Tempat Main Drone Paling Oke Di Jakarta

Kalau kamu termasuk yang baru mulai mainan drone, ada beberapa hal yang kamu mesti tahu, terutama soal tempat main drone yang oke di Jakarta.

Dua tiga tahun belakangan ini anak muda Jakarta makin keranjingan main drone. “Mainan baru” yang biasa juga disebut pesawat nirawak ini tadinya cuma dipakai buat keperluan bidang militer, lalu meluas untuk pemantauan bencana, pemetaan wilayah, hingga akhirnya hobi.

Nah, kalau kamu termasuk yang baru mulai mainan drone atau tertarik buat mencoba untuk sekadar hobi, ada beberapa hal yang kamu mesti tahu, terutama soal lokasi yang oke untuk menerbangkan drone kamu.

Pertama, kamu harus tahu dulu kalau urusan menerbangkan drone ini sudah ada aturan dari pemerintah, dan ini nggak boleh nggak, mesti kamu perhatiin banget! Bukan apa-apa, karena ini terkait keselematan orang di sekitar kamu juga.

Gampangnya, menurut aturan, berat drone untuk hobi nggak boleh lebih dari 7 kilogram; misal seperti, Syma X5SW Explorer atau JJRC H28C RC Quadcopter. Lalu, kalau kamu main drone buat sekadar nerbangin sambil iseng motret suasana sekitar, idealnya kamu nggak terbang lebih dari 150 meter.

Meski rasanya agak terbatas, jangan khawatir ya, karena dengan mengikuti aturan itu saja, sudah cukup kok buat kamu belajar membiasakan diri menerbangkan drone, sampai benar-benar mahir dan bisa melakukan hal lain dengan drone, seperti membuat video pendek.

OK, tapi di mana sih kamu bisa melampiaskan hobi main drone kamu?

Pada dasarnya, di Indonesia, saat ini kamu bisa menerbangkan drone di mana saja, selama area itu tidak termasuk kawasan udara terlarang (prohibited) atau terbatas (restricted); seperti bandara, kawasan militer, kedutaan besar, istana kepresidenan, dan sebagainya.

Contoh, jangan main drone di Taman Suropati, Jakarta Pusat, karena di sekitar situ ada rumah-rumah orang kedutaan negara lain. Kalau nekat, bisa-bisa kamu malah kena masalah.

Intinya, hindari deh, mainan drone di lokasi vital seperti tadi. Cari lokasi yang aman di area publik lain yang nggak dekat tempat dengan keamanan ketat, seperti lokasi-lokasi di Jakarta berikut ini:

Lapangan Terbang Pondok Cabe

Karena lokasi ini juga sudah biasa jadi tempat nongkrong komunitas aeromodelling, dan para penggemar drone.

Ya berhubung di lapangan terbang memang sepi atau nggak banyak orang lalu lalang, jadi cukup aman untuk melatih manuver drone. Meski begitu area itu tetap punya batas ketinggian yang mesti dipatuhi.

Tapi selama kamu mengikuti batas maksimal 150 meter, mestinya nggak bakalan jadi masalah kok.

Kawasan Gelora Bung Karno

Tempat ini sudah biasa jadi wadah berbagai aktivitas, mulai dari jogging, main skateboard, sepedaan, bahkan pacaran! Tak terkecuali main drone, beberapa komunitas drone sudah biasa menjadikan lokasi ini sebagai tempat ngumpul dan nerbangin drone bareng-bareng.

Mungkin aja kan, dengan latihan drone di lokasi ini, kamu jadi bisa sekalian kenalan sama orang-orang komunitas drone, gabung komunitasnya, dan memperdalam pengetahuan kamu tentang main drone. Seru kan!

Pantai Ancol

A photo posted by radix_eki (@radix_eki) on

Selain di Gelora Bung Karno, tempat lain yang juga disukai banyak orang yang hobi main drone adalah Pantai Ancol. Tantangan yang mungkin jadi pemberat main drone di daerah ini adalah angin laut yang kadang bisa bikin drone kita agak celeng.

Selain itu, untuk menerbangkan drone di area seperti Gelora Bung Karno atau pantai Ancol ini, kamu memang mesti ekstra hati-hati, karena di dua lokasi ini cukup banyak orang seliweran; termasuk juga lokasi berikutnya ini:

Taman Mini Indonesia Indah

Meski destinasi wisata ini termasuk jadul, tapi lokasi ini termasuk tempat main drone yang cukup asyik, karena selain banyak area lapang, pemandangan sekitar juga cukup menarik untuk ditangkap kamera drone. Selain itu, cukup banyak anak muda ngeceng di lokasi ini, terutama di sore hari. Lumayan lah, kali aja ada yang cakep tertarik sama kamu yang lagi seru nerbangin drone kan!

Taman Langsat

Titik ini cukup familier jadi tempat berbagai kegiatan komunitas, dan bisa jadi salah satu pilihan buat main drone. Apalagi kalau kamu main di akhir pekan saat ada kegiatan lainnya yang berlangsung di tempat ini; kamu bisa sekalian latihan mengambil gambar dengan drone kamu. Tapi hati-hati ya, jangan sampai drone kamu nyangkut di pohon.

Selain taman langsat, kamu bisa juga main drone di taman lain, asalkan tidak dekat dengan kawasan terlarang seperti taman Suropati di atas. Di sekitar komplek perumahan juga boleh, asalkan kamu izin dulu dengan Pak RT atau Polsek setempat.

Selain itu, yang juga perlu kamu perhatikan adalah beberapa aturan dasar Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) seperti jangan terbang dekat kepala manusia, tepat di atas kerumunan orang, atau kendaraan bergerak seperti di atas jalanan; karena bisa mengganggu konsentrasi pengendara.

Jika kamu ingin lebih paham lagi seluk beluk main drone, sangat dianjurkan untuk kamu ikutan komunitas drone, yang sekarang udah banyak banget. Untuk awal kamu bisa coba cek terbangterus.com, atau laman Facebook Komunitas Drone Indonesia ini.

Sip, have fun dan stay safe ya!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza