• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Gadget
  • >
  • 10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Oppo F1 Plus

10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Oppo F1 Plus

Oppo telah meluncurkan flagship selfie F1 Plus. Selain kamera Selfie yang menjadi daya tarik utama, ada beberapa keunggulan lain yang harus kamu tahu

Oppo F1 Plus merupakan pembaruan dari flagship smartphone selfie milik produsen asal Cina, yaitu Oppo F1. Selain tambahan kata ‘Plus’, pembaruan yang paling menonjol adalah kamera depan 16 MP yang membuat smartphone ini menjadi pilihan tepat untuk selfie. Berikut adalah perbandingan antara Oppo F1 Plus dan Oppo F1.


Tipe Oppo F1 Plus Oppo F1
Harga Rp5,5 juta Rp3,5 juta
Bodi 151,8 x 74,3 x 6,6 mm
145 gram
143,5 x 71 x 7,25 mm
134 gram
Prosesor MediaTek Helio P10
(octa-core 2.0 GHz)
Qualcomm Snapdragon 616 octa-core
(quad-core 1.7 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.0 GHz Cortex-A53)
GPU Mali-T860MP2 Adreno 405
RAM 4 GB 3 GB
Storage 64 GB 16 GB
Layar AMOLED 5,5 inci (1920 x 1.080 piksel) IPS 5 inci (1280 x 720 piksel)
Kamera Belakang 13 MP
depan 16 MP
Belakang 13 MP
depan 8 MP
Baterai 2850 mAh 2500 mAh
Sistem operasi ColorOS 3.0 (Android 5.1) ColorOS 2.1 (Android 5.1)
Jaringan Dual-SIM 4G Dual-SIM 4G
Sensor Fingerprint, accelerometer, proximity, compass Accelerometer, proximity, compass

Selain resolusi kamera depan yang tinggi, bagian internal smartphone ini juga sangat menggiurkan. Misalnya penggunaan prosesor berkecepatan 2 GHz yang ditemani RAM 4 GB, yang membuat smartphone ini siap untuk menjalankan banyak aplikasi sekaligus.

Jadi bagi kamu yang penasaran dengan Oppo F1 Plus, berikut adalah 10 hal yang perlu kamu ketahui tentang smartphone ini.

1. Bodi elegan

10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Oppo F1 Plus2

Sumber: Pricepony

Dimulai dari bagian luar, yaitu bodi berbahan magnesium alloy dengan desain unibodi yang membalut seluruh bagian Oppo F1 Plus. Dengan menggunakan bahan tersebut membuat smartphone ini sangat tipis dan ringan. Sebagai perbandingan, ketebalan Oppo F1 Plus (6,6 mm) bahkan lebih tipis dari iPhone 6 Plus (7,4 mm). Begitu juga dengan berat smartphone ini yang hanya 145 gram, sudah pasti nggak membuat tangan kamu pegal.

2. Kamera depan dengan resolusi tinggi

10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Oppo F1 Plus3

Sumber: Oppo

Sesuai dengan slogan smartphone ini, yaitu ‘Selfie Expert’. Resolusi kamera depan Oppo F1 Plus adalah 16 MP, lebih besar dibandingkan kamera belakang yang hanya 13 MP. Selain itu kamera depan smartphone ini menggunakan bukaan lensa f/2.0 yang membuatnya mampu menerima cahaya empat kali lebih banyak dibandingkan smartphone pada umumnya.

Ada juga teknologi ISOCELL yang dapat mengurangi gangguan antar piksel, sehingga gambar yang dihasilkan lebih tajam dan memiliki noise yang rendah. Untuk mempercantik tampilan kamu, ada fitur Beautify 4.0 yang bisa mencerahkan kulit dan menghaluskan noda di wajah.

3. Dukungan sensor sidik jari

10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Oppo F1 Plus4

Sumber: Droidline

Salah satu fitur yang menjadi tren smartphone Android 2016, adalah sensor sidik jari. Namun, enggak seperti smartphone Android lain yang meletakkan sensornya di bagian belakang, Oppo F1 Plus meletakkan sensor sidik jari di bagian depan, melekat dengan tombol fisik ke beranda.

Kemampuan memindai sidik jari pun sangat cepat, yang mana Oppo mengklaim bahwa pengguna dapat membuka layar hanya dalam waktu 0.2 detik.

