5 Transportasi Masa Depan yang Bisa Kamu Naiki Segera

Sejumlah sarana transportasi canggih ternyata sedang dikembangkan untuk digunakan pada masa yang akan datang. Yuk lihat apa saja transportasi masa depan tersebut.

Masa depan akan segera datang dan mengubah seluruh aspek kehidupan, termasuk alat transportasi yang kamu gunakan. Saat ini, kamu mungkin sudah familiar dengan sarana transportasi umum, seperti mobil, motor, kereta, dan pesawat.

Namun, di lain sisi, beberapa ahli ternyata sedang sibuk mengembangkan sarana transportasi masa depan. Beberapa proyek pengembangan tersebut ada yang masih dalam tahap desain dan ada juga yang sudah masuk uji coba.

Jadi, bagi kamu yang penasaran,bisa membaca lebih lanjut tentang lima transportasi masa depan yang mungkin akan bisa kamu nikmati segera.

Hyperloop

5 Transportasi Masa Depan Yang Bisa Kamu Naiki Segera2

Sumber: The Verge

Hyperloop merupakan salah satu sarana transportasi masa depan yang akan bekerja dengan kecepatan ultrasonik dan akan segera hadir. Proyek transportasi berbentuk kapsul yang bergerak di dalam pipa raksasa ini digagas oleh Elon Musk, yang merupakan pendiri mobil listrik Tesla dan perusahaan roket luar angkasa Space X sejak tahun 2013.

Alat ini bekerja dengan memanfaatkan tekanan udara rendah dari pipa yang menjadi lintasannya. Tekanan yang rendah membuat gaya gesek di dalam kapsul menjadi semakin kecil sehingga kapsul mampu melesat hingga kecepatan 1.200 km/jam. Nantinya transportasi ini akan beroperasi dengan menggunakan tenaga matahari sepenuhnya.

Prototipe dari Hyperloop sedang dikembangkan di California, Amerika Serikat. Beberapa waktu lalu, tim pengembang ini juga sudah melakukan uji coba sederhana dan berikut ini adalah video singkatnya.

Jetpack

5 Transportasi Masa Depan Yang Bisa Kamu Naiki Segera3

Sumber: Martinjackpack.com

Pastinya jetpack bukan lagi suatu alat transportasi yang asing bagi kamu karena benda ini sangat sering muncul di film maupun game. Namun, alat ini bukan menjadi mimpi lagi. Pasalnya, Glenn Martin, seorang ahli penerbangan, sudah berhasil mengembangkan jetpack yang diluncurkan di bawah nama Martin Jetpack.

Glenn sendiri telah mengembangkan alat tersebut selama lebih dari 30 tahun. Hasil kerja kerasnya itu telah berhasil membawa Glenn sebagai salah satu dari 50 temuan terbaik menurut majalah TIME yang dirilis pada tahun 2010.

Selain mengembangkan jetpack untuk keperluan pribadi, Martin Jetpack juga melakukan kolaborasi dengan beberapa perusahaan lain. Salah satunya adalah kolaborasi dengan pemain golf profesional Bubba Watson untuk membuat jetpack khusus untuk pemain golf.

Dengan jetpack khusus golf tersebut, para pemain golf bisa dengan mudah memantau kondisi lapangan golf dan pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Selain itu, para pemain tentunya bisa dengan mudah meletakkan semua perlengkapan golf mereka di jetpack tersebut.

Scarab

5 Transportasi Masa Depan Yang Bisa Kamu Naiki Segera4

Sumber: Tuvie

Apa kamu pernah berandai-andai jika memiliki kendaraan kecil yang fleksibel seperti motor, tapi memiliki keamanan setingkat mobil? Hal itu bukan mimpi lagi karena David Miguel Moreira Goncalves, seorang desainer alat transportasi, telah mendesain sarana transportasi tersebut.

SCARAB adalah benda yang didesain sangat futuristik dengan tiga roda dan tutup pelindung di bagian atas. Sekilas benda ini menyerupai sebuah kapsul.

SCARAB didesain sebagai kendaraan yang efisien, dan ramah lingkungan, serta memenuhi permintaan pengguna yang ingin ruangan personal. Selain ukurannya yang lebih kecil dari mobil pada umumnya, SCARAB juga dapat dilipat sehingga kendaraan ini mudah untuk diparkir.

Sedangkan untuk bahan bakar, terdapat tiga cara alternatif yang bisa kamu pilih, yaitu baterai, biofuel, dan fuel cell. Kendaraan ini bisa kamu gunakan secara manual dan juga secara otomatis dengan fitur auto pilot.

Bagaimanapun, SCARAB baru berada dalam tahap desain dan belum dikembangkan sama sekali.

Skytran

5 Transportasi Masa Depan Yang Bisa Kamu Naiki Segera5

Sumber: Designboom.com

Skytran bisa dibilang merupakan solusi transportasi masa depan yang bebas macet karena benda ini nggak berjalan di darat, tapi melayang di lintasan khusus yang telah dibuat. Singkatnya, benda ini mirip dengan monorail, tapi dengan desain yang lebih kecil dan hanya untuk perorangan.

Cara kerjanya pun berbeda dengan monorail. Skytran bekerja dengan mengandalkan kekuatan dari gaya gravitasi, magnet, dan juga sedikit tenaga listrik. Benda ini mengonsumsi sedikit listrik karena hanya digunakan untuk perjalanan awal. Setelah itu, Skytran akan menggunakan daya tarik magnet untuk sampai ke tujuan. Dengan teknologi ini, Skytran mampu berlari hingga kecepatan 241 km/jam.

Tel Aviv, perusahaan asal Israel yang mengembangkan Skytran, berencana akan mendemonstrasikan sarana transportasi ini pada akhir tahun 2016. Kemudian, akan diterapkan di Abu Dhabi pada awal tahun depan.

Skylon

5 Transportasi Masa Depan Yang Bisa Kamu Naiki Segera6

Sumber: Dailytech

Pada masa yang akan datang, kamu bisa pergi dari London ke Sydney hanya dalam waktu 4 jam lho. Hal ini bisa kamu lakukan dengan menaiki pesawat terbang bernama Skylon yang sedang dibuat oleh Reaction Engines Limited (REL), perusahaan dari Inggris, sejak tahun 2013.

Skylon yang memiliki kecepatan lima kali kecepatan suara ini nggak hanya bisa membawa kira-kira 300 penumpang dari satu belahan dunia ke belahan dunia lain dengan cepat. Namun, juga bisa membawa muatan sampai dengan 15.000 kg ke luar angkasa.

Sarana transportasi ini dirancang untuk mampu melakukan penerbangan ke luar angkasa hingga lebih dari 200 kali perjalanan. Artinya, apabila Skylon sudah diproduksi secara masal, maka perjalanan ke luar angkasa akan semakin terjangkau.

Bagaimanapun, Skylon sedang tahap pengembangan dan apabila berjalan lancar, prototipe pertama akan ditampilkan ke publik pada tahun 2017 nanti. Setelah itu, tahap berikutnya dilanjutkan dengan uji coba mesin pesawat ini yang rencananya akan dilakukan pada tahun 2019.

Kelima transportasi masa depan ini benar-benar keren seperti yang ada di film-film bergenre sci-fi, kan? Apakah kamu tau sarana transportasi masa depan lain?

Sumber gambar utama: Fastcoexist.com

Categorised in: , ,

This post was written by Caroline Winata