• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Gadget
  • >
  • Review OnePlus X: Smartphone Android Premium dengan Harga Murah

Review OnePlus X: Smartphone Android Premium dengan Harga Murah

Sebelum belanja gadget di bulan Ramadan, coba cek review OnePlus X ini dulu!

OnePlus, perusahaan smartphone dari Cina yang dikenal sebagai pembuat smartphone killer, kini kembali mengagetkan pasaran smartphone namun dengan cara yang berbeda. Smartphone dengan desain premium dan harga yang sangat terjangkau, inilah kalimat yang paling tepat untuk mendeskripsikan OnePlus X.

Dengan harga yang relatif murah yaitu USD 249 atau 3.300.000 rupiah saja, kamu bisa mendapatkan smartphone Android berkualitas yang spesifikasinya setara dengan smartphone seharga dua kali lipatnya!

Namun apakah benar ada smartphone seideal ini? Mari kita lihat ulasan OnePlus X.

Desain, Layar, dan Kekuatan Internal

review oneplus x smartphone android premium 1

Bodi OnePlus X terbuat dari kaca Corning Gorilla Glass 3 (ya, kamu nggak salah baca!) dan dikelilingi bingkai metal, disertai ukiran yang sangat teliti di bodi maupun tombolnya. Smartphone ini memiliki layar AMOLED 5 inci beresolusi 1920 x 1080 piksel dengan 441 ppi (piksel per inci) yang membuatnya sangat terang dan berwarna akurat. OnePlus X memiliki tampilan interface berwarna hitam. Berkat teknologi layar AMOLED, kamu bisa menghemat energi bila menggunakan warna gelap di smartphone.

Dengan OS Oxygen 2.2 di atas Android Lollipop 5.1.1, kamu akan mendapatkan pengalaman yang simple layaknya di smartphone dengan stock Android, seperti di HP Android One serta Nexus yang bersih dari bloatware dan fitur-fitur gimmick yang jarang digunakan.

review oneplus x smartphone android premium 2

OnePlus X dibekali dengan Qualcomm Snapdragon 801 quad-core 2,3 GHz, RAM 3 GB, memori internal 16 GB (bisa ditambahkan dengan MicroSD hingga 128 GB), baterai berkapasitas 2.525 mAh, serta fitur dual-SIM.

OnePlus X memiliki prosesor yang sedikit lebih lambat daripada kakaknya OnePlus One, dan kapasitas baterainya juga termasuk kecil. Namun OnePlus meyakini kalau kekuatan yang menjadi standar smartphone flagship satu setengah tahun lalu, masih mampu memberikan pengalaman yang gesit.

Baca juga: 5 Smartphone Android di Bawah 2,5 Juta untuk Main Game

Fitur-Fitur Unik

OnePlus X menyediakan beberapa fitur unik yang semakin memudahkan pengalaman memakai smartphone. Yang pertama, ketika layar sedang mati, kamu bisa melakukan double tap di atas layar untuk membuka layar, menggambar huruf O untuk membuka kamera, menggambar huruf V untuk menyalakan senter, serta menggambar simbol < atau > untuk mengontrol musik.

Kedua, fitur Ambient Display dimana layar akan memunculkan tulisan singkat berupa waktu, tanggal, dan pemberitahuan notifikasi, ketika layar sedang keadaan mati. Fitur ini dapat dimunculkan hanya dengan melambaikan tangan di atas layar atau ketika kamu mengeluarkan smartphone dari kantong kamu. Praktis kan?

review oneplus x smartphone android premium 3

Ketiga, Alert Slider seperti di OnePlus Two yang ada di sebelah kiri smartphone. Dengan ini, kamu bisa mengubah profil notifikasi kamu tanpa harus membuka layar. Ada tiga jenis, yaitu None, Priority, dan All. Untuk jenis Priority, kamu bisa leluasa mengatur notifikasi apa saja yang bisa muncul di setting App Notifications.

Fitur-fitur lainnya, antara lain fitur Shelf yang ada di home screen paling kiri, dimana kamu bisa melihat cuaca, aplikasi yang sering kamu pakai, kontak terakhir, serta memasukkan widget. Kemudian kebebasan untuk mengubah berbagai tampilan seperti letak tombol navigasi di dalam atau di luar layar, fungsi tombol navigasi apabila ditekan dua kali atau ditahan, mengubah warna tema, serta warna lampu LED.

Yang Kurang Keren

Memiliki kamera belakang 13 MP f/2.2, phase detection autofocus, dan LED Flash, serta kamera depan 8 MP f/2.4, OnePlus X bisa mengambil gambar yang bagus, tapi nggak wow. Masih banyak smartphone lain yang dapat menghasilkan gambar lebih tajam. Kamera ini cocok jika hanya untuk mengambil foto-foto kasual saja.

Untuk smartphone dengan harga yang sebegitu murahnya, pasti ada fitur-fitur yang dikorbankan.

OnePlus X nggak dilengkapi sejumlah fitur kece seperti NFC (Near Field Communication), USB tipe C, wireless charging, dan fingerprint sensor. Bukan pilihan yang tepat bila kamu mencari smartphone dengan teknologi terkini.

Sejumlah hasil foto kamera belakang OnePlus X:

 

Review OnePlus X Kamera Belakang

Sejumlah hasil foto kamera depan OnePlus X:

review oneplus x kamera depan

Kemudian, untuk operator, pihak OnePlus menjelaskan bahwa OnePlus X sebenarnya sudah mampu 4G, tetapi di Indonesia cuma bisa berjalan di 3G. Hal ini disebabkan OnePlus harus mengikuti regulasi di Indonesia, seperti yang menyangkut Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN). Tetapi ketika coba digunakan, OnePlus X menunjukkan simbol 4G LTE, jadi untuk ketepatan informasi ini masih dipertanyakan.

review oneplus x smartphone android premium 4

 

Dari hasil ulasan ini, OnePlus X adalah smartphone yang mampu memberikan pengalaman premium dan sederhana dengan harga terjangkau. Namun dengan harga tersebut, jangan heran apabila OnePlus X bukanlah smartphone tercanggih yang ada saat ini.

OnePlus X sangat direkomendasikan untuk kamu yang butuh smartphone keren secara penampilan tetapi nggak mementingkan fitur-fitur yang terlalu modern. Smartphone ini akan memenuhi kebutuhanmu dengan baik untuk satu hingga dua tahun ke depan.

Kamu dapat membeli OnePlus X di Indonesia dengan cicilan 0% no minimum.

Categorised in: , ,

This post was written by Gunawan Saputra