Trik Tetap Kenyang Seharian Saat Puasa

Ingin supaya perut kamu nggak keroncongan dari Subuh hingga Maghrib saat sedang berpuasa? Sahurlah dengan beberapa makanan ini.

Saat kamu puasa, itu artinya tubuh kamu mengambil cadangan energi dari nutrisi yang kamu makan saat sahur. Karena itu, kamu perlu menjaga asupan nutrisi biar nggak lemas sepanjang hari dan staminamu tetap terjaga. Tapi, ada hal lain yang sama pentingnya, yaitu menjaga agar perut kamu nggak ‘teriak’ kelaparan. Ya, ketika kamu lapar, akan mudah buat kamu untuk tergoda saat melihat hidangan di hadapan kamu. Untuk mencegahnya, cara terbaik yaitu membuat perut kamu kenyang lebih lama.

Bukan berarti kamu harus makan dalam porsi berlebihan saat sahur, karena justru akan membuat perut kamu kembung. Kamu hanya perlu mengonsumsi makanan yang tepat. Beberapa bahan makanan dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama sekaligus menjaga tubuh kamu agar tetap fit sepanjang hari. Jadi, mulailah dengan menambahkan makanan berikut ke dalam menu sahur kamu.

BACA JUGA: 5 Tantangan Berat Bagi Mahasiswa di Bulan Ramadan

Nasi merah

A photo posted by @rosalinesetiawan on


Kamu mungkin sudah tahu kalau nasi merah punya nilai gizi yang lebih unggul daripada nasi putih. Manfaatnya untuk tubuh juga banyak, mulai dari bermanfaat sebagai zat antioksidan, antikanker hingga antiglikemik tinggi. Tapi manfaat lain yang bisa kamu dapat dari nasi yang dibuat dari beras merah ini adalah mampu membuat kamu kenyang lebih lama. Kandungan serat dari nasi merah ternyata sangat tinggi, sehingga nasi merah dapat mengenyangkan lebih lama. Walau rasanya tidak senikmat nasi putih, namun kamu nggak bakal merasakan perbedaannya kalau menyantap nasi merah dengan lauk dan sayur yang kaya rasa.

Telur

A photo posted by Alex G (@gikastheo) on


Selain praktis dan mudah di dapat, kamu nggak bakal bosan memasukkan telur dalam menu sahur kamu, karena kamu bisa membuat berbagai hidangan nikmat dari telur. Tapi nggak hanya itu keunggulan telur. Menurut hasil penelitian Pennington Biomedical Research Center di Amerika Serikat, terbukti bahwa telur mampu menurunkan hormon yang mengendalikan nafsu makan, yaitu Grelin, serta meningkatkan hormon pembuat kenyang. Ketika telur dicerna dalam tubuh, kesembilan asam amino yang terkandung di dalamnya akan memicu pelepasan hormon-hormon dalam usus yang bisa mengurangi rasa lapar.

Apel

A photo posted by Amaya (@soluna233) on


Jangan anggap remeh buah ini. Buah apel nggak hanya berguna sebagai pencuci mulut, tapi juga mampu memberikan rasa kenyang yang cukup lama. Kandungan pectin dalam Apel bisa memperlambat proses pencernaan dan memberikan kamu efek mengenyangkan. Apel yang mengandung banyak air dan serat ini bahkan bisa mengenyangkan walau dikonsumsi tanpa didampingi nasi. Jadi bayangkan bila kamu memakan apel sebagai makanan penutup setelah sahur. Tapi, pastikan kamu memakan sebutir utuh buah apel tanpa mengupas kulitnya untuk mendapat manfaat kandungan nutrisi yang maksimal.

Sayuran hijau

A photo posted by YemSmoothies (@yemsmoothies) on


Hampir semua sayuran hijau kaya akan serat sehingga bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Dengan mengonsumsi sayur-sayuran yang kaya serat, kamu jadi tidak cepat merasa lapar. Tubuh akan memberi sinyal pada otak kalau kamu sudah cukup kenyang dan tidak terdorong untuk ingin makan dalam jangka waktu tertentu. Pada saat sahur, kamu bisa menyantap sayur bayam, tumis brokoli atau sayur asem untuk mendapatkan manfaat dari sayuran hijau. Selain memberi rasa kenyang tersebut, zat-zat lain yang terkandung dalam sayur-sayuran hijau akan memberikan kekebalan dan kekuatan pada tubuh kamu sehingga kamu merasa fit sepanjang hari.

Alpukat

A photo posted by @ktyjty on


Buat kamu yang menjalani diet, pasti sudah tahu bagaimana alpukat dapat membantu program dietmu. Walau alpukat mengandung lemak, namun lemak yang terkandung di dalamnya adalah lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan dan bisa membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Nah, manfaat yang bisa kamu dapat ketika mengonsumsi alpukat saat sahur adalah rasa kenyang yang dihasilkan dari alpukat dapat mencegah kamu menjadi lapar sepanjang puasa. Tingginya serat pada alpukat membuat lambung butuh waktu yang lebih lama buat mencernanya.

Kacang-kacangan

A photo posted by Devina Malhotra (@guiltybytes) on


Kacang-kacangan memang terkenal sebagai sumber protein sehingga bisa jadi makanan pengganti bagi kamu yang nggak makan daging. Tapi cobalah mengonsumsi kacang disaat sahur. Bisa jadi rasa lapar kamu akan berkurang sepanjang puasa. Karena menurut Shelley McGuire, PhD., juru bicara dari American Society for Nutrition, kacang-kacangan seperti almond, kacang kedelai, kacang merah hingga kacang panjang kaya akan karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lama bagi tubuh untuk mencernanya.

Kentang

A photo posted by Sir Potato (@potatoes_fanpage) on


Baik dipanggang atau direbus, kentang dapat menjadi alternatif kalau kamu lagi nggak pengen makan sahur dengan nasi. Kentang kaya akan kandungan potasium, serat, protein dan nutrisi lain yang dapat melengkapi gizi harian kamu. Karena kandungan seratnya yang tinggi, maka kentang juga dapat membuat kamu jadi merasa lebih kenyang dalam waktu lama. Namun, akan lebih baik bila kamu merebus atau memanggang kentang bersama kulitnya agar kandungan gizinya tetap terjaga maksimal.

Ikan


Sahur dengan ikan bisa jadi menggugah selera kamu. Aroma ikan yang sedap dan rasanya yang gurih akan membuat sahur kamu jadi makin lahap. Tapi di balik itu, ikan ternyata memberikan manfaat berupa lemak baik yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, berdasarkan hasil penelitian yang tertuang dalam European Journal of Clinical Nutrition, orang yang mengonsumsi ikan akan lebih cepat kenyang dibandingkan mereka yang mengonsumsi daging merah.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza