• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Gadget
  • >
  • 7 Alasan Kuat Untuk Nggak Beli Samsung Galaxy Note 7

7 Alasan Kuat Untuk Nggak Beli Samsung Galaxy Note 7

Samsung Galaxy Note 7 diisukan sebagai smartphone tercanggih di 2016. Tapi, masih banyak hal yang kurang dari smartphone ini. Yuk, kita simak.

Samsung baru saja merilis Galaxy Note 7 pada bulan Agustus 2016. Gadget yang diisukan sebagai salah satu smartphone Android terbaik di 2016 ini memang sudah menarik banyak perhatian konsumen, apalagi dengan fitur menonjol, iris scanner. Jika dilihat secara keseluruhan, smartphone ini memang top banget, tapi sebenarnya masih ada banyak kekurangan yang perlu kamu ketahui.

Nah, seperti apa sih jeroan dari Samsung Galaxy Note 7 ini? Apakah smartphone ini pantas menjadi smartphone terbaik 2016? Simak juga beberapa kekurangan Galaxy Note 7 di ulasan ini.

 

Samsung Galaxy Note 7 Samsung Galaxy S7 Edge
Konektivitas 4G LTE dual SIM 4G LTE dual SIM
Versi Android Android OS v6.0.1 (Marshmallow) Android OS v6.0 (Marshmallow)
Bodi 153.5 x 73.9 x 7.9 mm 150.9 x 72.6 x 7.7 mm
Ukuran layar 5.7 inci 5.5 inci
Tampilan Super AMOLED dengan kerapatan 518 ppi Super AMOLED dengan kerapatan 534 ppi
Kamera Belakang: 12 MP, f1/7, OIS, LED flash
Depan: 5 MP, f1/7, Auto HDR
Belakang: 12 MP, f1/7, OIS, LED flash
Depan: 5 MP, f1/7, Auto HDR
CPU Exynos 8890 octa core Exynos 8890 octa core
GPU Mali-T880 MP12 Mali-T880 MP12
Memori Internal: 64 GB
Eksternal: MicroSD sampai dengan 128 GB
Internal: 32 GB/ 64 GB
Eksternal: MicroSD sampai dengan 128 GB
RAM 4 GB 4 GB
Baterai Non-removable 3500 mAh Non-removable 3600 mAh

 

1. RAM yang hanya sekedar cukup

Alasan Kuat Untuk Nggak Beli Samsung Galaxy Note 7 2

Sumber: RecklessStudios
Sebelumnya, ada rumor yang berkata kalau Samsung Galaxy Note 7 akan memasangkan RAM yang cukup besar, yaitu 6 GB. Namun, ternyata Galaxy Note 7 hanya dilengkapi RAM sebesar 4 GB. Walaupun RAM 4 GB sebenarnya sudah termasuk lebih dari cukup, tapi alangkah baiknya kalau Note 7 bisa memberikan lebih.

2. Masih menggunakan prosesor lama

Alasan Kuat Untuk Nggak Beli Samsung Galaxy Note 7 3

Sumber: iPhoneDigital
Dengan chipset keluaran tercanggih dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 821 dan kemungkinan Snapdragon 823 yang mempunyai performa 10% lebih cepat, Samsung masih belum berani memasangkan prosesor tercanggih ini.

Hal ini sangat disayangkan karena sudah ada beberapa smartphone seperti Asus Zenfone 3 Deluxe dan Google Nexus 2016 yang kabarnya memakai prosesor ini. Samsung sebagai pengusung Android terkuat harusnya masih bisa memberikan performa yang lebih terbaik dalam smartphone ini.

3. Masih menggunakan kamera lama

Kamera Galaxy Note 7 masih nggak berubah dari Galaxy S7 Edge, yaitu kamera belakang dengan 12 MP dan kamera depan dengan 5 MP. Meski kualitas kameranya masih yang paling baik saat ini, namun pecinta gadget berharap ada peningkatan dari smartphone Samsung sebelumnya.

Masih ada beberapa fitur yang belum sempurna dari segi kamera, seperti nggak adanya EIS (Electronic Image Stabilization) dan Super HDR. Kekurangan ini memang nggak terlalu signifikan, namun sedikit bikin gregetan karena smartphone ini termasuk salah satu smartphone Android 2016 terbaik dan terbaru.

Baca juga: 10 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Membeli Samsung Galaxy S7

4. Harga vs spesifikasi

Secara spesifikasi keseluruhan, Galaxy Note 7 nggak banyak berubah jika dibandingkan dengan Galaxy S7 Edge. Malahan, spesifikasi Galaxy Note 7 hampir identik dengan Samsung Galaxy S7 Edge. Hal ini cukup mengecewakan karena Galaxy Note 7 bisa dikatakan sebagai “Galaxy S7 Edge plus stylus”.

Galaxy Note 7 kabarnya akan dijual dengan harga kurang lebih Rp10 jutaan. Harga tinggi ini nggak sebanding dengan jeroannya yang hanya sebatas cukup, meski kamera Galaxy Note 7 sangat unggul. Di lain pihak, OnePlus 3 yang seharga Rp5 jutaan juga sudah memiliki kamera yang sangat baik, spesifikasi top, serta RAM 6 GB. Bingung kan kenapa kamu harus berpikir untuk membeli Galaxy Note 7 sekarang.

5. Iris Scanner

Alasan Kuat Untuk Nggak Beli Samsung Galaxy Note 7 4

Fitur ini boleh saja jadi sorotan kehebohan Galaxy Note 7, tapi kalau dipikirkan lagi, apakah benar fitur ini lebih praktis?

Ketika kamu ingin membuka layar kunci, kamu tetap harus meng-swipe layar smartphone kamu ke atas. Setelah itu, kamu harus memastikan presisi letak lingkaran layar dengan bola mata kamu. Kalau fitur pengenal iris nggak mengenali kamu, smartphone nggak akan terbuka dan kamu harus tetap membuka lewat password atau sensor sidik jari. Belum lagi kalau kamu menggunakan lensa kontak atau kacamata, pasti akan membutuhkan beberapa kali percobaan.

Memang fitur ini membuat smartphone terlihat lebih aman dan futuristik, tapi kalau nggak lebih praktis, mending kamu pakai sensor sidik jari saja yang sudah sangat cepat.

6. Kurang varian

Alasan Kuat Untuk Nggak Beli Samsung Galaxy Note 7 5

Sampai saat ini, masih belum ada kabar kalau Galaxy Note 7 akan dirilis dalam berbagai varian, seperti yang dilakukan pada Galaxy S7 dan S7 Edge. Bahkan, Galaxy Note 7 bisa dibilang sebagai varian dari Galaxy S7!

Buat yang kurang suka dengan layar lengkung alias edge dari Samsung, kamu sepertinya akan sangat kecewa karena varian Galaxy Note 7 hanya mempunyai layar lengkung.

7. Nggak ada modul tambahan

Salah satu kelemahan Samsung yang paling disayangkan adalah kurangnya modul yang bisa membuat smartphone lebih berguna. Alangkah baiknya kalau calon pembeli mendapat perlengkapan modul seperti Moto Mods pada Motorola ataupun LG Friends.

Walaupun sudah ada lens cover, produk tambahan yang ditawarkan oleh Samsung untuk smartphone ini sangat terbatas, seperti casing dan keyboard cover yang nggak terlalu menaikkan fungsi dari smartphone kamu.


Secara keseluruhan, Samsung Galaxy Note 7 masih oke dibeli kalau kamu suka mengikuti tren dan punya banyak uang untuk dibelanjakan. Tapi, bagi kamu yang lebih mementingkan fungsi dari smartphone, lebih baik kamu nggak terburu-buru membeli smartphone yang satu ini.

Categorised in: , ,

This post was written by Sharon Hambali