Mengisi daya cepat dengan VOOC Flash Charge

10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Oppo F1 Plus5

Sumber: Palingbaru.com

Kapasitas baterai smartphone ini memang enggak terlalu besar, mengingat ketebalan Oppo F1 Plus sangat tipis. Namun bukan berarti smartphone ini enggak cocok untuk menemani aktivitas harian kamu karena ada teknologi mengisi daya khusus yang telah dikembangkan oleh Oppo, yang disebut dengan VOOC Flash Charge.

Jadi cara kerja teknologi ini adalah dengan membagi baterai utama menjadi dua bagian, dengan papan pengisian dan saluran daya yang berbeda-beda. Sehingga masing-masing bagian akan mengisi daya secara bersamaan. Dalam uji coba yang dilakukan oleh GSM Arena, mengisi daya dari nol persen sampai 100 persen hanya memerlukan waktu kurang dari satu jam.

5. Prosesor yang kencang

Dengan harga Rp5,5 juta, Oppo F1 tentunya sudah dilengkapi dengan prosesor yang mumpuni, yaitu prosesor Mediatek MT6755 Helio P10 dengan delapan inti utama berkecepatan masing-masing 2 GHz. Dari hasil uji coba GeekBench 3 yang dilakukan oleh GSM Arena, kemampuan prosesor ini enggak jauh berbeda dengan smartphone high-end lain, seperti Huawei P8 dan Samsung Galaxy S5.

6. Memori internal yang lega

Selain memiliki dukungan terhadap memori eksternal berupa MicroSD, kapasitas penyimpanan internal Oppo F1 Plus sebenarnya sudah cukup besar, yaitu 64 GB. Kapasitas ini sudah cukup untuk menampung ribuan koleksi foto dan musik yang kamu miliki. Apabila masih kurang, kamu bisa dengan mudah memanfaatkan memori eksternal yang bisa membaca MicroSD hingga ukuran 128 GB.

7. Siap menjalankan banyak aplikasi

Selain prosesor yang mumpuni, Oppo F1 Plus juga menggunakan kapasitas RAM 4 GB, kapasitas yang cukup besar untuk smartphone. Dengan kapasitas ini, sudah bisa dipastikan kamu bisa menjalankan banyak aplikasi sekaligus tanpa beban. Serta membuat performa smartphone ini tetap stabil.

8. Layar dengan teknologi AMOLED

10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Oppo F1 Plus6

Sumber: AndroidAuthority.net

AMOLED merupakan singkatan Active Matrix OLED, yaitu teknologi layar hybrid yang menggabungkan teknologi Active Matrix dengan layar TFT sehingga memiliki respon piksel yang lebih cepat dan variasi warna yang lebih banyak. Selain itu ukuran 5,5 inci dan resolusi full-HD 1920×1080 piksel merupakan spesifikasi yang tepat untuk menikmati berbagai jenis hiburan video di Oppo F1 Plus.

9. Kartu SIM dan MicroSD menjadi satu

Oppo tampaknya sangat paham dengan kebutuhan pengguna Android yang memerlukan kapasitas memori yang besar dan fitur Dual-SIM, khususnya untuk pengguna di negara-negara berkembang.

Maka dari itu, Oppo F1 Plus dilengkapi dengan slot kartu Dual-SIM yang bisa bertransformasi menjadi slot MicroSD untuk memori tambahan. Jadi bagi pengguna yang ingin menggunakan lebih dari satu operator selular tetap bisa menggunakan fitur Dual-SIM. Sedangkan yang enggak terlalu perlu, bisa memanfaatkannya untuk menambah kapasitas memori penyimpanan.

10. Dukungan jaringan yang luas dan cepat

Selain sudah mendukung teknologi 4G di kedua SIM. Oppo F1 Plus juga menggunakan teknologi Cat.6 LTE dengan kecepatan unduhan yang mencapai 300 Mbps dan kecepatan unggah yang mencapai 50 Mbps. Disamping itu fitur 2×20 carrier aggregation membuat Oppo F1 Plus siap digunakan untuk traveling kemana pun karena dukungan jaringan yang luas.

Makin penasaran? Yuk cek harga Oppo F1 Plus sekarang!

Sumber gambar utama: Oppo

Categorised in: , ,

This post was written by Gunawan Saputra