• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Tak Bisa Lepas dari Power Bank? Cek 5 Tips Ini sebelum Membeli!

Tak Bisa Lepas dari Power Bank? Cek 5 Tips Ini sebelum Membeli!

Ini tips memilih power bank yang tepat untuk mengisi daya baterai smartphone. Mulai dari soal memilih karena kebutuhan hingga jumlah port yang tersedia.

Tak seperti ponsel jadul, smartphone membutuhkan daya yang lebih besar untuk bisa beroperasi. Seringkali alat komunikasi itu kehabisan baterai saat diperlukan, di situlah power bank hadir jadi bala bantuan. Tips memilih power bank.

Jika melirik ke aktivitas kehidupan orang di kota-kota besar, seperti Jakarta, akan terlihat satu pola aktivitas yang sama. Sama-sama sibuk dengan smartphone-nya, sampai-sampai nggak mau dilepas dari genggaman begitu saja. Pernah panik karena baterai smartphone kamu sudah habis? Mungkin lebih panik lagi jika di sekitar tak ada stop kontar di sekitar kamu. Di sinilah tren power bank sebagai nyawa tambahan untuk smartphone kesayangan pun muncul ke permukaan.

Tapi memilih power bank pun nggak bisa sembarangan. Salah-salah malah smartphone-mu bisa jadi korban. Simak deretan tips kami saat memilih power bank berikut ini.

Perhatikan Kebutuhan

Power bank punya bermacam kapasitas, dari yang mungil seperti 2000 mAh hingga yang ekstra besar 20.000 mAh. Bedanya apa? Semua berkaitan dengan jumlah perangkat yang perlu dijaga agar tetap menyala. Misalnya, rata-rata smartphone yang beredar saat ini kapasitas baterainya berkisar di angka 2000 mAh. Jadi jika kamu punya 2 smartphone, setidaknya perlu menggunakan power bank dengan kapasitas 4000 mAh.

Perhatikan Jumlah Port dan Maksimal Output

Perhatikan jumlah port serta output maksimal yang ditawarkan oleh power bank tersebut. Power bank dengan kapasitas di atas 5.600 mAh biasanya sudah menawarkan dua buah port charger, yaitu dengan output 1,5 mAh dan 2,1 mAh. Perbedaan keduanya terletak pada daya yang dihantarkan. Port dengan output 1,5 mAh biasanya dipergunakan untuk mengisi daya pada perangkat seperti smartphone, atau yang punya kapasitas baterai tak terlalu besar. Sementara port dengan output 2,1 mAh lebih dikhususkan untuk perangkat dengan baterai berkapasitas besar, seperti tablet.

Kamu sebenarnya juga bisa mengisi baterai smartphone dengan port ini dan pengisian baterainya pun akan lebih cepat. Namun sebaiknya tak terlalu sering, karena biasanya akan memperpendek umur baterai smartphone kamu karena tak sesuai dengan spesifikasi yang disarankan oleh pabrik.

power bank tips

Fitur Keamanan dan Sel Baterai

Saat memilih power bank, jangan cuma memperhatikan kapasitas baterainya. Perhatikan juga fitur-fitur tambahan seperti auto cut power yang akan menyelamatkan smartphone kamu dari pengisian baterai yang berlebihan. Selain itu, pembuat power bank berkualitas bagus biasanya mencantumkan sel baterai yang mereka gunakan. Perlu diketahui, ada dua sel baterai yang lazim digunakan di power bank bagus, yaitu Sanyo dan Samsung.

Jangan Tergiur Harga Murah

Ada harga ada rupa. Jargon itu juga berlaku dalam membeli power bank. Lakukan riset kecil-kecilan untuk harga power bank sebelum membeli. Misalnya harga rata-rata power bank berkapasitas 10.000 mAh saat ini Rp300.000. Maka saat ada produk serupa dengan harga jauh di bawah itu, maka kamu perlu curiga.

Merk Terkenal, Garansi, dan Tempat Membeli

Sebaiknya pilih power bank dengan merk yang sudah terkenal karena biasanya mereka lebih memerhatikan kualitas produknya. Hal ini juga ada kaitannya dengan garansi karena power bank yang bagus akan mempunyai garansi setidaknya 6 bulan. Perhatikan pula tempat kamu akan membeli power bank ini. Pilihlah tempat yang terpercaya atau bahkan belilah dari distributor resminya agar tak tertipu oleh power bank palsu.

Nah, sudah tahu kan cara memilih power bank yang baik dan benar? Jangan sampai ‘nyawa tambahan’ ini justru membuat smartphone-mu jadi korban ya!

Baca Juga :
Kiat Memilih Hard Disk Sesuai Kebutuhan
Pilihan Smartphone Tahan Air dan Debu

Categorised in: , , , , ,

This post was written by Kak Moza