• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Panduan Bagi Kamu yang Ingin Umrah Backpacker

Panduan Bagi Kamu yang Ingin Umrah Backpacker

Dalam beberapa tahun terakhir, umrah backpacker lagi ngetrend. Ini panduannya supaya ibadah umrah kamu tenang dan nyaman.

Dalam beberapa tahun terakhir, umrah backpacker lagi ngetrend. Bahkan sudah ada orang yang menulis bukunya dan membuat komunitas umrah backpacker. Setelah munculnya kasus-kasus penipuan umrah, umrah backpacker memang bisa jadi pilihan bagi kamu yang ingin beribadah tanpa takut ditipu, plus disambi jalan-jalan. Jika kamu ingin mencobanya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Apa saja? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Barang Wajib Saat Traveling untuk Semua Zodiac, Menurut Virgo

Tiket Pesawat

tiketumroh

Komponen biaya terbesar umrah ada di tiket pesawat. Karena itu, kamu kudu cari tiket pesawat murah untuk bisa umrah backpacker. Caranya, berburu tiket promo dengan memantau situs pemesanan tiket pesawat. Kalau ada tiket promo, jangan ragu untuk langsung memesannya. Biasanya, tiket pesawat non-promo ke Jeddah memakan biaya sekitar Rp 11,5 juta pulang pergi. Dengan tiket promo, misalnya kamu bisa dapat tiket pulang pergi Rp 1,3 juta. Dengan begitu, kemungkinan besar kamu bisa umrah backpacker dengan total biaya sekitar Rp 8 juta.

Pengajuan Visa Via Travel

visaumrah

Salah satu syarat untuk umrah ke Tanah Suci adalah visa. Karena nggak mungkin bikin visa sendiri, mau nggak mau kamu harus menggunakan jasa biro perjalanan. Hal ini dikarenakan yang bisa bikin visa ke Arab Saudi hanya penyelenggara perjalanan ibadah umrah atau biro perjalanan.

Waktu Mengurus Visa

waktuvisa

Penting kamu ketahui, pengurusan visa umrah cuma bisa dilakukan pada bulan Safar hingga Ramadan dalam penanggalan Hijriah. Pada pertengahan Ramadan, Kedutaan Besar Arab Saudi udah menutup pengajuan visa. Sedangkan setelah Ramadan, Kedutaan Besar Arab Saudi tidak lagi melayani permohonan visa umrah karena mereka sudah harus mengurus visa haji.

Biaya Umrah Reguler yang Tak Ada di Umrah Backpacker

biayaumrah

Kalau umrah regular, ada komponen biaya memberangkatkan ustad atau pemimpin rombongan yang dibebankan kepada jemaah. Biasanya, biro perjalanan akan memberangkatkan satu ustad untuk 10 jemaah umrah. Nah dengan umrah backpacker, kamu praktis tidak perlu membayar biaya pemberangkatan ustad atau pimpinan rombongan. Biaya jemaah umrah regular lain yang tak dikeluarkan umrah backpacker adalah biaya mengurus barang bawaan sampai biaya manasik.

Biaya Penginapan

hotelumrah

Untuk umrah regular, penginapan tentu sudah ditentukan biro perjalanan. Karena itu harganya sudah tetap. Tapi kalau umrah backpacker, kamu bisa memilih penginapan yang relatif lebih murah. Misalnya hotel berbintang 3 ke bawah. Atau kamu juga bisa menyewa apartemen yang murah. Sedangkan untuk makanan, biaya umrah backpacker relatif enggak jauh beda dengan umrah regular.

Bagaimana? Setelah mengetahui sedikit tentang umrah backpacker apakah kamu tertarik?

Categorised in: ,

This post was written by Kak Moza