• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Trik Menangkap Sisi Menarik Pemandangan Jakarta Lewat Lensa Kamera

Trik Menangkap Sisi Menarik Pemandangan Jakarta Lewat Lensa Kamera

Jakarta selalu menyimpan keindahan tertentu yang terlalu cantik untuk tak dibidik lewat lensa kamera. Apa saja? Ini dia.

Memang sulit menemukan hamparan padang rumput ataupun birunya langit di pemandangan Jakarta. Namun sebagai kota metropolitan, kota ini mempunyai sisi lain yang tetap menarik untuk direkam melalui kamera.

Salah satunya adalah sisi humaniora atau human interest, mulai dari foto anak jalanan atau orang-orang yang berjualan di pinggir jalan. Suasana perkampungan yang terserak di pinggiran rel kereta pun juga menarik untuk ditangkap lensa kamera. Penasaran bagaimana sukses menangkap keindahan Jakarta yang ‘tak biasa’ ini? Contek panduannya di sini!

Membaurlah

Hal yang pertama harus kamu lakukan adalah membaurlah dengan obyek foto. Memotret suatu obyek, dalam hal ini orang, akan kurang ‘bernyawa’ jika sekadar lewat. Mendekatlah dengan si obyek, ajak berbicara, dan ikuti kegiatannya. Dari pendekatan ini, kamu bisa ikut merasakan apa yang dirasakan si obyek. Dengan begitu, kamu bisa langsung terbayang ‘cerita’ apa yang ingin direkam dari obyek foto tersebut.

Bersabarlah

Dan mulailah mengambil foto candid, di mana si obyek tak menyadari bahwa ia sedang difoto. Foto candid ini tak perlu direncanakan agar hasilnya lebih alami. Untuk mendapat foto candid yang menarik, kesabaran adalah kuncinya. Ketika si obyek sudah ‘melupakan’ keberadaanmu, itulah saat yang tepat untuk mengambil gambar. Namun jika si obyek tetap sadar kamera, mungkin ini saatnya untuk mengambil foto secara diam-diam. Salah satunya tanpa melihat viewfinder kamera. Jangan lupa matikan suara shutter kamera kamu untuk meredam bunyi jepretan saat melakukan foto candid ini. 

Jangan Lengah

Gunakan mode semi otomatis seperti aperture priority atau shutter priority agar tak perlu repot melakukan pengaturan kamera. Amati semua momen yang terjadi di sekitar karena sebuah momen kecil bisa menjelma menjadi sebuah foto yang menarik.

kamera mirrorless

Andalkan Kamera Kecil

Pakai kamera kecil yang tak menarik perhatian. Kehadiran orang yang membawa kamera besar seperti DSLR biasanya membuat orang lain merasa risih. Oleh karena itu, bawalah kamera pocket atau mirrorless dengan lensa wide atau normal.

Perhatikan Background

Perhatikan elemen-elemen lain yang akan dimasukkan ke dalam foto. Elemen tambahan yang ada di background atau foreground bisa memberikan ‘nyawa’ dalam foto yang kamu ambil. Namun ada baiknya si obyek diisolasi dengan mem-blur background yang bisa dicapai dengan penggunaan bukaan diafragma yang besar.

Hindari Edit yang Berlebihan

Yang ditonjolkan dalam foto human interest adalah cerita di balik kehidupan si obyek. Jadi sebaiknya lupakan melakukan penambahan saturasi atau kontras yang berlebihan pada foto yang kamu ambil. Editing foto yang berlebihan akan membingungkan penikmat foto kamu. Bila perlu, ubahlah foto itu menjadi foto hitam putih yang memberikan kesan lebih dramatis, namun tetap terlihat sederhana.

Selain deretan trik di atas, yang perlu perhatikan lainnya adalah kewaspadaan. Sama seperti hutan rimba, banyak ‘hewan pemangsa’ yang bersembunyi atau membaur dengan indahnya pemandangan Jakarta. Foto di jalanan tak jarang mengundang kejahatan. Jika kamu sudah merasa tak aman, segera masukkan kamera ke dalam tas, dan pergilah dari daerah tersebut.

Categorised in: , , , , ,

This post was written by Kak Moza