• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Gadget
  • >
  • Pro dan Kontra Memilih Smartphone Brand Terkenal dan Brand Indie

Pro dan Kontra Memilih Smartphone Brand Terkenal dan Brand Indie

Bingung memilih antara smartphone dengan brand terkenal atau brand indie? Berikut ini ulasan kelebihan dan kekurangan kedua brand tersebut.

Pada era yang sudah semakin canggih ini, brand smartphone semakin bermunculan. Setiap perusahaan pencipta ponsel canggih tersebut terus bersaing memberikan inovasi dan mengembangkan gadget buatan terbaiknya.

Alhasil, malah kita yang kerap kali jadi bingung untuk memilihnya. Jika dulu kita cenderung lebih ragu memilih diantara iPhone dengan Samsung, kini sudah banyak brand-brand lain yang tak kalah bagusnya seperti Xiaomi, OnePlus, Vivo, dan lainnya. Semuanya terlihat sangat menjanjikan, membingungkan bukan?

Sebenarnya mending membeli yang mana ya? brand yang sudah memiliki nama saja seperti Samsung ataukah mencoba membeli brand indie seperti OnePlus? Berikut ini adalah penjabaran beberapa hal pro dan kontra memilih smartphone brand terkenal dengan brand indie.

Kelebihan Smartphone Brand Terkenal

SmartphoneSumber: Flickr

1. Spesifikasi terjamin

Smartphone dengan brand terkenal sudah pasti memiliki spesifikasi yang bagus. Misalnya kapasitas RAM dan memori penyimpanan yang besar, kamera beresolusi tinggi, prosesor yang cepat, dan semua komponen-komponen terbaru. Hal inilah yang membuat harga smartphone dari brand terkenal melonjak tinggi. Karena selalu menggunakan komponen terbaru.

2. Desain elegan

Bukan hanya bagian dalam yang menggunakan komponen terbaik. Akan tetapi bagian luarnya juga sangat menawan. Hal itu karena smartphone dari brand terkenal biasanya telah didesain khusus dengan teknologi terkini. Misalnya Samsung Galaxy Note 7 yang didesain dengan lapisan pinggir yang melengkung.

Selain itu, brand terkenal biasanya menggunakan bahan-bahan terbaik. Misalnya iPhone 6s terbuat dari aluminium seri 700 yang merupakan seri aluminium terbaik dan terkuat yang ada di pasaran.

3. Branding

Dengan desain yang cenderung khas dan terlihat elegan membuat orang-orang di sekitarmu juga melihat kamu lebih elegan lho. Tentu branding pada smartphone seperti Samsung dan Apple iPhone sangat kuat sehingga membuat pemakainya lebih bergengsi.

Kekurangan Smartphone Brand Terkenal

SmartphoneSumber: Iphoneforsale

1. Harga

Seperti yang kita ketahui, harga dari produk brand ternama sudah pasti mahal dan bahkan jauh dari harga brand indie lainnya. Harganya berkisar Rp6-10 juta. Akan tetapi, seperti pepatah yang bilang “ada harga ada barang”, kualitas kedua brand tersebut tentu nggak akan mengecewakan.

2. Kurang fleksibel

Hal ini seringkali terjadi di iPhone, karena pengguna nggak bisa dengan mudah mengirim data ke smartphone ini. Misalnya bila kamu ingin mengirim foto dari smartphone ke Android via Bluetooth ke iPhone saja nggak bakalan bisa. Jadi semuanya harus dilakukan dengan produk-produk dari Apple.

3. Aksesoris yang mahal

Dengan hargayang mahal, maka aksesoris-aksesori lain untuk smartphone tersebut juga cenderung mahal. Misalnya kabel charger dan power adapter asli iPhone masing-masing dijual dengan kisaran harga Rp250.000. Jadi, kedua aksesoris tersebut sudah menghabiskan Rp500.000. Belum lagi aksesoris lain, seperti screen guard, case, dan lainnya.

Baca juga: Dear iPhone 7, Kita Masih Susah Move On Dari Audio Jack Smartphone

smartphoneSumber: Flickr

Kelebihan Smartphone Brand Indie

1. Harga

Perbedaan yang paling terasa antara produk brand terkenal dengan brand indie sudah jelas adalah harganya yang lebih murah. Bahkan terkadang perbedaannya cukup signfikan. Misalnya harga sebuah iPhone sama dengan harga dua buah smartphone indie.

Misalnya harga Xiaomi Mi 4i yang berkisar antar Rp2,5 juta. Jadi, bila dibandingkan dengan harga iPhone 6s yang berkisar Rp10 juta, artinya kamu bisa membeli empat buah Xiaomi!

2. Kualitas bagus

Walaupun harganya murah, tetapi kualitas brand indie bisa dibilang cukup bagus. Banyak brand indie yang semakin berlomba-lomba memberikan spesifikasi terbaik, dengan tetap memberikan harga terendah lho.

3. Punya banyak pilihan

iPhone dan Samsung biasanya memiliki tipe produk sama yang terus dikembangkan menjadi versi lebih baiknya. Beda halnya dengan brand indie yang meluncurkan berbagai jenis produk gadget, sehingga pengguna bisa membeli sesuai dengan kebutuhan mereka.

Kekurangan Smartphone Brand Indie

1. Desain nggak khas

Ya, karena seperti disebutkan sebelumnya bahwa brand indie cenderung terus berinovasi memberikan berbagai jenis smartphone. Hal ini membuat brand indie nggak memiliki desain yang khas. Bahkan cenderung meniru desain dari brand terkenal.

2. Gengsi

Memakai brand ternama seperti iPhone dan Samsung tentu membuatmu terlihat lebih bergengsi. Sebaliknya, brand indie terlihat kurang bergengsi apabila disandingkan dengan brand ternama. Apalagi orang cenderung mengecap brand indie sebagai pengikut kedua brand terkenal tersebut.

3. Aksesori yang nggak lengkap

Demi bisa menekan harga yang rendah, maka produk-produk indie biasanya dijual dengan aksesori yang nggak lengkap. Misalnya nggak dilengkapi dengan headset dan garansi yang panjang. Artinya, kamu harus membali aksesori tambahan dan apabila terjadi kerusakan harus membayar mahal.

Baca juga: 11 Produk Diproduksi Xiaomi Selain Smartphone dan Tablet


Nah, apakah kamu masih bingung? Bagaimanapun, sebelum kamu membeli sebuah smartphone, ada baiknya mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan di atas.
Kemudian jangan lupa mencarinya di MatahariMall ya, dijamin kamu bisa mendapat harga terbaik!

Categorised in: ,

This post was written by Erine Yovinda