dan kuliah online. Dan berikut adalah lima kurus online dengan materi dari universitas-universitas ternama di seluruh dunia yang bisa kamu ikuti.

Udacity

website udacity logo

Sumber: Udacity

Dikembangkan oleh ilmuwan-ilmuwan perusahaan teknologi ternama seperti AT&T, Google, Flipkart, dan Adobe. Udacity merupakan situs yang menyediakan kursus online khususnya di bidang teknologi. Pendekatannya dalam mendidik cukup unik. Bukannya memberikan teori terlebih dahulu, tapi langsung masuk kepada praktek, mulai dari membuat program Android sederhana sampai memasarkan aplikasi yang kamu buat hanya dalam waktu beberapa minggu. Banyak sekali pilihan kursus yang kamu bisa kamu ambil. Juga nggak ada ujian atau tugas-tugas yang mirip di sekolah. Sayangnya, tidak semua kursus gratis, sebagian besar kursus yang disediakan adalah berbayar.

Coursera

website coursera logo

Sumber: Facebook Course Era

Coursera memberikan pilihan kursus online yang lebih variatif. Mulai dari belajar musik dari Universitas Yale, sampai Ilmu Sosial Statistik dari Universitas Amsterdam. Coursera memberikan kursus online lengkap dan mudah dipahami bagi para pelajar yang kesulitan dalam memahami dan mempelajari ilmu-ilmu tersebut. Kamu bisa belajar kapanpun dengan jadwal yang kamu tentukan sendiri.

Apabila kamu berhasil menyelesaikan kursus dengan sungguh-sungguh, di akhir kursus kamu akan mendapatkan sebuah sertifikat kelulusan dari Coursera dan universitas yang bersangkutan.

Baca juga: 5 Buku Cerdas Biar Tambah Kritis dalam Berpikir

EdX

website edx logo

Sumber: Facebook EdX

Satu lagi alternatif belajar online, yaitu EdX yang menyediakan kursus dan kelas online dari universitas-universitas ternama, seperti MIT, Harvard, Berkeley, dan lainnya.

Pilihan studi, kursus, dan universitas yang disediakan EdX juga lebih banyak. Kamu bisa mempelajari Peramalan Makroekonomi dari International Monetary Foundation (IMF) sampai Arsitektur Teknologi dari Universitas Tokyo dengan gratis! Namun, untuk mengambil sertifikasi dari universitas tersebut, kamu perlu mengeluarkan biaya.

Khan Academy

website khan academy logo

Sumber: Khan Academy Wikia

Jika kamu mencari situs yang sepenuhnya gratis, Khan Academy adalah alternatif yang tepat. Cukup dengan mendaftar menggunakan e-mail, kamu sudah bisa mengakses berbagai materi kursus yang disediakan oleh Khan Academy.

Mulai dari belajar bahasa, kimia, matematika, kesehatan, sejarah, dan masih banyak lagi. Setiap akhir materi akan terdapat latihan dan kuis untuk menguji pemahaman kamu selama mengikuti kursus di Khan Academy.

Bahkan, Khan Academy juga menyediakan tryout persiapan untuk ujian dunia nyata seperti SAT dan GMAT. Materinya sangat mudah dipahami dan selalu diperbarui. Jadi, kamu nggak perlu takut ketinggalan pelajaran-pelajaran terkini.

Big Think

website pintar

Sumber: G+ Big Think

Mungkin kamu pernah mendengar yang satu ini. Big Think merupakan situs kursus online buat kamu yang ingin belajar lebih santai dan nggak terlalu formal. Situs ini nggak menyediakan silabus khusus. Akan tetapi, kamu bisa memilih berbagai jenis materi pelajaran yang kamu senangi atau menonton video wawancara dengan para ahli.

Topik-topik yang dibahas juga nggak umum, seperti pemikiran-pemikiran dari para ahli di bidangnya masing-masing yang disampaikan dengan sederhana. Jadi, selain menambah ilmu, wawasan kamu juga menjadi lebih terbuka dengan hal-hal yang baru. Selain itu, bila bosan dengan menonton video, kamu bisa membaca artikel-artikel menarik yang dibuat oleh tim Big Think.

Bagaimana? Apa dengan membaca ulasan di atas apakah sudah membuat gairah belajar kamu bangkit kembali? Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-temanmu agar mereka juga bisa belajar dan menambah pengetahuan! Selamat belajar!

Baca juga: 4 Trik Simpel Biar Kamu Lebih Mudah Mengingat!

Sumber gambar utama: Kendall Sieron

Categorised in: , ,

This post was written by Tommy Prayoga