Nyari Barang Antik Buat Kado Bokap? Di Sini Tempatnya!

Barang antik nggak selamanya usang. Beberapa malah punya nilai yang tinggi dan layak buat dikoleksi atau dijadikan kado untuk bokap kamu.

Mungkin sebagian dari kamu ada yang memikirkan alasan orang tertarik sama barang antik? Coba aja tanya ke mereka yang punya rak dipenuhin botol parfum tua dari tahun ’70-an, atau mereka yang dinding kamarnya dipenuhi poster Marilyn Monroe, atau mereka yang lacinya dipenuhi album berisi kartu basket dari tahun ’80-an. Mereka mungkin bakal ngejawab kalau tiap benda punya cerita unik atau sejarah tersendiri, bisa juga karena kelangkaannya, kualitas, kondisi dan asal muasal benda antik tersebut. Apa pun alasannya, barang antik juga bisa jadi kado yang spesial buat bokap kamu. Nah kalau kalau emang bokap senang mengoleksi barang antik, sebaiknya kamu ajak ke salah satu lokasi yang berada di Jakarta ini. Tempat-tempat ini bisa dibilang pusatnya barang antik dan terlengkap yang bisa kamu temuin saat ini.

Baca juga: 7 Koleksi Wajib Punya Buat Kamu Fanboy Star Wars

1. Jembatan Item Square

A photo posted by Yulian Ardiansyah (@fallenpx) on

Entah dari mana mulanya ditambahin embel-embel square, tapi jangan berharap kamu datang ke area perbelanjaan modern yang nyaman. Dibilang Jembatan Item karena jalan pintu masuk ini benar-benar ngelewatin jembatan warna item yang terletak di Jatinegara. Area ini memang bukan tempat yang disediakan khusus oleh pemerintah, maka jadilah semacam flea market dengan banyak lapak-lapak yang jualan barang-barang antik. Di sini, kamu banyak nemuin kaset-kaset bekas zaman dulu, kamera-kamera polaroid, guci-guci antik, spare part mobil tua, hingga jam-jam antik. Harga di sini lebih bersahabat, tapi kalau kondisinya bagus, ada juga yang berani jual mahal.

Baca juga: Ini Kamera yang Digunakan Para Travel Blogger di Instagram

2. Pasar Poncol

A photo posted by I. Ramadhan (@i_ramadhan) on


Sekilas, tempat ini mungkin kayak pasar loak kebanyakan yang banyak ngejual baju-baju dan sepatu bekas. Tapi, kalo kamu telusuri tiap-tiap kios yang ada di sana, kamu bakal nemuin banyak barang antik yang unik dan berharga. Dari mulai koper kulit tua, perhiasan ala victoria, tas kulit klasik, lampu hias sampai mesin ketik antik. Memang kamu butuh kesabaran ekstra buat nemuin barang antik yang sesuai selera atau paling nggak masih dalam kondisi bagus. Enaknya di pasar ini adalah, tiap-tiap kios udah nyusun barang antik dagangan mereka dengan sangat rapih.

3. Jalan Surabaya

Nah, kalo kamu mau ajak bokap, ini mungkin tempat yang lebih beradab. Pasar barang antik di jalan Surabaya terdiri dari kios-kios dengan penataan yang menarik. Bahkan, tempat ini udah jadi tujuan wisata turis saat ini. Jadi, jangan heran kalo kamu bakal berpapasan dengan banyak turis yang sekadar pengen liat barang-barang unik atau membelinya buat oleh-oleh. Kamu bisa nemuin barang-barang antik, seperti gramaphone tua, piringan hitam langka, perabot atau pajangan dari perunggu, aksesori perak, lampu-lampu antik, kristal sampai galangan kapal. Kualitas barang antik di sini kebanyakan masih bagus karena para pedagang biasanya memoles barang-barang tersebut biar keliatan baru sebelum dijual.

4. Taman Puring

A photo posted by Hadi (@hadifalhiee) on


Mungkin kebanyakan kamu mengenal Taman Puring sebagai surganya sepatu abal-abal. Tapi, jangan salah, kamu juga bisa nemuin banyak barang-barang vintage dan antik di sini. Coba aja kamu lewatin lapak-lapak di pinggirannya. Kamu bisa nemuin aneka lampu antik dan chandeliers. Ada juga pernak-pernik vintage, telepon putar, kaset-kaset lawas sampai perangkat makan kuno. Hanya aja di sini tempatnya agak sumpek dan berbaur dengan banyaknya pedagang sepatu tadi. Bukan cuma mata kamu dilatih melihat barang bagus, keahlian tawar menawar kamu bakal terasah kalau sering belanja di sini.

5. Jakarta Vintage


Nah, kalau kamu pengen berburu barang antik tanpa harus kipas-kipas kepanasan, kamu bisa dateng ke Jakarta Vintage. Sebuah showroom yang terletak di The Darmawangsa Square lantai Basement ini menjual berbagai macam perabotan vintage yang unik dan keren. Berawal dari jualan di blog, Jakarta Vintage kini punya banyak pilihan furnitur tempo doeloe. Walau begitu, Luthfi Hasan, sang pemilik, kadang mendaur ulang perabotan tersebut biar makin keren, tapi tetap mempertahanin sentuhan vintage-nya.

Baca juga: Mau Bergaya Vintage? Kamu Cuma Butuh 5 Barang Ini Aja Kok!

Nah, kira-kira, mana yang cocok buat kado bokap? Atau kamu tertarik berburu barang antik buat koleksi sendiri? Yang penting teliti sebelum membeli. Jangan sampai kamu ketipu membeli barang baru yang keliatan antik atau barang antik yang kondisinya ternyata udah nggak layak buat kamu beli atau jadiin kado.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza