• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Lifestyle
  • >
  • Kayaknya Joko Anwar Gabungkan Plot 5 Film Hollywood Ini untuk Pengabdi Setan

Kayaknya Joko Anwar Gabungkan Plot 5 Film Hollywood Ini untuk Pengabdi Setan

Bagi penikmat film, bisa mengamati bahwa film Pengabdi Setan punya beberapa bagian cerita yang mirip dengan beberapa film Holywood berikut.

Pengabdi Setan versi Joko Anwar sedang jadi fenomena. Sudah ditonton lebih dari 4 juta orang, cukup membuktikan bahwa Joko Anwar memang jago bikin film apapun. Dan bagi orang Indonesia yang doyan nonton horor, maka bagi pembuat film ini memang ladang yang bagus untuk cari keuntungan. Nah, bagi penggemar film, mungkin akan menyadari bahwa Pengabdi Setan versi 2017 ini punya beberapa elemen yang mirip dengan sejumlah film horor Hollywood.

Gaya bercerita mirip The Conjuring

Kalau diperhatikan, Pengabdi Setan versi 2017 ini punya jalan cerita yang cukup lambat. Membuat nuansa horor makin intense. Set rumah tua khas film horor. Dan mengeksplor banyak sudut rumah. Mirip The Conjuring, yang juga sukses besar. Perhatiin nggak, di The Conjuring pertama, hantu-hantu mulai berulah saat subuh. Pengabdi Setan 2017 juga begitu, saat waktu mulai malam, lalu rumah diperlihatkan dari sisi luar kita tahu bahwa sesuatu yang menyeramkan akan kejadian.

 

Anak setan

Semua pasti gemas dengan tokoh Ian, si anak bungsu. Tapi mendekati akhir tentu jadi geram, karena ternyata dia titisan setan. Nggak lucu lagi. Apalagi saat dia merapal kalimat dalam bahasa Jawa dan ternyata ngobrol ama Pocong. Geblek. Nah, soal anak setan ini mirip banget ama The Omen dan Rosemary’s Baby. Film era 80an.

 

Twist mirip Insidious

Si nenek yang meninggal, ternyata nggak meninggal gitu aja. Dia berjuang di alam lain untuk melawan kekuatan jahat, yang ternyata disebabkan oleh Ian. Ini mirip dengan film Insidious pertama. Ada gangguan dari alam lain, yang ternyata bukan dari hantu jahat.

 

Ibu yang Jadi setan dan datang lagi ke rumah

Coba tonton film “Mama.” Film horor ini punya versi panjang (full length feature – istilahnya) dan pendek (short film). Versi pendeknya adalah versi asli, yang membuat sutradara Guillermo del Toro mau memproduksi film panjangnya. Ada kutipan yang sama dari film “Mama” ini… Ibu datang lagi.

Baca juga: yang bikin film horor makin seram, kalau terinspirasi dari kisah nyata. Kayak 5 film ini.

Tentang sekte jahat

A post shared by Joko Anwar (@jokoanwar) on

Film Hollywood tentang sekte jahat lumayan banyak sih dari era 80an. Dan di Indonesia, baru Pengabdi Setan versi baru ini yang membuat tema sekte jahat ini kembali populer. Memuja setan untuk urusan anak, itu mirip Rosemary’s Baby. Tapi memang, Pengabdi Setan hanya mengambil tema anak titisan setan dari film Rosemary’s Baby ini.

Baca juga5 legenda urban menyeramkan yang beredar di sosmed, jangan baca sendirian.

Ada yang belum nonton Pengabdi Setan versi Joko Anwar ini? Nyeremin sih, tapi sayang banget nggak nonton. Film Indonesia terbaik 2017.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza