• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Hobbies
  • >
  • Tamiya vs Auldey, Mana yang Lebih Oke untuk Dikoleksi?​

Tamiya vs Auldey, Mana yang Lebih Oke untuk Dikoleksi?​

Buat kamu pecinta Mini 4WD, wajib baca artikel yang ini!

Setelah tahu fakta-fakta menarik seputar mini 4WD, tentunya kamu sudah lebih tertarik mau koleksi mainan ini lagi kan? Tapi hari gini koleksi mainan mini 4WD memang lebih banyak yang pakai merk originalnya, si Tamiya. Tapi ada juga kok yang pada pakai merk KW-nya atau biasanya disebut grade ori, yakni Auldey.

Alasannya sih cuma satu, lebih murah. Kalau kamu mau koleks mini 4WD lagi, mungkin kamu perlu pertimbangin nih mau beli merk original atau grade-ori-nya. Bebas memang mau beli yang mana, kepuasan setiap orang berbeda-beda kan. Biar nggak bingung, nih kami kasih panduannya.

tamiya vs auldey

Harga Jelas Jauh Beda

Kalau urusan harga, merk Tamiya itu bisa sekitar Rp100 ribu sampai Rp1 juta, tergantung apa mobilnya. Coba cek aja di MatahariMall.com, banyak kok modelnya. Kelihatannya memang mahal, tapi namanya kualitas terbaik masa murah? Sedangkan Auldey, bahkan yang Rp25 ribu juga ada! Atau paling standar sekitar Rp50 ribu kira-kira.

Untuk spare part-nya, justru sebenarnya lebih enak Tamiya. Harga memang mahal untuk beberapa part, tapi kita tinggal terima jadi dan pasang aja. Sedangkan kalau Auldey kebanyakan custom. Beberapa orang bahkan pasang part tamiya juga di dalamnya.

Pabrikannya Beda Negara

Salah satu perbedaan paling jelas yaitu pabrikannya. Kalau Tamiya dibikin di Jepang, sedangkan Auldey bikinan China. Bahan-bahan yang dipakai di Tamiya semuanya adalah bahan plastik yang cukup keras, tapi ringan. Mungkin baru akan patah kalau kita melepas part yang dipasang terlalu kencang. Sedangkan kalau Auldey biasanya partnya atau barangnya bisa lebih lentur atau nggak sepadat Tamiya.

Baca Juga: Jangan Mau Kalah, Indonesia Juga Punya Game Asli Karya Anak Bangsa!

 

A photo posted by TAMIYA MINI4WD (@tamiya_mini4wd) on

Modelnya Sama Aja

Secara umum bentuk dan modelnya, Tamiya dan Auldey akan kelihatan sama aja. Nggak ada bedanya. Kecuali nama mobilnya yang bisa aja sedikit beda atau stikernya juga. Kadang kalau di Auldey, stikernya lebih terlihat berlebihan atau lebay kalau pakai istilah anak jaman sekarang. Nah, sekarang Auldey sudah bikin “versi sendiri” nih untuk mobil-mobilnya. Jadi kelihatan beda banget sama Tamiya.

 

A photo posted by 권용중 (@rnjsdydwnd2) on

Soal Kualitas

Nah ini. Kalau memang sekedar buat koleksi, mungkin Auldey bisa jadi pilihan atau sekadar buat balap-balapan yang liar. Tapi Tamiya punya kualitasnya lebih tahan lama dan lebih kinclong kelihatannya. Untuk merk Auldey, biasanya kalau terlalu kencang pasang mur atau roller, biasanya chassis-nya bisa patah. Sedangkan Tamiya paling hanya kendor aja.

Baca Juga: Buat yang Hobi Balapan, Sudah Pernah Main 4 Game di Smartphone Ini?

A photo posted by Ridho Yelius (@ridho.yelius23) on

Isi Box Kurang Lebih Sama

Untuk isi box, antara Tamiya dan Auldey kurang lebih sama. Mulai dari kelengkapan part, chasis, roller, body mobil, sampai bannya. Tapi menariknya, Auldey selalu lengkap dengan dinamo di dalamnya. Sedangkan untuk merk Tamiya, dinamo ini kadang ada kadang nggak. Ya, 11-12 lah sama gebetan yang kadang ada dan tiada sesuka hati. Ouch.

Kalau dari kami sih, lebih disarankan untuk beli Tamiya aja. Tapi sebagai pengoleksi mini 4WD sejati, nggak ada salahnya kamu beli keduanya. Buat dipajang di rumah. Dijajarkan dengan koleksi diecast-mu juga mungkin?

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza