Tambah Wawasan Kamu dengan 7 Channel Youtube ini! Part II

Chanel youtube ini berisi video-video menarik seputar ilmu pengetahuan dengan cara yang kreatif. Belajar sains nggak akan membosankan lagi!

Sudah bukan zamannya lagi kalau ke YouTube cuma buat menonton video musik atau channel komedi, tetapi kamu juga bisa menimba ilmu pengetahuan dengan gratis loh. Tidak hanya melalui berbagai buku pengetahuan, sekarang YouTube sudah diakui sebagai tempat populer untuk belajar banyak hal, terutama seputar sains.

Biasanya, video-video sains di YouTube mempunyai ilustrasi dan metode penyampaian yang kreatif dan menarik. Semuanya dirancang untuk mengubah pandangan bahwa sains itu membosankan seperti yang dipelajari di sekolah. Bagi kamu yang ingin mengisi waktu luang sekaligus menambah wawasan, YouTube merupakan tempat yang sangat cocok buat kamu.

Saksikan 7 channel sains di YouTube berikut yang bisa menambah wawasan kamu!

Baca juga : 7 channel sains di Youtube yang wajib kamu tonton.

MinuteEarth—Our Awesome Planet

Bagi kamu yang mencintai pelajaran biologi, kamu pasti bakal suka MinuteEarth. Channel dengan 1,3 juta subscribers ini khusus membicarakan proses biologi yang terjadi di bumi. Kamu dapat belajar mengapa awan bisa terbentuk atau mengapa tumbuhan ternyata juga bisa bersosialisasi.


Video Via MinuteEarth

Selain video pengetahuan, video MinuteEarth juga mengajak kamu untuk lebih peduli dengan lingkungan. Salah satu yang menarik adalah video “Love Letter to Food” yang mencoba untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar nggak membuang-buang makanan. Video “Garbage Does Not Lie” juga menyuarakan pentingnya kita mengolah sampah dan menjaga lingkungan.


Video Via MinuteEarth

Numberphile—Buat Pencinta Angka

Jangan kabur dulu setelah mendengar angka. Numberphiles memang channel yang menyajikan video-video seputar matematika. Namun, nggak seperti yang kamu bayangkan. Channel dengan 1,7 juta subscribers ini senang membicarakan persoalan matematika dan logika yang relevan dengan kehidupan kita. Misalnya, video berikut memberi tahu cara mengikat sepatu tercepat–dengan matematika!


Video Via Numberphile

Hal lain yang membuat channel ini menarik adalah tema videonya yang menanyakan hal-hal unik. Contohnya, tahukah kamu angka berapa yang paling nggak berguna? Atau, kamu dapat menemukan jawaban dari ‘mengapa orang membenci matematika?’ dan mulai mencintainya.


Video Via Numberphile

SmarterEveryDay—Tambah Wawasan Setiap Hari

Bagi kamu pecinta luar angkasa, channel SmarterEveryDay direkomendasikan buat kamu. Destin, pemilik channel dengan lebih dari 3,9 juta subscribers ini merupakan seorang insinyur roket Militer dari Amerika Serikat. Rasa cintanya terhadap luar angkasa tercermin dari video-videonya yang sering mengajak penonton berkeliling sekitar stasiun luar angkasa internasional. (International Space Station).


Video Via SmarterEveryDay

Channel ini juga menawarkan berbagai video edukasi dengan eksperimen-eksperimen keren. Misalnya dalam video di bawah ini, Destin menunjukkan bagaimana cara mengubah gravitasi menjadi cahaya! Suatu hal yang dirasa nggak mungkin bagi banyak orang.


Video Via SmarterEveryDay

BrainCraft—Psikologi dan Neurosains

Braincraft menunjukkan bahwa masih banyak hal-hal menarik yang belum kita ketahui tentang otak kita. Channel dengan 300ribu subscribers ini khusus membuat video-video unik tentang proses kognitif manusia. Misalnya, selain menguak tentang bagaimana ingatan (memory) kita bekerja, channel ini juga menjelaskan sains di balik kegilaan (insanity)!


Video Via BrainCraft

Vanessa, host dari channel ini juga senang membicarakan psikologi di balik emosi dan hubungan romantis. Videonya yang berjudul “Is Love all You Need?” akan membuat kamu yang sedang terbuai cinta mempertanyakan kepentingan dari cinta itu sendiri. Kamu bakal lebih mengenal diri kamu sendiri setelah menonton video-videonya.


Video via BrainCraft

Mark Rober—Sains Kreatif

Mark Rober adalah seorang insinyur yang ingin menjadi seorang paman yang keren di hadapan para keponakannya. Ia senang merancang peralatan unik untuk membuat pesta-pesta dan liburan agar lebih berwarna. Misalnya, dengan menggunakan teknologi iPad, ia menciptakan desain kostum festival halloween yang sangat realistis. Video lainnya yang terkenal adalah bagaimana cara melempar telur dari ketinggian tapi nggak pecah.


Video Via Mark Rober

Channel dengan 1,7 juta subscribers ini juga hobi membuat mainan kreatif dengan memanfaatkan hukum fisika. Dalam video baru-baru ini, Mark dan teman-temannya mencoba membuat senapan Nerf raksasa yang mampu menembak misil dengan jauh! Dalam video lainnya, ia membuat senapan mesin penembak bola salju yang nggak kalah keren. Banyak sekali yang bisa kamu coba pelajari dari channel kreatif yang satu ini.


Video Via Mark Rober

CGP Grey—Menjelaskan Segalanya

Cukup sulit menarik tema untuk channel yang satu ini. CGP Grey selalu mencoba untuk menjelaskan banyak hal. Kamu bisa menemukan topik geografi, psikologi, fisika, dan internet di channel ini. Format video dari channel dengan 2,4 juta subscribers ini cukup unik. Biasanya melibatkan seorang narator yang menjelaskan inti video, diiringi gambar-gambar sederhana, namun lucu. Salah satu video terkenalnya menjelaskan apakah Hongkong dan Macau termasuk sebuah negara?


Video via: CGP Grey

CGP Grey juga termasuk channel yang sering berinteraksi dengan subscribers-nya. Ia banyak mengupload video-video dirinya menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar sains dari para follower-nya di Twitter. Dari video-video tersebut, kamu bisa belajar sekaligus mendapat pencerahan tentang sains dari berbagai sudut pandang.


Video via: CGP Grey

Geography Now!—Keliling Dunia Lewat YouTube

Kabar baik bagi para pencinta geografi! Geography Now! merupakan satu-satunya channel di YouTube yang mencoba untuk menjelaskan semua negara di dunia satu per satu sesuai urutan abjad. Namun, banyak sekali negara dan budaya yang berbeda di dunia ini membuat video mereka baru bisa menjelaskan negara sampai dengan awalan huruf D! Jadi, walau Indonesia masih belum dibahas, kamu bisa belajar lebih banyak tentang China, Austria, dan Belgia.


Playlist via Geography Now!

Nggak hanya negara dan budaya, channel dengan 300ribu subscribers ini juga hobi membicarakan bendera. Dalam video seperti ini, mereka membedah arti, logo, dan sejarah dari bendera-bendera di beberapa negara. Dijamin, dengan subscribe ke channel ini akan meningkatkan pengetahuan internasional kamu!


Playlist via Geography Now!

Apakah kamu sudah nggak sabar mau belajar? Jika kamu merasa channel-channel di atas menarik dan bermanfaat, jangan lupa subscribe ke mereka dan share ke teman-temanmu ya!

Baca juga : 5 Channel YouTube yang Bisa bikin Kamu Melihat Dunia dengan Lebih Baik.

Categorised in: ,

This post was written by Tommy Prayoga