Tips Anti Ngantuk Di Bulan Puasa Buat Bikers

Salah satu musuh bikers adalah ngantuk. Lalu bagaimana dong cara menghindari rasa kantuk di pagi hari akibat bangun sahur?

Mengendarai motor bisa jadi solusi ideal buat kamu yang ingin mencapai tujuan dengan cepat. Apalagi jika lokasi tempat tinggal atau kantormu cukup jauh dari jalan raya yang dilalui kendaraan umum. Kalau kamu tetap mengendarai motor selama Ramadhan, kami punya tips anti ngantuk di bulan puasa buat bikers biar kamu tetap fokus di perjalanan.

Istirahat yang cukup

Di bulan puasa, kamu akan bangun lebih pagi untuk makan sahur. Jadi hindari pulang malam dan begadang kecuali terpaksa. Lalu pastikan tidurmu berkualitas agar tubuhmu sudah kembali bugar saat bangun. Biar gak kesiangan sahurnya, jangan lupa pasang alarm sebelum tidur ya, Guys!

Jangan tidur setelah sahur

Di awal bulan puasa, biasanya kegiatan sahur terasa berat. Kamu harus pasang alarm berkali-kali agar bangun, bahkan kedua matamu kompak meminta jatah ‘tidur ronde kedua’ setelah kamu makan sahur. Jangan tergoda untuk kembali tidur ya, Guys. Sebab nanti tubuhmu akan terasa lemas saat bangun di pagi hari.

Saran kami, lakukan aktivitas ringan agar tubuhmu terasa segar. Misalnya membersihkan peralatan makan, merapihkan kamar, atau bermain game di smartphone kamu. Cara ini akan membuat tubuhmu beradaptasi dengan kegiatan di bulan Ramadhan. Bisa jadi beberapa hari lagi matamu akan melek duluan sebelum alarm sahur kamu berbunyi. Untuk berolahraga lebih baik dilakukan menjelang waktu berbuka puasa ketimbang setelah sahur, ya.

Cari waktu keberangkatan yang ideal

Beberapa perusahaan memberlakukan jam kerja khusus Ramadhan. Biasanya jam masuk dibuat lebih pagi dan jam pulang menjadi lebih siang. Hal ini membuat puncak aktivitas di jalanan menjadi berbeda dari biasanya. Jadi jangan ragu untuk mencoba beberapa alternatif rute perjalanan dan waktu keberangkatan, Guys!

Jika sudah menemukan rute dan waktu keberangkatan yang paling oke, kamu bisa berkendara dengan lebih rileks sehingga tubuhmu tidak mudah capek.

Tips Anti Ngantuk Di Bulan Puasa Buat Bikers 2

Istirahat jika terasa lelah

Apabila jarak tempuh tempat tinggal dengan lokasi kantormu cukup jauh, jangan paksakan diri untuk berkendara non-stop ya, Guys! Istirahatkan tubuh dan motormu setiap 45-60 menit sekali. Jangan tunggu badanmu terasa capek dan jangan ragu untuk mampir ke SPBU atau tempat yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat.

Lakukan senam ringan agar ototmu tidak kaku dan cuci mukamu agar mata kembali segar. Tapi airnya jangan kamu minum ya! Masa pagi-pagi puasanya sudah batal?

Ajak teman berkendara

Berkendara bersama-sama akan membuat pikiranmu lebih fokus di jalan. Jika kamu membonceng teman, kamu jadi bisa mengobrol sepanjang perjalanan. Lebih bagus lagi kalau kamu dan temanmu sama-sama punya SIM dan bisa mengendarai motor. Sehingga bisa bergantian mengendarai motor agar tidak capek.

Kalau kamu dan teman-temanmu membawa motor masing-masing, buat konvoi saja! Tentukan sebuah lokasi yang bisa dijadikan meeting point. Kalian bisa konvoi bersama-sama ke tempat tersebut lalu berpisah ke kantor masing-masing. Atau sebaliknya, kalian berkumpul di lokasi tersebut lalu konvoi ke kantor bersama-sama. Di meeting point, kamu bisa menyegarkan diri sambil menunggu anggota konvoi yang belum datang.

Kemudian tips anti ngantuk di bulan Ramadhan yang terakhir adalah selalu minta perlindungan dari Yang Maha Kuasa. Dan pastikan juga kondisi motormu dalam keadaan oke sebelum kamu melakukan perjalanan. Jika kondisi motor dan hatimu sudah mantap, dijamin kamu tidak akan was-was dan selalu fokus selama perjalanan.

Happy riding, Guys!

 

Baca Juga:
Lupakan Jaket Kulit dan Beralihlah Ke Jaket Linen Agar Bebas Gerah
7 Aplikasi yang Harus Kamu Install Agar Semakin Khusyuk Menjalani Ibadah Puasa

Categorised in: , ,

This post was written by Lendra Bayu