• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Gadget
  • >
  • 5 Aplikasi Untuk Momen Mendaki Gunung yang Aman dan Seru

5 Aplikasi Untuk Momen Mendaki Gunung yang Aman dan Seru

Pakai aplikasi-aplikasi ini untuk kegiatan outdoor-mu, mulai dari navigasi sampai survival ala militer.

Untuk kamu yang sudah sumpek dengan riuh-rendahnya kehidupan di kota besar, melakukan perjalanan ke tempat yang terpencil mungkin bisa jadi pilihan buat refreshing. Pergi ke pantai, mendaki gunung atau menjelajah hutan bisa membuatmu lebih segar karena banyak bergerak, mengurangi stres, dan membuatmu bisa lebih mencintai alam sekitar. Tapi sebelum bepergian, tentunya kamu butuh persiapan. Tak hanya soal barang yang dibawa, tapi juga aplikasi gadget yang tentunya sangat bisa diandalkan untuk keselamatan. Ini lima aplikasi pilihan kami.
MapMyHike

1. MapMyHike

Aplikasi yang satu ini cocok banget untuk kamu yang hobi mendaki gunung. Aplikasi yang tersedia untuk ponsel iOS dan Android ini akan mencatat rute hikingmu, lengkap dengan kecepatan, jarak, jumlah kalori yang dibakar, dan navigasi. Versi dasar aplikasi ini tersedia gratis. Tapi ada juga versi berbayar seharga $5,99 (sekitar Rp78 ribu) yang membuatmu bisa menikmati fitur tambahan seperti bimbingan audio untuk latihan dan kemampuan sharing lokasi secara real time.

MotionXGPS

2. MotionX GPS

Aplikasi ini tersedia hanya untuk pengguna iOS dan berbayar senilai $0,99 (sekitar Rp13 ribu). Harga itu terasa pantas karena MotionX GPS adalah aplikasi yang tak cuma mencatat kegiatan pendakian, tapi bisa juga buat mencatat kegiatan-kegiatan outdoor lain seperti bersepeda, mendayung, berlayar, paralayang, hingga ski. Kelebihan aplikasi ini adalah adanya peta-peta lokasi tertentu yang bisa diunduh secara gratis. Peta-peta tersebut mencakup peta medan jalan raya hingga ke peta pelayaran.

SkyMapAndroid

3. SkyMap

Saat kamu sedang berkemah di gunung dan langit tampak cerah tanpa awan, belum tentu itu waktu yang tepat untuk melihat bintang. Buka aplikasi SkyMap (hanya tersedia untuk ponsel/tablet Android) dan arahkan kamera ke langit. Nanti, aplikasi ini akan mengidentifikasi benda apa yang sedang kamu lihat di langit. Misalnya, yang mana planet Merkurius, mana rasi bintang Sagitarius, dan sebagainya. Sebenarnya, SkyMap juga bisa dipakai di kota. Hanya saja kadang kalau langit kota terlalu kotor karena polusi atau tengah berawan, sulit untuk melihat benda-benda langit di angkasa.

FirstAidAndroid

4. First Aid

Ketika sedang bertualang, tentu kamu nggak mau tertimpa musibah seperti kecelakaan, terbakar, dan sebagainya. Tapi kamu tetap harus bersiap-siap bila terjadi hal-hal yang berbahaya. Nah, upaya pertolongan itu bisa kamu dapatkan di aplikasi First Aid (tersedia untuk iOS dan Android). Di aplikasi ini terdapat cara-cara mengatasi berbagai situasi seperti bila patah tulang, pendarahan, asma, terbakar, dan lain-lain. Disajikan dengan grafik yang jelas membuat upaya pertolongan jadi lebih mudah dilakukan. Kerennya lagi, aplikasi ini gratis dan bebas iklan.

SASSurvivalApp

5. SAS Survival Guide

Kalau First Aid adalah aplikasi yang menyediakan petunjuk pertolongan pertama, aplikasi SAS Survival Guide ini menyediakan petunjuk tentang cara bertahan hidup di alam liar. Aplikasi ini menyediakan petunjuk untuk bertahan hidup di berbagai medan seperti di perkemahan, di laut, di gurun dan di perkotaan. Deretan tips berguna yang disajikan di aplikasi ini datang dengan gambar atau video yang membuatnya mudah dimengerti. Versi lite aplikasi ini tersedia gratis untuk gadget iOS dan Android. Untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap, terdapat aplikasi berbayar seharga Rp69 ribu hingga Rp79 ribu.

Dengan berbagai aplikasi untuk mendaki gunung di atas, seharusnya kamu sudah siap untuk mengemas peralatanmu dan melakukan petualangan alam liar, kan?

Baca Juga :
Aplikasi GPS untuk Menembus Kemacetan di Ibukota
Aplikasi Wajib Pakai Bagi yang Hobi Berolahraga

Categorised in: , , ,

This post was written by Kak Moza