• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Gadget
  • >
  • Smartphone China Jelek? Ini Bukti Kalau Kamu Salah!

Smartphone China Jelek? Ini Bukti Kalau Kamu Salah!

Banyak yang mengira smartphone China pasti jelek. Itu salah guys! Smartphone buatan China juga punya banyak kelebihan. ini alasan-alasannya.

Kepingin beli smartphone tapi bingung mau pilih yang mana? Atau takut untuk beli smartphone China karena udah pasti gak bagus? Emang bener smartphone China mempunyai beberapa kekurangan. Seperti menggunakan bahan plastik yang terlihat murah dan memiliki keamanan yang kurang.

Akan tetapi nggak semua smartphone China itu murahan kok. Beberapa merk China seperti Xiaomi, Oppo, Asus, dan Huawei sudah mampu memproduksi smartphone yang berkelas. Layaknya merk-merk terkenal lain seperti Samsung, LG, dan Apple.

Beberapa alasan kenapa orang-orang beranggapan kalau smartphone China jelek sebenarnya diakibatkan oleh persepsi dan stigma yang ada di pikiran kita. Misalnya, smartphone China udah pasti cepat rusak, barang buatan China udah pasti palsu, atau mungkin aja kita berpikiran smartphone seperti iPhone atau Samsung punya harga lebih mahal karena merk tersebut udah pasti dibuat dengan kualitas plus plus.

Pandangan kayak gini udah jadul banget guys, smartphone China udah berkembang jauh. Di sini kita mau kasih tau apa aja sih yang bikin smartphone China malah lebih bagus dibanding smartphone lain.

“Made in China”

Smartphone China Jelek Ini Bukti Kalau Kamu Salah!2

Sumber: Michael Mandlberg

Salah satu stigma yang selalu melekat dipikiranmu. Karena hampir sebagian besar barang elektronik yang kamu punya pasti ada label “Made in China”. Sebagai contoh, Apple iPhone yang didesain di California, namun produknya tetap dibuat di China. Begitu juga dengan produk elektronik lainnya yang sebagian besar dibuat di China. Jadi kalau alasan kamu ragu membeli smartphone China karena label ini, sekarang kamu bisa sedikit lega karena semuanya emang dibuat di China.

Inovatif

Smartphone China Jelek Ini Bukti Kalau Kamu Salah!2

Sumber: Krzysztof Puszczyński

Gak selamanya smartphone China itu selalu ikut-ikutan aja. Misalnya nih smartphone terbaru dari Oppo yang menggunakan teknologi VOOC Flash Charge , yang mampu mengecas baterai dari kondisi 0% ke 75% hanya dalam waktu 30 menit saja loh.

Nggak cuma itu aja, smartphone merk Oppo juga ternyata adalah inventor yang menciptakan smartphone dengan fitur kamera putar (rotating camera) yang ngebantu para fotografer buat nentuin angle yang pas! Oppo N3 juga adalah smartphone pertama yang menciptakan kamera putar yang bisa dikontrol dengan O-click Remote.

Selain itu ada juga Huawei P9 yang menggunakan dua kamera belakang hasil kerjasama dengan Leica, salah satu perusahaan pembuat kamera digital dari Jerman yang sangat populer. Sehingga dijamin kualitas gambar yang dihasilkan dari kamera Huawei P9 ini bakal bagus banget!

Bagi kamu yang gila dengan inovasi, wajib banget nih buat perhatiin apa aja sih yang sebenernya dikembangkan duluan sama smartphone China.

Yuk cek produk keren dari Oppo dan Huawei!

Murah = cupu?

Smartphone China Jelek Ini Bukti Kalau Kamu Salah!4

Sumber: Images Money

Barang yang lebih murah udah pasti nggak punya kualitas? Nggak selalu kok, coba liat Oneplus X , dengan harga yang hanya berkisar sekitar 3 jutaan rupiah. Kamu sudah dapat smartphone dengan RAM 3 GB (1 GB lebih besar dari rata-rata smartphone lainnya), Dual-SIM, fitur HD, kamera beresolusi 18MP, display AMOLED, dan baterai berkapasitas 2.525 mAh.

Ada juga fitur Knuckle Sense pertama kali diperkenalkan sama Huawei guys dan kemudian Apple juga ikutan nih dengan 3D Touch-nya. Bagi yang kurang familiar sama yang namanya 3D Touch, adalah sebuah sensor yang bisa ngebedain tekanan jari-jari tangan saat menyentuh layar smartphone.

Namun cara kerja Knuckle Sense sedikit berbeda dengan 3D Touch. Misalnya untuk membuka kamera, kamu hanya perlu menggambar huruf C di layar dan secara otomatis kamera akan terbuka. Begitu juga dengan aplikasi-aplikasi lainnya.

Baca juga: 5 Smartphone Android di Bawah 2,5 Juta untuk Main Game

Ekonomis

Yup, udah jadi rahasia umum kalo smartphone China itu pasti lebih murah dibanding yang lain. Beberapa faktor ini menjelaskan kenapa smartphone China bisa dijual dengan harga lebih murah. Pertama, komponen-komponen yang digunakan untuk membuat smartphone berasal dari China. Kedua, semua pekerja yang membuat smartphone itu juga penduduk China. Ketiga, produk-produk yang telah dibuat juga dijual di China.

Ketiga faktor itulah yang membuat smartphone dari China dijual dengan harga yang lebih terjangkau. Bahkan saat masuk ke Indonesia pun harganya nggak terlalu mahal, seperti merk-merk smartphone dari negara lain.

Sumber gambar utama: Roland Tanglao

Categorised in: , ,

This post was written by Sharon Hambali