• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Gadget
  • >
  • Bukti Apple Visioner? Ini 5 Teknologi yang Dibuang Apple Lebih Cepat dari Masanya

Bukti Apple Visioner? Ini 5 Teknologi yang Dibuang Apple Lebih Cepat dari Masanya

Hilangnya audio jack pada iPhone 7 memperkuat image Apple sebagai perusahaan inovatif dan visioner. Ini 4 lagi teknologi yang dibuang Apple.

Siapa sih yang nggak tahu perusahaan teknologi raksasa, Apple?

Sebagai pencipta produk yang selalu difavoritkan masyarakat, seperti iPhone, iPad, dan Macbook, Apple Inc. akan selalu dikenal sebagai perusahaan yang inovatif dan visioner. Mereka dikenal sebagai perusahaan yang berani menantang zaman dengan menciptakan teknologi-teknologi yang mengubah dunia.

Nggak hanya membuat, Apple juga berani menghilangkan apa yang sudah menjadi bagian dari kebiasaan masyarakat. Sebagai contoh, baru-baru ini Apple meluncurkan iPhone 7. Yang mengejutkan adalah smartphone ini nggak dilengkapi dengan audio jack, lubang yang selalu ada di semua jenis smartphone untuk menghubungi headset pengguna. Siapa yang menyangka, kan?

Inovasi ini tentu nggak selalu diterima baik oleh para pecinta gadget, tapi bagi Apple ini adalah resiko yang harus ditanggung. Tapi, tahukah kamu, ini bukan kali pertama Apple dengan beraninya “membuang” sesuatu, lho.

Berikut adalah kumpulan teknologi yang dibuang Apple lebih cepat dari masanya.

Ayo Disimak Dulu Seberapa Keren iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

Diskette dan floppy disk drive – iMac (1998)

teknologi yang ditinggalkan apple

Sumber: Wikimedia

Diskette adalah salah satu teknologi tercanggih di eranya. Alat penyimpan data yang tipis dan berbentuk persegi ini pertama kali diproduksi oleh IBM pada tahun 1971. Diskette digunakan melalui floppy disk drive sehingga di tahun 1970an, semua produk komputer mulai dilengkapi dengan drive ini.

Namun, pada tahun 1998, Apple dengan mengejutkan mengeluarkan produk perangkat komputer bernama iMac yang nggak dilengkapi floppy disk drive. Pada saat itu, Steve Jobs memprediksi kalau pengguna akan menyimpan data menggunakan internet.

Apakah inovasi yang dianggap gila pada saat itu ternyata benar? Lihat saja sekarang, siapa lagi sih yang menyimpan data di diskette? Meski masih menggunakan flashdisk, sudah banyak inovasi yang mengarahkan kita untuk menyimpan data di internet, seperti e-mail, online storage, dan cloud.

Optical disc drive – Macbook Air (2008)

teknologi yang ditinggalkan apple

Sumber: Ian Dick

Setelah menghilangkan diskette dan floppy disk drive, yang menjadi korban Apple selanjutnya adalah optical disk drive (ODD), yaitu perangkat pada komputer yang berfungsi membaca data dari CD-ROM. Produk baru dari Apple yang nggak dilengkapi optical disk drive ini adalah MacBook Air yang dirilis pada tahun 2008.

Apple menghilangkan drive ini karena penyimpanan atau perpindahan data menggunakan CD-ROM sudah semakin jarang, dan aplikasi atau software yang dibutuhkan pengguna bisa langsung diunduh saja dari App Store. Selain itu, dengan dihilangkannya drive ini, MacBook Air bisa didesain dengan bentuk body yang lebih tipis dan ringan.

Bahkan sampai saat ini, desain tipis MacBook Air menjadikannya salah satu laptop tertipis sepanjang masa. Kamu bisa melihat beberapa seri MacBook Air di sini.

Adobe Flash (2010)

teknologi yang ditinggalkan apple

Sumber: AudifaxDev

Adobe Flash adalah program software multimedia yang diciptakan Adobe Systems. Program ini berfungsi untuk memutar animasi gambar hingga video, menampilkan multimedia, serta menjadi wadah pengembangan sejumlah aplikasi dalam gadget (PC dan smartphone). Perangkat Apple seperti iPhone dan iPad juga pernah menjadi pelanggan setia Adobe Flash ini.

Namun, pada tahun 2010, Apple memutuskan untuk nggak menggunakan Adobe Flash lagi dan berpindah ke HTML5. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan visi antara Apple dan Adobe.

Steve Jobs menjelaskan kalau Adobe Flash cenderung mengonsumsi energi yang besar, kurang oke pada smartphone, kurangnya keamanan, hingga dinilai nggak lagi dibutuhkan untuk menonton video atau konten web lainnya.

Pemberhentian kerjasama antar Apple dan Adobe Flash ini disampaikan oleh Steve Jobs ke publik dengan surat terbuka. Dan drama ini cukup menuai konflik antara Apple dan Adobe, serta masyarakat pengikut setia kedua brand tersebut.

USB Type A – MacBook (2015)

teknologi yang ditinggalkan apple

Sumber: Apple Insider

Coba deh kamu perhatikan colokan USB di PC atau laptop kamu, kebanyakan pasti masih menggunakan USB Type A yang berbentuk persegi panjang. Versi USB yang paling umum ini memiliki dua sisi yang identik, namun berbeda bentuk. Hal Inilah yang akhirnya membuat banyak pengguna sering cabut pasang flashdisk atau perangkat eksternal karena salah mencolok.

Pada tahun 2015, Apple nggak menyediakan port USB Type A sama sekali pada produk MacBook 2015 terbarunya. Bahkan, Apple hanya menyediakan satu port USB Type C doang! Versi USB ini berbentuk jauh lebih kecil dengan ukuran 8,4 mm x 2,6 mm saja, loh!

USB Type C memiliki bentuk oval simetris sehingga bisa dicolok dari semua sisi. Desain ini tentu mengurangi terjadinya salah colok.

USB ini (versi 3.1) mampu mentransfer data dengan kecepatan 10Gbps serta output listrik hingga 20V (100W) and 5A. Lalu juga bersifat bi-directional, yang berarti kedua ujung kabel USB Type C mampu menyalurkan sekaligus menerima (listrik atau data) sehingga kamu nggak perlu membawa lebih banyak kabel untuk semua gadget kamu. Cukup ironis, mengingat saat peluncuran MacBook 2015, masih minim sekali gadget yang menyediakan port USB Type C.

Audio jack – iPhone 7 (2016)

teknologi yang dibuang apple

Sumber: Wikimedia

Audio jack adalah portal penghubung suatu perangkat (seperti smartphone) dengan perangkat audio lain. Nah, jika audio jack ini dihilangkan, lantas bagaimana cara menghubungkan headset atau headphone berkabel ke iPhone 7 dan iPhone 7 Plus?

Sebagai solusinya, Apple menyediakan AirPods, perangkat headset tanpa kabel atau wireless yang bisa terkoneksi ke produk-produk Apple secara otomatis ketika dipakai di telinga. AirPods juga disertai wadah khusus yang bisa mengisi daya baterai AirPods yang bisa bertahan selama 5 jam dalam 1 kali pengisian.

Kamu bisa membaca lebih jauh mengenai fungsi-fungsi AirPods di sini. Selamat tinggal audio jack, selamat tinggal headset berkabel, dan selamat datang AirPods!


Sejumlah teknologi yang dibuang Apple ini nggak bisa terelak dari kontroversi dan protes para pengguna. Namun seiring waktu, Apple terus membuktikan keputusan mereka untuk menghilangkan atau merubah teknologi “jadul” adalah keputusan yang tepat.

Jika kita saja bisa move on dari diskette yang sebelumnya sudah mendarahdaging, hilangnya audio jack pada iPhone 7, nggak akan menjadi masalah. Di sini, Apple menunjukkan diri sebagai pemimpin dari perusahaan-perusahaan lain. Sesuai dengan yang dikatakan Steve Jobs,”Innovation distinguishes between a leader and a follower.”.

Sumber gambar utama: Wikipedia

Categorised in: , ,

This post was written by Revin Vandersen