10 Tips Pokemon Go yang Perlu Diketahui Semua Pemain Pokemon Go!

Walau yang main Pokemon Go sudah banyak, namun yang jago masih sedikit! Ketahui 10 tips Pokemon Go ini supaya kamu lebih jago dari yang lain.

Sudah ketinggalan kereta karena teman-teman kamu sudah cukup lama bermain Pokemon Go hingga mengoleksi semua produk berbau Pokemon? Namun, kamu masih penasaran seperti apa serunya bermain?

Tenang saja, ada plus-nya juga kok kalau kamu belum main karena ada tips-tips yang bisa kamu coba agar bermain Pokemon Go semakin menyenangkan. Sebagian besar temanmu bahkan nggak tahu info-info ini loh.

Jadi, pelajari dulu 10 tips ini biar kamu bisa mengejar level temanmu dengan cepat.

Tips #1: Mendapatkan Pikachu sebagai Pokemon pertama

Mendapatkan Pikachu sebagai Pokemon pertama

Sumber: Pocket Lint

Ketika pertama kali bermain Pokemon GO, kamu akan ditawarkan untuk menangkap satu dari tiga Pokemon (Charmander, Squirtle, atau Bulbasaur) untuk menjadi Pokemon pertamamu. Tapi, tahukah kalau sebenarnya kamu bisa memilih mendapatkan Pikachu loh?

Caranya mudah loh, guys! Kamu cukup jalan menjauhi dan menghindari ketiga Pokemon tersebut sampai smartphone kamu bergetar. Ulangi hal itu 3 sampai 5 kali. Maka, Pikachu akan muncul di layarmu dan bisa kamu tangkap!

Tips #2: Menangkap Pokemon dengan lebih mudah

Menangkap Pokemon dengan lebih mudah

Di saat menangkap Pokemon, kamu bisa memilih untuk menangkap dengan tampilan layar di dunia nyata dengan mengaktifkan “AR”. Namun, itu akan menambah kesulitan menangkap karena Pokemon akan lebih banyak bergerak sehingga kamu susah mengarahkan Poke Ball dengan tepat.

Selain itu, perhatikan terlebih dahulu warna cincin yang muncul pada Pokemon sebelum kamu melempar Pokeball. Warna hijau menandakan kalau Pokemon itu sangat mudah ditangkap, dan diikuti dengan warna kuning, warna jingga, dan warna merah berarti paling sulit ditangkap. Kamu juga bisa memberikan Razz Berry kepada Pokemon tersebut ataupun gunakan Pokeball yang lebih bagus seperti Greatball biar menangkap Pokemon menjadi lebih mudah.

Tips #3: Mendapatkan XP tambahan saat menangkap Pokemon

Mendapatkan XP tambahan saat menangkap Pokemon

Sumber: iMore

Bila kamu ingin menjadi Pokemon trainer yang jago, kamu pasti ingin cepat-cepat naik level, kan? Nah, satu-satunya cara adalah mengumpulkan XP yang banyak. Selain mendapatkan XP dari menangkap Pokemon, evolve Pokemon, dan Pokestop, kamu juga bisa mengumpulkan XP saat melempar Pokeball dengan baik.

Kalau bisa melempar Pokeball pas di tengah-tengah cincin, kamu bisa mendapatkan XP tambahan tersebut, yang terdiri dari bonus 10XP buat Nice throw, 50XP buat Great throw, dan 100XP buat Excellent throw.

Nggak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan bonus 10XP di saat melempar Curveball, yaitu saat kamu harus memutar-mutar Pokeball-mu sebelum melempar.

Tips #4: Menemukan Pokemon yang ada di sekitar kamu

Menemukan Pokemon yang ada di sekitar kamu

Sumber: Forbes

Pokemon Go memudahkan para pemain untuk menemukan Pokemon terdekat dengan menyediakan sebuah petunjuk yang ada di sudut sebelah kanan bawah layar. Di sana, kamu bisa melacak keberadaan Pokemon di sekitarmu dengan melihat tabel berukuran 3×3.

Pokemon yang berada di baris pertama berarti Pokemon tersebut paling dekat dengan posisi kamu. Kamu juga bisa memperhatikan jumlah tapak kaki yang terdapat di bawah Pokemon. Bila terdapat tiga tapak kaki, berarti Pokemon tersebut masih jauh dari posisi kamu, bila sudah nggak ada tapak kaki, berarti Pokemon tersebut bisa muncul tiba-tiba.

Baca juga: Berikut 5 Tips Rahasia Pokemon GO yang Belum Kamu Ketahui

Tips #5: Menangkap Pokemon yang lebih bervariasi

Menangkap Pokemon yang lebih bervariasi

Sumber: YourDailyJournal

Untuk menjadi Pokemon trainer yang hebat, kamu harus bisa mengoleksi semua Pokemon yang ada di Pokemon Go. Tapi, tahukah kamu berapa jumlah Pokemon yang bisa terdaftar di Pokedex? Jawabannya adalah 151 Pokemon! Untuk bisa menemukan semua Pokemon itu memang cukup sulit, tapi bukan mustahil.

Nah, tips buat kamu adalah pergi kunjungi sebanyak mungkin tempat dan daerah sambil menyalakan Pokemon Go, khususnya di pagi dan siang hari. Permainan ini telah menyesuaikan jenis Pokemon yang akan muncul di lokasi-lokasi tertentu. Misalnya, bila kamu sedang berada di tepi pantai, kamu pasti cenderung menemukan Pokemon tipe air seperti Squirtle dan Psyduck, sedangkan kalau di tengah kota, kamu akan sering menemukan Rattata dan Pidgey.

Tips #6: Menginvestasi Pokemon dengan tepat

Menginvestasi Pokemon dengan tepat

Pasti kamu pernah menyesal telah meng-evolve Pokemon tertentu dan besoknya malah menemukan Pokemon itu lagi dengan CP yang lebih tinggi. Lebih sayang lagi, kamu sudah power up Pokemon tersebut dengan menghabiskan banyak stardust.

Sebaiknya kamu jangan buru-buru meng-evolve Pokemon-mu, khususnya Pokemon yang memiliki tiga tahap evolve seperti Bulbasaur. Jika kamu membutuhkan 25 candy untuk evolve menjadi Ivysaur dan 100 candy lagi buat di-evolve menjadi Venusaur, lebih baik kumpulin dulu 125 candy dan sekaligus meng-evolve Bulbasaur ke Venusaur. Seiring kamu mengumpulkan candy, kamu bisa menemukan banyak Bulbasaur dengan CP yang lebih tinggi.

Tips #7: Mendapatkan XP trainer dengan cepat

Mendapatkan XP trainer dengan cepat

Sumber: iMore

Sampai satu titik tertentu, kamu pasti akan merasa bosan karena sering menemukan Pokemon yang itu-itu saja, seperti Pidgey dan Rattata. Saking bosannya, kamu pun menjadi malas menangkapnya. Memang sih kedua Pokemon itu nggak bisa membantu melengkapi Pokedex-mu. Bahkan, kamu sudah punya Pidgeot dan Raticate. Tapi, harus diingat, Pokemon yang kamu tangkap bisa ditransfer untuk mendapatkan candy yang sangat diperlukan untuk evolve.

Kumpulkan saja candy yang banyak dan evolve sebanyak mungkin untuk mendapatkan 500XP untuk setiap evolve. Kamu juga bisa menggunakan Lucky Egg terlebih dahulu sebelum evolve supaya mendapatkan double XP.

Tips #8: Menaklukkan gym

Menaklukkan gym

Sumber: AllureMedia

Kamu perlu mengumpulkan Pokemon dengan tipe yang beragam agar bisa digunakan untuk menghadapi Pokemon di gym dengan tipe yang lebih lemah. Misalnya, kamu menghadapi Charmander yang berupa tipe api, kamu perlu memilih Pokemon air untuk melawannya supaya serangan menjadi lebih efektif.

Nggak hanya itu, tentunya kamu juga perlu menguasai teknik battle di Pokemon Go, seperti momen yang tepat untuk menyerang atau menghindar.

Tips #9: Pokemon dari telur 2KM, 5KM, dan 10KM

Pokemon dari telur 2KM, 5KM, dan 10KM

Pokemon GO secara nggak langsung memaksa semua pemainnya menjadi rajin berjalan karena kamu juga harus berjalan untuk menetaskan telur Pokemon. Jarak jalannya juga nggak sedikit, yakni mulai dari telur 2KM, 5KM, hingga 10KM.

Setiap telur yang menetas akan memunculkan Pokemon yang berbeda-beda. Gambar di atas bisa kamu jadikan referensi saat memilih telur yang ingin di-hatch.

Tips #10: Battery saver mode dan mengurangi data usage

Battery saver mode dan mengurangi data usage

Kamu pasti sering merasa baterai smartphone cepat habis saat lagi asik berburu Pokemon. Benar kan? Nggak hanya itu, konsumsi mobile data juga sangat besar loh saat bermain Pokemon Go.

Nah, agar bisa berpetualang mencari Pokemon lebih lama, kamu bisa mengaktifkan battery saver mode yang terdapat di bagian setting Pokemon Go untuk lebih menghemat baterai. Kamu juga bisa men-download maps atau peta dari Google untuk mengaktifkan peta offline saat bermain agar menghemat konsumsi mobile data.


Semoga petualangan Pokemon kamu sukses ya. Apakah kamu punya tips keren lainnya untuk diceritakan? Yuk kita bahas di kolom komentar.

Sumber gambar utama: The Wardrobe Door

Categorised in: , ,

This post was written by Selvi Nelin