• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Playlist Lagu Religi yang Wajib Kamu Dengar Selama Ramadan

Playlist Lagu Religi yang Wajib Kamu Dengar Selama Ramadan

Beberapa lagu epic punya kesan mendalam baik bagi pembuat maupun pendengarnya. Beberapa di antaranya adalah lagu-lagu religi di bawah ini.

Ramadan ini tentu akan semakin syahdu kalau dilalui sambil mendengarkan lagu-lagu religi. Banyak lagu-lagu yang secara komersil digubah khusus untuk Ramadan seperti Ramadhan yang Indahnya Seventeen atau Marhaban ya Ramadhan-nya Bagindas. Tapi yang genuine cuma segelintir saja.

Beberapa lagu epic punya kesan mendalam baik bagi pembuat maupun pendengarnya. Beberapa di antaranya adalah lagu-lagu religi di bawah ini.

Baca juga: 5 Lagu Justin Bieber yang Pas buat Jadi Pedoman Hidup Single di bulan Februari

Tombo Ati

caknun

Syair berbahasa Jawa ini merupakan karya Sunan Bonang. Sempat dinyanyikan Opick dalam bahasa Indonesia, tapi yang paling keren adalah saat dibawakan Emha Ainun Nadjib aka Cak Nun bersama Kiai Kanjeng. Liriknya membahas soal obat hati yang ada lima perkara: baca Al Quran dan maknanya, berpuasa, salat malam, zikir, dan berkumpul dengan oran salih.

Ketika Tangan dan Kaki Berkata

Chrisye

Lagu yang dinyanyikan Chrisye ini liriknya diciptakan penyair Taufiq Ismail. Inspirasinya dari ayat 65 Surah Yasin. Lagunya cuma sekali take karena Chrisye sering menangis saat berlatih menyanyikannya. Disapu melodi yang indah, liriknya yang kuat membuat lagu ini bisa menggetarkan hati jika direnungkan.

Peristiwa Subuh

raihan

Lagu ini milik kelompok nasyid Malaysia, Raihan. Liriknya puitis sekaligus bercerita, berbeda dengan kebanyakan lagu Raihan yang biasanya berisi pesan dakwah secara gamblang. Liriknya bercerita tentang orang-orang yang malas saat mendengarkan azan Subuh. Ketimbang bangkit untuk salat, mereka malah lanjut tidur. Kamu enggak gitu kan?

Baca Juga: Playlist Lagu Religi untuk Ramadan

Bermata Tapi Tak Melihat

bimbo

Bimbo memang jagonya bikin lagu-lagu religi. Salah satu yang paling sering diputar adalah Bermata Tapi Tak Melihat. Lirik lagunya seakan mengingatkan pendengarnya bahwa ibadah bukan hanya vertikal melainkan juga horisontal. Istilah kerennya ada kesalehan sosial yang harus dijaga setiap manusia, selain kesalehan ritual.

Untuk Kita Renungkan

ebiet

Lagu karya Ebiet G Ade ini mengingatkan bahwa bencana bukan hukuman dari Tuhan melainkan isyarat agar manusia banyak berbenah. Karena itu, bencana harus dihadapi dengan tabah. Dibalut musik folk yang enak, liriknya pun puitis khas Ebiet.

Nah bagaimana? Lagu-lagunya menggugah hatimu bukan? Mixtape atau playlist lagu religi ini enak banget kalau kamu denger sambil menunggu buka puasa ataupun setelah zuhur. Hitung-hitung ibadah di bulan Ramadan.

Categorised in: ,

This post was written by Kak Moza