• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Gadget
  • >
  • 5 Tips Fotografi Menggunakan Smartphone yang Perlu Kamu Ketahui

5 Tips Fotografi Menggunakan Smartphone yang Perlu Kamu Ketahui

Tips menarik fotografi pakai smartphone. Mulai dari menentukan objek, mengatur cahaya, hingga menggunakan aplikasi edit foto.

Kualitas kamera di smartphone yang semakin bagus telah memungkinkan semua orang untuk mengambil berbagai foto-foto menarik, tanpa memerlukan perangkat-perangkat mahal seperti kamera DSLR (Digital Single-Lens Reflex). Atau jenis kamera poket mirrorless yang sedang naik naik daun.

Namun untuk bisa menghasilkan foto yang benar-benar bagus tentunya memerlukan teknik tertentu. Mengingat kemampuan kamera smartphone sangatlah terbatas, nggak seperti kamera DSLR. Yang mana kamu bisa melakukan berbagai pengaturan manual, bahkan mengganti-ganti lensa.

Jadi untuk bisa mengambil foto yang bagus menggunakan smartphone. Berikut adalah5 tips fotografi menggunakan smartphone yang perlu kamu ketahui. Tips-tips berikut nggak akan langsung membuat foto kamu menjadi bagus. Karena fotografi merupakan kemampuan yang perlu dipelajari dan diasah berkali-kali. Jadi tips berikut akan mempercepat proses kamu belajar fotografi.

Gunakan grid foto

Tips Fotografi Smartphone2

Sumber gambar: Burak Kebapci

Tips pertama yang perlu kamu perhatikan saat hendak mengambil foto adalah menggunakan fitur grid yang akan membantu kamu mengatur posisi objek yang akan diambil. Fitur ini biasanya perlu diaktfikan terlebih dahulu di bagian pengaturan kamera. Kemudian akan muncul garis-garis horizontal dan vertikal di layar smartphone kamu.

Garis-garis itulah yang akan menjadi panduan kamu, layaknya sebuah bingkai foto. Misalnya kamu ingin agar objek utama berada tepat di tengah atau di sisi kanan. Yang perlu kamu lakukan adalah mengarahkan smartphone agar berada di bingkai bagian tengah atau berada di bingkai bagian sisi kanan.

Memilih cahaya yang tepat

Tips Fotografi Smartphone3

Sumber gambar: Tyler Hendi

Kondisi cahaya bisa dibilang salah satu faktor yang membuat hasil foto kamu bagus atau nggak. Semakin terang cahaya maka akan semakin bagus hasil foto yang kamu ambil. Selain itu, cahaya alami dari sinar matahari juga akan menghasilkan bayangan dari objek yang juga bisa kamu manfaatkan.

Jadi saat hendak mengambil foto, perhatikan dari mana sumber cahaya berasal dan kemana arah bayangannya. Apabila bayarangan jatuh ke arah kamu, ada baiknya kamu pindah sehingga bayangan jatuh di belakang kamu.

Tips lain yang perlu kamu perhatikan adalah cahaya alami yang masuk ke dalam ruangan. Cahaya jenis ini akan menghasilkan berbagai jenis warna. Apabila kamu tetap mengambil foto dengan kondisi cahaya seperti ini, kamu akan mendapatkan hasil campuran warna cahaya. Jadi kamu bisa menggunakan efek hitam putih, sehingga hanya ada satu warna cahaya yang dibaca oleh kamera.

Baca juga: 5 Smartphone Selfie Terbaik di Bawah Rp3 Juta

Sentuh untuk fokus

Tips Fotografi Smartphone4

Sumber gambar: Negative Space

Mengingat sebuah momen terjadi begitu cepat, terkadang kamu mengambil smartphone dan menangkap foto begitu saja. Nggak ada salahnya, karena kamera smartphone sekarang sudah cukup pintar dan melakukan fokus secara otomatis. Akan tetapi nggak semua smartphone memiliki fitur tersebut.

Jadi untuk memastikan kamu mendapat foto yang bagus ada baiknya selalu meluangkan waktu untuk membantu kamera smartphone kamu. Dengan menyentuh objek yang ingin kamu ambil di layar. Langkah ini akan membantu kamera mengetahui objek apa yang ingin kamu ambil dan mengatur berapa jumlah cahaya yang diperlukan untuk mengambil foto.

Selain itu, hal terpenting pada bagian ini adalah kamu juga bisa mengatur jumlah cahaya. Misalnya kamu bisa menyentuh layar berkali-kali untuk mendapatkan kondisi cahaya yang tepat, sehingga hasil foto kamu nggak terlalu gelap. Hal ini juga dapat menghemat waktu kamu dalam proses edit foto.

Menggunakan alat tambahan

Tips Fotografi Smartphone6

Sumber gambar: Jano Gepiga

Kamera smartphone memiliki kemampuan yang terbatas, kamu nggak bisa dengan mudah menggantikan lensa seperti kamera DSLR. Jadi kamu bisa menggunakan beberapa alat tambahan untuk memaksimalkan fotografi kamu menggunakan smartphone.

Seperti menggunakan tripod smartphone untuk membantu kamu mengambil gambar yang tajam. Atau tongsis untuk membantu kamu mengambil foto selfie. Ada juga lensa tambahan yang bisa meningkatkan kemampuan lensa smartphone. Seperti untuk mengambil foto jarak jauh maupun foto landskap.

Cek harga Tripod Smartphone sekarang!

Maksimalkan dengan aplikasi edit foto

Tips Fotografi Smartphone5

Sumber gambar: Freestocks.org

Pada tips pertama sampai keempat kamu sudah mengetahui hal-hal yang perlu kamu ketahui saat hendak mengambil foto. Tips terakhir yang perlu kamu lakukan adalah melakukan edit terhadap foto-foto yang telah kamu ambil.

Beberapa aplikasi edit foto yang bisa kamu gunakan adalah VSCOCam , Hipstamatic , dan Instagram . Aplikasi-aplikasi tersebut bisa kamu gunakan dengan gratis. Dengannya kamu bisa memotong atau mengecilkan gambar, mengatur kecerahan, dan menambahkan berbagai jenis efek.

Dari 5 tips di atas, kamu pastinya sudah bisa memahami dasar-dasar untuk melakukan fotografi menggunakan smartphone. Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mencoba tips-tips di atas dan pastinya hasil foto kamu menggunakan smartphone menjadi lebih keren.

Sumber gambar utama: Henry Marsh

Categorised in: , ,

This post was written by Krisna Wijaya