Tak Selamanya Main Pokemon Go Itu Jelek, Ini 7 Manfaat Baiknya

Bagi mereka yang tidak memahami asyiknya main Pokemon Go lewat smartphone mungkin hanya akan mencibir. Orang biasanya memang tidak menyukai apa yang tidak mereka pahami.

Bagi yang tidak memahami serunya main Pokemon Go, mungkin memberi komentar tidak sedap saat melihat orang lain yang asyik memainkan game ini. Boleh saja banyak orang mengatakan bahwa orang-orang menjadi tidak perduli dengan sekeliling mereka saat bermain, tapi di samping itu semua sebenarnya Pokemon Go juga punya sisi baik, kok. Misalnya 7 poin ini:

Jadi lebih banyak kena sinar matahari

Ini salah satu fakta menghibur. Mereka yang keranjingan bermain Pokemon Go akhirnya mencoba menemukan alasan untuk bisa keluar rumah. Untuk berburu Pokemon pastinya. Yang biasanya betah di rumah, bisa saja akhirnya jadi lebih sering keluar rumah. Yang biasanya betah di bawah pendingin ruangan, kini berteman dekat dengan panas terik di luar.

Jadi lebih aktif

Kebanyakan game ponsel cukup dimainkan sambil berdiam di satu titik. Tidak dengan Pokemon Go, yang membuatnya unik. Beda dengan permainan game ponsel jaman dulu. Dan sebenarnya permainan komputer apapun. Kalau tidak bergerak kemana-mana, maka tidak akan bisa mendapatkan Pokemon. Baru permainan Pokemon Go yang memaksa para gamers keluar rumah, tidak diam saja di kursi, di dalam game center seperti yang populer di era 2000-an awal. Dan dengan aktif keluar rumah, bagus untuk mengimbangi stres yang mungkin sedang kita alami.

Lebih banyak jalan kaki

Disini pun ada…wkwkwk #pokemongo🎮 #situsmegalitikumgunungpadang

A photo posted by Dede adi wibowo (@dedeadiwibowo) on

Bila di era 2000-an awal citra pemain game barangkali identik dengan sosok yang kurus dan pucat, atau sebaliknya gemuk bergaya kutu buku. Maka, di 2016 pemain Pokemon Go tidak memiliki demografi yang khas. Semua sama rata. Dan, seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, pemain Pokemon Go mendobrak semua karakteristik semua pemain game jaman dulu. Pencarian monster yang jumlahnya banyak dan tersebar di seluruh dunia ini membutuhkan banyak gerak, yang didominasi oleh jalan kaki. Dan banyak jalan kaki sudah pasti bagus untuk sirkulasi darah, bagus untuk jantung, menjaga sistim pernafasan, meningkatkan imunitas tubuh, sampai meningkatkan jumlah vitamin D di dalam tubuh, dan membantu tidur yang nyenyak. Dengan semua langkah yang dibuat mencari Pokemon, lelah adalah hasilnya sudah pasti. Nggak heran sih kalau bisa tidur nyenyak.

BACA JUGA: Banyak Jalan Kaki  Melatih Otot Perut Jadi Six Pack. Ini Buktinya!

Jadi lebih cermat dengan kondisi sekitar

Karena permainan Pokemon Go ini dibuat dengan basis GPS, otomatis para pemainnya harus berlatih membaca peta. Yang artinya akan jadi lebih paham dengan kondisi sekitar. Kamu bahkan mungkin akan menghampiri beberapa tempat tertentu yang sebelumnya nggak terpikir untuk didatangi – hanya demi mengumpulkan poke ball atau mencari monster di daerah yang elemennya sama (Pokemon air dekat dengan kali, misalnya). Kamu pun lebih mengenal lingkungan hasilnya. Meski Pokemon Go membuat kamu mengeksplorasi tempat-tempat baru, tetap cermati sekitarmu. Jangan pergi ke daerah gelap atau yang terlalu jauh demi mencari Pokemon. Tetap harus fokuskan keselamatan.

BACA JUGA: Nah Ini Tips Supaya Bisa Terus Bermain Pokemon Go dengan Aman

Melatih otak

PokemonGo 👍😍🐢#покемонго #скульптура #покемон #сквиртл #pokemongo #pokemon #pokemonx #pokemongo🎮 #sculpture #sculptor #artelka

A photo posted by СКУЛЬПТОР👉Владимир Лиходедов (@artelka_sculpture) on

Seperti semua permainan komputer lainnya, Pokemon Go juga melatih otakmu. Yang namanya game komputer nggak ada yang mudah. Meski kelihatannya mudah. Dan bermain Pokemon Go nggak hanya soal mengumpulkan monster, meski bagian menangkap monsternya tetap jadi bagian paling seru. Tapi kita juga harus memikirkan strategi. Kemana harus mencari monster, bila level kita terus naik apa langkah selanjutnya, dan seterusnya.

Membakar kalori dan lemak

Ya, ini dampak yang dirasakan semua pemain Pokemon Go. Karena dengan rajin berjalan ke luar rumah, atau berjalan mencari Pokemon ke tempat-tempat yang agak jauh sudah pasti membakar lemak dan kalori di tubuh. Bahkan berjalan kaki 500 meter lumayan bikin keringatan. Dan berjalan kaki 10 menit ternyata bisa memproduksi hormon endorphin di tubuh kita. Hormon endorphin ini bisa mengurangi stres. Bayangkan pemain Pokemon Go yang secara rutin, setiap hari selama sebulan berjalan kaki setidaknya 15 menit mencari monster di sekeliling tempat kerja atau rumahnya. Sehat banget, tuh!

Main Pokemon Jadi lebih sosial

Mengeksplorasi tempat-tempat baru, demi mencari monster atau Pokemon unik sudah pasti menaikan level sosial seseorang. Ketimbang diam saja di rumah, dan tak mengenal lingkungan sekitar, kan? Nggak heran, banyak ahli mengatakan Pokemon Go ini permainan yang bagus untuk mereka yang mengalami kesulitan untuk bersosialiasi dengan dunia luar. Belum lagi, saat bermain Pokemon Go kita sudah pasti akan bertemu atau berpapasan dengan banyak orang. Pasti ada interaksi yang harus kita buat, bukan?

Baca juga: Ada sisi baik, ada pula sisi buruk kecanduan bermain Pokemon Go, baca ini

Bila ada orang yang protes dengan kegemaranmu bermain Pokemon Go sekarang, kamu bisa tunjukkan artikel ini ke mereka. Namun selalu ingat yang utama, tetap perhatikan keamanan dan keadaan sekitar saat bermain.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza