4 Video Game Unik yang Mungkin Belum Kamu Tau

Dengan kemajuan industri game indie, sekarang makin banyak permainan dengan mekanik yang unik dan nggak biasa. Baca selengkapnya di sini.

Beberapa tahun belakangan ini, industri video game telah melihat lahirnya sejumlah permainan yang nggak mengikuti aturan genre tradisional. Permainan ini biasanya mengambil format genre yang umum dan menambahkan bumbu unik ke dalamnya atau bahkan menciptakan format yang amat berbeda. Berikut adalah empat game unik yang mungkin belum pernah kamu dengar.

Hidup penuh ketegangan seorang inspektur di perbatasan Negara Arstotzka

Video game unik 2

“Glory to Arstotzka! Cause no problems.”
A Dystopian Document Thriller, itulah kalimat yang digunakan para developer game Papers, Please untuk menerangkan karya mereka.

Dalam video game Papers, Please, kamu akan bermain sebagai seorang petugas admisi di perbatasan Arstotzka – sebuah negara fiktif ala Uni Soviet. Pekerjaanmu adalah untuk memeriksa dokumen persyaratan setiap imigran. Bila semua sesuai dengan ketentuan, kamu bisa memberikan cap izin masuk. Sedangkan bila nggak sesuai, jangan segan-segan untuk menolak izin masuk mereka. Mudah bukan?

Seiring dengan berjalannya waktu, tugasmu menjadi semakin rumit. Ketentuan imigrasi akan berubah bersama dengan gejolak keadaan politik Arstotzka.

Video game unik 3

Ada serangan teroris di ibukota? Sekarang kamu perlu menggeledah barang bawaan imigran. Wabah polio menyebar di negara tetangga? Semua imigran harus punya surat bukti vaksinasi. Kelompok separatis ingin masuk ke dalam Arstotzka secara paksa? Ambil kunci lemari senjata dan mulai bidik mereka satu per satu.

Salah satu alasan game indie ini begitu digemari komunitas gamers, bukan hanya terletak pada gameplay yang unik. Namun, juga nuansa dunia dystopia yang pekat. Berita-berita penuh ketegangan politik yang kamu baca selama permainan juga akan tercermin dalam gameplay Papers, Please.

Siapa yang sangka menjadi seorang petugas admisi akan begitu menegangkan?

Mengakhiri musuh dengan penuh gaya

Video game unik 4

“Oh, we didn’t think you’d play that way”
Buat kamu penggemar video game aksi yang sudah bosan dengan permainan FPS (First Person Shooter) tradisional, Desync bisa jadi hiburan segar untukmu.

Dalam game FPS, para pemain umumnya akan mencari senjata paling optimal dan menggunakannya secara terus menerus dengan gaya bermain yang sama. Inilah hal yang ingin dihindari para developer Desync.

Desync merupakan permainan FPS yang mendorong kamu untuk kreatif dan mengambil resiko. Skor yang diberikan dalam permainan ini nggak berdasarkan berapa banyak musuh yang kamu habisi, tapi seberapa stylish manuvermu ketika melawan mereka.

Video game unik 5

Selain tampil dengan estetika digital dan musik tekno, Desync juga memperkenalkan sistem bermain ‘attack sequence’. Sistem ini berupa gerakan kombo dan serangan yang dapat kamu lakukan berkali-kali untuk mendapatkan skor yang tinggi.

Hindari serangan musuh, kemudian terjang mereka sambil menghantarkan headshot. Luncurkan musuh ke angkasa dengan peledak, kemudian terjang musuh lainnya ketika musuh pertama masih di udara. Terdapat begitu banyak kombinasi attack sequence yang disediakan Desync untuk memuaskan kreativitas FPS-mu.

Kenikmatan aksi dalam slow motion

Video game unik 6

“Time moves only when you moves.”
Sering melihat efek slow motion dan stop motion dalam film aksi? Selain menunjukkan betapa hebatnya tokoh jagoan di sebuah film, kedua efek itu juga membuat film tersebut terlihat lebih keren. Sekarang bayangkan sebuah game FPS yang memakai efek slow motion.

SUPERHOT mengkombinasikan keseruan penuh adrenalin ala FPS dan perencanaan penuh strategi dalam beraksi. Nggak ada bantuan medis, nggak ada persediaan amunisi, nggak ada kekuatan yang beregenerasi. Namun, waktu hanya berjalan bila karaktermu bergerak.

Video game unik 7

Dikepung oleh puluhan musuh dan tanpa ada bala bantuan. Kamu harus bergerak dengan penuh perencanaan di tengah hujan peluru. Di sinilah keunikan SUPERHOT bersinar. Satu detik kamu menghindari peluru, pada detik selanjutnya kamu menarik pelatuk dan untuk sesaat ilusi slow motion berhenti.

Meskipun game ini dapat menimbulkan frustasi (terutama bagi pemain aksi yang terbiasa bergerak cepat), kamu dapat selalu merasa puas pada akhir permainan. Terutama ketika SUPERHOT menghadiahi kamu dengan replay permainan dalam kecepatan normal. Kamu pasti merasa takjub dengan cara kamu melewati rintangan dan melawan musuh.

Mengarungi lautan dengan seribu satu cerita

Video game unik 8

“Lose your mind. Eat your crew. Die.”
Untuk kamu yang mencintai unsur cerita dalam game, ada satu judul yang wajib kamu lirik, yaitu Sunless Sea.

Nggak hanya memenangkan penghargaan 25 Games terbaik pada tahun 2015 oleh Slant Magazine, Sunless Sea juga masuk nominasi dalam narasi terbaik oleh Develop Awards dan cerita terbaik oleh Golden Joystick Awards.

Dalam permainan ini kamu akan berperan sebagai seorang kapten kapal di dunia bawah tanah bernama Neath. Nggak ada alur cerita yang kaku di Sunless Sea, karena video game ini akan memberikan para pemain kebebasan untuk menjelajahi Neath dengan cara mereka sendiri. Setiap interaksi dalam permainan dapat membuka cerita baru. Bahkan interaksi-interaksi tersebut mengacu pada sebuah plot besar yang perlu dikuak perlahan-lahan.

Video game unik 9

Di luar narasinya, gameplay Sunless Sea mencakup pengelolaan sumber daya dengan berlayar dan eksplorasi laut. Untuk kamu yang nggak menyukai narasi dan cerita, Sunless Sea mungkin kurang cocok. Terutama karena kurangnya aksi dalam game ini.

Permainan video game memang salah satu cara untuk bersantai dan bersenang-senang. Apalagi kalau kamu berhasil menemukan video gamu yang kamu banget! Tapi ingat, jangan sampai kamu melupakan tugas-tugas dan pekerjaan kamu!

Sumber gambar utama: Sam Howzit

Categorised in: , ,

This post was written by Maximilian Marcel Surjadi