5 Tempat Angker di Jawa buat Pecinta Misteri Horor

Kamu suka uji nyali? Atau sekedar senang dengan cerita horor? Yuk simak 5 tempat angker di Jawa yang dijamin bakal bikin kamu merinding!

Mendengar cerita horor atau mistis selalu bisa bikin merinding dan bulu kuduk kita berdiri. Cerita ini juga bervariasi, dari yang berupa mitos atau legenda, hingga kejadian nyata yang baru terjadi beberapa hari lalu. Siapapun yang mendengarnya pasti bisa takut, parno, sampai mimpi buruk!

Namun, nggak sedikit juga lho orang yang justru suka dengan hal-hal menantang seperti itu. Mereka akan mencari tahu lokasi kejadiannya dan mencoba merasakan sendiri, “bener nggak sih ada hantu?”. Apakah kamu salah satu pecinta petualangan horor yang memacu adrenalin tersebut?

Nah, buat kamu yang suka pergi uji nyali atau sekedar senang membaca cerita yang berbau mistis dan horor, coba deh kunjungi 5 tempat angker di Jawa ini dan buktikan sendiri keangkerannya!

Gunung Srandil, Cilacap, Jawa Tengah

Tempat Angker di Jawa

Sumber: Merah Putih
Tempat angker pertama yang patut masuk ke daftar tempat uji nyali adalah Gunung Srandil, yang merupakan lokasi bersemayamnya para leluhur tanah Jawa. Konon, mereka yang mendaki gunung ini melihat sosok orang yang tinggi dan besar. Sosok tersebut dipercaya merupakan orang-orang yang memiliki kemampuan sakti dari zaman Pangeran Diponegoro. Ihhhh!

Sosok yang paling terkenal adalah Kunci Sari dan Dana Sari yang kabur bersembunyi di Gunung Srandil dan akhirnya meninggal di sini. Walaupun sosok makhluk halus yang ditemukan nggak seseram di film-film horor, tapi cukup membuat kamu merinding. Jika kamu berniat menguji keangkeran gunung ini, jangan pergi sendirian, ya.

Jalanan Alas Bonggan, Jawa Tengah

Tempat Angker di Jawa

Sumber: Pusaka Dunia
Yang namanya daerah hutan memang selalu terkenal dengan keangkerannya, sama seperti hutan (alas) Bonggan. Konon, di hutan ini terdapat sebuah jalan yang mengarah ke kota gaib dan nggak bisa dilihat dengan kasat mata. Warga sekitar percaya bahwa kota tersebut merupakan kerajaan setan.

Dikarenakan kepercayaan itu, jalan ini sering dijadikan tempat pemujaan dan pelatihan ilmu hitam. Wajar saja jika banyak yang menemukan kejadian-kejadian mistis ketika melewati daerah ini, terutama pada malam hari. Banyak yang mengaku tiba-tiba mencium bau kemenyan dan juga bertemu dan membawa penumpang perempuan cantik, namun bukan manusia.

Alas Ketonggo, Ngawi, Jawa Timur

Tempat Angker di Jawa

Sumber: Exime
Selain di Jawa Tengah, di Ponorogo, Jawa Timur juga terdapat Alas Ketonggo yang nggak kalah seram. Hutan ini mendapat nama Ketonggo karena banyaknya makhluk halus yang sering ditemukan warga sekitar. Ketonggo berasal dari kata “Katon” yang artinya terlihat dan “Onggo” yang berarti makhluk halus.

Di hutan ini juga terdapat makam tua milik Prabu Brawijaya yang menambah kesan mistis. Karena nuansa mistis yang begitu kental, nggak jarang orang berkunjung ke sini untuk bersemedi dan berziarah. Kamu berani?

Baca juga: 5 Tempat Angker di Jakarta Ini Bakalan Bikin Weekend Kamu Seru

Goa Belanda dan Jepang, Bandung, Jawa Barat

Tempat Angker di Jawa

Sumber: Triptus
Dari hutan di pedalaman, sekarang kita beralih ke taman hutan raya yang berada di Ir. Juanda, Dago Pakar. Taman yang indah dan menjadi tempat wisata yang asri bagi pecinta alam ini ternyata memiliki dua goa di dalamnya, yakni Goa Belanda dan Goa Jepang. Wah, goa para penjajah!

Kedua goa ini merupakan bekas tempat tahanan dan penyiksaan para romusha yang nggak mematuhi aturan bekerja. Karena itulah, cukup sering terdengar suara jeritan dan tangisan para pekerja yang kesakitan. Saking angkernya, kedua goa inilah yang menjadi daya tarik dari taman hutan raya.

Keraton Yogyakarta, Yogyakarta

Tempat Angker di Jawa

Sumber: Wikipedia
Kota Yogyakarta memang terkenal dengan Keraton yang indah dan bersejarah. Di balik nilai sejarahnya, Keraton juga nggak luput dari cerita horor. Pada siang hari, Keraton menjadi tujuan wisata favorit para pelancong, baik domestik maupun mancanegara. Namun, pada malam hari, jangan coba-coba berkunjung ke sini, apalagi ke sekitar bangsal Proboyeksa yang ada di belakang bangsal Kencana.

Tempat penyimpanan pusaka keraton ini mengeluarkan aura mistis yang sangat kuat. Kamu sangat nggak disarankan untuk mengambil gambar tempat ini. Tapi, kalau kamu mau coba sih boleh saja, namun siap-siap ya karena biasanya di hasil foto akan ada sepasang bola mata raksasa yang mengawasi gerak-gerikmu.

Baca juga: Ngeri Banget! Ini 5 Urban Legend Paling Menyeramkan di Indonesia


Setelah membaca artikel di atas, pasti rasanya bulu kuduk kamu berdiri, ya? Kalau kamu masih merasa kurang greget, mending langsung cek dan buktikan sendiri suasana mistis dan keberadaan makhluk gaib yang ada di tempat-tempat angker tersebut. Jangan lupa bawa teman dan kamera untuk mengabadikan momen mistismu di sana. Kamu bisa cek dan langsung beli kamera berkualitas dengan harga murah di sini.

Categorised in: ,

This post was written by Sherren Wivella