Nikmati Jakarta Sepi Karena Lebaran dengan 7 Cara

Apakah kamu termasuk orang yang selalu menantikan Jakarta lengang, karena sebagian besar penduduk Jakarta mudik untuk berlibur Lebaran?

Kapan lagi nikmati Jakarta yang sepi? Jakarta yang menjadi lengang saat libur lebaran adalah sebuah fenomena seru setiap tahunnya. Seru, karena orang Jakarta terbiasa dengan macet, dan karena semua kantor berita akan mengamati kesibukan arus mudik, termasuk Jakarta yang akhirnya menjadi sepi selama libur lebaran.

Bila kamu sendiri tahun ini tidak melakukan perjalanan pulang kampung, ini yang bisa kamu lakukan .

Nikmati Jakarta yang lengang jalanannya

A photo posted by This is Jakarta (@jakarta) on

Ruas-ruas jalan Jakarta yang lengang adalah fenomena tersendiri. Kondisi yang hanya muncul di saat musim liburan, long weekend, dan libur hari raya yang panjang. Mereka yang mudik setiap tahun tak akan pernah merasakan kenyamanan seperti ini. Gantikan sementara perasaan sesak yang kamu rasakan setiap hari melewati semua ruas jalan di Jakarta, dengan perasaan lega, dan lapang. Bukan hanya lega dan lapang karena macet tidak ada, tapi karena polusi juga berkurang drastis.

Abadikan foto suasana Jakarta saat sepi

A photo posted by This is Jakarta (@jakarta) on


Bila salah satu hobimu adalah fotografi, mengabadikan suasana Jakarta yang lengang di kala liburan lebaran nanti bisa jadi keseruan tersendiri. Datangi titik-titik yang biasanya macet dan padat, lalu foto. Publikasikan di media sosial, seperti Instagram. Untuk apa? Sebagai pengingat saja, bahwa tahun ini kamu sempat merasakan Jakarta yang lengang. Dan info untuk mereka yang mungkin kaget melihat Jakarta bisa lengang seperti itu.

BACA JUGA: Mungkin Kamu Bisa Foto-Foto Di Sini Saat Sepi Lebaran, untuk Instagram-mu

Pergi ke tempat-tempat yang biasanya males didatengin karena jauh


Kalau dipikir-pikir sebenarnya Jakarta itu nggak terlalu luas, dan semua orang setuju kemacetan yang membuat semua orang di Jakarta ini enggan untuk melakukan perjalanan yang membutuhkan waktu lebih dari sejam. Lebaran ini, manfaatkan suasana lengang jalanan untuk pergi ke tempat-tempat yang di hari-hari normal menyebut namanya saja sudah bikin malas karena macet. Misalnya: mau wisata kuliner di Pantai Indah Kapuk atau Kelapa Gading atau Jakarta Barat, main ke Taman Mini, mau Ragunan, mau ke Ancol, main ke taman-taman kota, atau menyambangi coffee shop yang bikin kamu penasaran tapi belum sempat didatangi karena jauh.

BACA JUGA: Ajak Keluarga Wisata Kuliner di 3 Tempat Makan yang Nyeni Ini,Barangkali?

Staycation alias nginap di hotel di tengah kota


Ini pilihan buat kamu yang nggak punya kampung halaman, alias asli Jakarta atau libur lebaran kali ini karena segala macam pertimbangan nggak bisa ambil cuti untuk mudik. Bosan di rumah, coba menginap di hotel favorit dengan keluarga. Kalau belum pernah, coba deh. Pasti pengen lagi. Ini juga cara yang asyik untuk berkumpul dengan keluarga, dengan suasana yang beda. Dan saat libur hari raya biasanya hotel-hotel punya harga promo yang bisa kamu sikat.

Mall kosong, periode akhir diskonan masih jalan


Bahkan sejak dua minggu mendekati lebaran mall sudah ramai karena orang yang memburu semua yang diperlukan untuk hari raya. Dan beberapa hari sebelum lebaran, orang-orang mulai berangkat mudik. Kalau kamu mengincar diskonan tapi enggan karena mall penuh sesak, maka saat libur lebaran kamu bisa puaskan kebutuhan belanjamu. Diskon biasanya masih banyak, dan kamu bisa lebih tenang berbelanja.

Silaturahmi dengan teman-teman dan kerabat di kota


Bulan Ramadhan biasanya jadi momen kita bisa bersilaturahmi dengan teman-teman yang jarang ketemu. Nah, karena nggak mudik kamu bisa lanjutkan silaturahmi itu di hari lebaran nanti dengan saling mengunjungi. Dan karena jalanan Jakarta akan lengang selama libur lebaran, mobilitas silaturahmi lebaran bisa lebih gesit. Dalam sehari bisa tuh lebaran ke 5 rumah. Tapi kalau rumah teman atau kerabat lokasinya agak pinggiran, justru kamu harus bersiap dengan kemacetan. Karena biasanya, di libur lebaran justru pinggiran kota yang jadi pusat kemacetan.

Bikin openhouse untuk kolega dan keluarga


Ini salah satu ide untuk mewujudkan niatmu bersilaturahmi dengan teman atau kerabat. Sebelum liburan, sudah woro-woro ke teman-teman bahwa kamu nggak mudik dan akan mengadakan open house. Tidak hanya teman, kamu mungkin bisa undang kolega, client, bahkan atasan. Kalau atasanmu berlebaran di Jakarta, ide untuk bertamu ke rumahnya juga bisa dilakukan. Momen-momen seperti ini yang biasanya akan lebih mendekatkan kita pada relasi. Karena kita bertemu di situasi yang lebih kasual. Pertemanan, hubungan bisnis pun bisa lebih hangat.

Jadi, jangan diam melulu di rumah libur lebaran ini. Dari daftar di atas sudah bisa kamu kembangkan menjadi susunan kegiatan. Mengisi liburan dengan kegiatan justru membuat liburanmu lebih berkesan, ketimbang tak melakukan apa-apa dan tanpa sadar libur sudah selesai (biasanya karena sibuk bermalas-malasan).

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza