• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Lifestyle
  • >
  • Wanita yang PMS Berubah Jadi ‘Monster’, Fakta Atau Mitos?

Wanita yang PMS Berubah Jadi ‘Monster’, Fakta Atau Mitos?

Kenapa ya, wanita yang PMS seakan berubah menjadi seperti monster? Bagaimana ciri-cirinya dan apa penyebabnya? Ini penjelasannya.

Kata PMS atau pre-menstrual syndrome sering disalah artikan sebagai masa-masa dimana wanita sedang haid. Tapi, sebenarnya PMS adalah sebuah perubahan perilaku dan emosi yang terjadi sebelum seseorang mengalami periode menstruasi. Biasanya masa PMS itu 5-11 hari sebelum haid. Di saat-saat inilah wanita biasanya mengalami perubahan drastis, seperti tingkat nafsu makan, emosi, mood, dan kesehatan.

Mungkin sebagian besar orang, terutama para cowok bingung dengan keadaan tersebut. Rasanya apapun yang dilakukan bakal selalu salah di mata wanita yang sedang haid. Tapi, sebenarnya wanita yang PMS mendadak menjelma menjadi “monster” itu benar nggak sih? Atau hanya sekedar mitos aja?

Nafsu makan membabi buta

Wanita yang PMS Sumber : bohed

Fakta. Jika kamu lagi hangout dengan pacarmu atau salah satu teman wanitamu dan mereka tiba-tiba makan dengan porsi yang nggak biasa, sepertinya tanggal-tanggal haidnya sudah dekat. Menurut Grace Judio-Kahl, seorang dokter ahli fisiologi, menjelang menstruasi, hormon estrogen pada wanita akan naik dan hal tersebut dapat membuat wanita menjadi lebih cepat lapar.

Nah, jika wanita-wanita di sekelilingmu sudah menunjukkan perubahan porsi makan, mungkin sudah saatnya kamu lebih berhati-hati saat berbicara dengan mereka. Kamu nggak mau kan tiba-tiba kena semprot tanpa alasan?

Sulit mengendalikan emosi

Wanita yang PMS Sumber : someecards

Fakta. Menurut dokter ahli obstetri dan ginekologi, Ardiansjah Dara dalam sebuah wawancara menjelaskan setiap fase kehidupan yang dilalui wanita akan mengalami perubahan fisik dan psikis yang diakibatkan oleh hormon.

Ardiasjah menjelaskan bahwa hormon estrogen dan progesteron bisa mempengaruhi suasana hati. Ketika fase menstruasi terjadi, dinding rahim yang meluruh membuat daya tahan tubuh menurun sehingga tubuh mudah lelah dan terjadi mood swing. Hal tersebut merupakan pemicu wanita menjadi mudah sensitif dan sedih saat menjelang haid.

Baca juga : [Agar PDKT Lancar Jaya, Hindari 7 Pertanyaan Ini Guys!] (http://mozaic.co.id/male/tips-pdkt-hindari-7-pertanyaan-ke-wanita/)

Nyeri perut yang luar biasa di “hari pertama”

Wanita yang PMS Sumber : James Palinsad

Fakta. Nyeri atau kram perut yang dialami wanita saat hari pertama haid disebabkan oleh kontraksi pada rahim. Jika sering berkontraksi, pembuluh darah akan terdorong sehingga suplai oksigen ke jaringan otot rahim terhambat. Akibatnya, timbulah rasa kram atau nyeri pada perut.

“Wanita muda yang baru datang bulan mungkin akan lebih sensitif merasakan kram perut, sebab rahim mereka lebih kecil dibandingkan wanita usia dewasa yang mungkin pernah hamil sebelumnya,” ujar dr. Vanessa Cullins, vice president external medical affairs di Planned Parenthood Federation of America.

Nggak boleh keramas saat haid

Wanita yang PMS Sumber : lightstargod

Mitos. Katanya, wanita yang haid nggak boleh keramas karena pori-pori kepala akan terbuka lebar sehingga mengakibatkan sakit kepala. Tapi, pada kenyataannya hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan kebenaran hal itu.

Lagipula gimana sih rasanya jika berdiri atau duduk di sebelah wanita yang sedang haid dan nggak keramas selama hampir 1 minggu? Wah, nggak bisa dibayangkan. Nggak cuma sifatnya yang berubah jadi monster, rambutnya pun juga akan mengeluarkan bau aroma monster!


Bagi kamu yang mungkin sudah terlalu kenyang dimarah-marahi pacar atau teman wanitamu, lebih baik untuk nggak banyak melakukan hal-hal aneh saat mereka sedang memasuki masa PMS. Ingat, wanita yang PMS itu dipengaruhi oleh hormon, bukan dirasuki monster. Memberikan mereka hadiah kecil seperti voucher diskon pasti bisa menyenangkan hatinya.

Categorised in: ,

This post was written by Tiffany Nastasia