Tips Beli Skateboard Untuk Pemula

Kalau kamu baru mau memulai bermain skateboard, hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah beli skateboard yang tepat.

Tertarik main dan beli skateboard? Satu hal yang menarik tentang skateboard adalah tidak ada aturan yang mengikat untuk olahraga ekstrim ini. Tidak ada perhitungan skor, tidak ada referensi tertentu atau pelatih yang mengharuskan kamu melakukan step by step yang membingungkan. Skateboard adalah olahraga individu. Kamu bisa melakukan apa yang kamu inginkan, kapan pun kamu mau, di mana pun kamu bisa. Bahkan, cowok yang jago main skateboard akan tampak cool di mata cewek. Lakukan beberapa trik andalan kamu, maka kamu akan membuat gebetan kamu terkesan. Bila kamu termasuk pemula, jangan khawatir, menguasai skateboard nggak sulit. Yang kamu perlukan saat ini adalah beli skateboard dengan memilih perlengkapan yang tepat.

Beli Skateboard Yang Jenisnya Tepat

A photo posted by Evelina (@bonaviita) on


Pada dasarnya, ada dua macam jenis skateboard: yang pertama adalah longboards atau skateboard berpapan panjang yang biasa digunakan untuk menyusuri jalanan. Jenis skateboard ini cocok bila kamu sering menggunakan skateboard untuk alat transportasi seperti dari sekolah pulang ke rumah atau dari rumah ke taman tempat nongkrong bareng teman-teman. Yang kedua adalah shorter boards atau skateboard yang lebih pendek untuk bermain di skateparks atau taman bermain khusus skateboard. Skateboard ini cocok buat kamu yang gemar melakukan trik menggunakan papan skate atau meluncur di jalan turunan.

Deck atau Papan

A photo posted by giampier (@gmprz) on


Kebanyakan papan skate, tempat kamu berpijak, dibuat dari tujuh hingga 9 lapisan kayu plywood yang di lem dan di-press jadi satu dalam wadah press untuk mendapatkan bentuk dan lekukan yang diinginkan. Kebanyakan papan yang digunakan untuk longboards memiliki bentuk yang sama dengan panjang 76 – 82.5 cm dengan lebar 19 – 21 cm. Papan yang lebih lebar biasanya lebih stabil dan lebih mudah untuk meluncur di jalan landai atau curam, atau untuk menyusuri jalanan rata. Sementara papan yang lebih kecil sangat mudah dikendalikan untuk melakukan manuver dan trik-trik skateboard.

Truck

A photo posted by Thunder Trucks (@thundertrucks) on


Ini adalah penyangga antara papan dan roda. Di dalamnya terdapat karet suspense seperti donat yang bernama bushing yang berfungsi sebagai bentalan untuk membelok. Truck yang memiliki bushing yang keras atau kaku bisa membuat papan lebih stabil. Pastikan kamu memilih Truck yang cocok dengan papan yang kamu pilih. Kalau Truck terlalu pendek, skateboard akan jadi sulit dikendarai, tapi kalau terlalu panjang, malah bikin sulit untuk berbelok. Tinggi dan rendah Truck juga perlu kamu sesuaikan. Truck yang tinggi cocok untuk menggunakan roda skate yang besar, serta terdapat ruang yang lebih banyak untuk melakukan hentakan trik. Sementara Truck yang rendah lebih stabil dan nyaman untuk meluncur. Bagi kamu yang masih pemula, pilih Truck dengan ukuran medium.

Riser Pads

A photo posted by ByunJungguk (@92_jung) on


Di antara Truck dengan papan, biasanya terdapat plastik tipis yang berfungsi untuk mengurangi tekanan Truck pada papan dan menjaga agar roda tidak menggesek papan kamu. Bagian ini bernama riser pads. Sebenarnya riser pads tidak terlalu dibutuhkan, tapi akan lebih baik bila skateboard kamu dilengkapi dengan riser pads. Untuk memilih riser pads yang bagus, sebaiknya yang berbahan karet.

Wheels atau Roda


Roda skateboard adalah satu hal yang penting untuk kamu pertimbangkan saat membeli skateboard. Cukup ingat dua hal ini: ukuran dan kekerasan. Semakin besar roda, maka semakin kencang skateboard dapat meluncur. Bagi kamu yang pemula, dan akan menggunakan skateboard untuk meluncur di jalanan, pilihlah ukuran roda antara 49 mm dan 54 mm. Untuk bermain di skate park atau meluncur di permukaan yang landai, kamu bisa memilih roda yang lebih besar. Biasanya longboards menggunakan roda berukuran 65 mm hingga 70 mm. Untuk kekerasan roda, semakin empuk roda, semakin kuat menapak di permukaan. Jika kamu meluncur di atas permukaan aspal yang kasar dengan banyak kerikil atau bebatuan, gunakan roda berukuran 78a-87a. Kebanyakan longboards menggunakan roda yang empuk seperti ini. Namun juka kamu ingin meluncur di skate park dengan banyak turunan dan lekukan curam, atau ingin melakukan trik skateboard, pilihlah roda berukuran 95a-99a. Roda ini cukup keras dan lebih cepat, namun lumayan menapak di permukaan.

Bearing


Ini adalah bagian dari roda yang berfungsi sebagai poros putaran roda. Orang Indonesia biasa menyebutnya sebagai laher. Bearing terdiri dari 6-9 bola-bola kecil besi yang dilindungi oleh lapisan pelindung dari besi juga. Setiap roda biasanya terdiri dari 2 bearing. Untuk total 4 roda, terdapat 8 buah bearing pada skateboard. Biasanya bearing memiliki tingkatan yang dinilai dengan istilah ABEC yang diikuti angka (dari 1 hingga 12). Angka ini menunjukkan kualitas dari bearing tersebut. Semakin tinggi angkanya, semakin tinggi kualitas dan kecepatan dari bearing atau roda berputar. Sebagai pemula, mungkin kamu bisa menggunakan bearing ABEC 5. Ini adalah tingkat standar yang banyak digunakan para skater.

Griptape

A photo posted by get a grip… (@griptags) on


Ini adalah lembaran seperti amplas yang berfungsi untuk menutupi board atau papan kamu. Ukuran griptape biasanya sama dengan ukuran papan. Griptape ini berfungsi untuk membantu kamu agar dapat menapak erat di atas papan tanpa terpeleset. Dengan adanya griptape, kamu jadi lebih mudah untuk mengendalikan papan skate karena daya cengkram kaki di atas papan semakin mantap. Ada bermacam-macam jenis griptape yang bisa kamu beli. Ada yang halus dan ada yang kasar. Semakin kasar maka harganya semakin mahal. Ada pula yang berwarna atau bermotif, namun sebaiknya pilihlah yang berwarna hitam karena lebih kuat dan kasar.

Hardware


Terakhir, kamu membutuhkan perangkat yang bernama hardware, yang terdiri dari 8 baut dan 8 mur untuk menempelkan Truck ke papan. Ada berbagai macam warna hardware yang akan kamu temui. Namun biasanya warna-warna tersebut bertujuan untuk menunjukkan mana yang harus dipasang di tail (bagian ekor) dan mana yang di nose (bagian hidung).

Dengan memahami bagian-bagian dari skateboard dan fungsinya, kamu bisa membeli skateboard yang ideal yang bisa disesuaikan dengan keinginan atau kebutuhan kamu. Jadi, kamu nggak perlu menguras isi kantong untuk membeli skateboard yang mahal, namun tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Ingat, skateboard adalah olahraga individu yang menyenangkan.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza