• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Gadget
  • >
  • Warning: Kamu Nggak Perlu Beli iPhone SE! Ini Alasannya

Warning: Kamu Nggak Perlu Beli iPhone SE! Ini Alasannya

Kalau sudah terlanjur beli iPhone SE, mending nggak baca artikel ini…

Apple telah meluncurkan seri iPhone terbarunya untuk tahun 2016. Namun bukannya iPhone 7, Apple justru meluncurkan iPhone SE (singkatan untuk Special Edition) untuk mereka yang mencari smartphone ukuran kecil dengan spesifikasi flagship. Jika disimpulkan dengan satu kalimat, iPhone SE adalah iPhone dengan model 5S yang dilengkapi spesifikasi iPhone 6S.

Secara kasat mata, hampir tiada perbedaan mencolok antara iPhone 5S dan SE. Untuk membedakannya, warna logo Apple di iPhone SE adalah aluminium, kemudian terdapat logo tulisan ‘SE’ di bagian bawah punggungnya. iPhone SE juga hadir dengan warna rose gold.

Dengan fisik serupa iPhone yang diluncurkan tiga tahun yang lalu, iPhone SE nggak dirancang untuk menandingi smartphone unggulan sekelas Samsung Galaxy S7 Edge, LG G5, dan sebagainya. Jadi jangan berharap ada spesifikasi ataupun fitur flagship terkini di dalam smartphone ini.

iPhone SE di-upgrade dengan prosesor A9 dan RAM 2 GB layaknya iPhone 6S. Selain itu, kamera belakang juga ditingkatkan menjadi 12 MP dengan f/2.2, sensor 1/3″, dan bisa menangkap live photos (bahasa kerennya Gif) dan video 4K sehingga menjadikannya salah satu smartphone kecil dengan kamera terbaik. Ukuran baterai cukup awet dengan 1.624 mAh, iPhone SE juga mendukung fitur Apple Pay.

Namun apa yang bikin iPhone SE nggak perlu dibeli?

Ukuran kecil, layar jadul

Untuk orang yang memiliki tangan kecil, dan menginginkan kemudahan serta kepraktisan menggunakan smartphone dengan satu tangan, iPhone SE adalah pilihan yang ideal. Namun untuk kamu yang sudah terbiasa dengan layar besar, baik untuk membaca tulisan maupun menonton video, sudah pasti iPhone SE nggak perlu dipertimbangkan lagi.

Selain itu, layar retina 4 inci milik iPhone SE juga sudah sangat jadul yakni beresolusi 1136 x 640p dengan 326 ppi (piksel per inci), sama seperti leluhurnya, iPhone 5S. Layar terlihat kurang tajam dan warnanya nggak secerah layar iPhone 6S, dan sudah pasti kalah dibanding layar AMOLED milik Samsung.

Kamera depan yang lemah

Mood kamu setiap kali selfie dengan iPhone SE

 

Sangat mencengangkan bagaimana Apple bisa memuat kamera belakang 12 MP dengan kualitas gambar yang sangat baik namun kamera depan hanya 1.2 MP dengan f/2.4 di smartphone ini.

Saat ini, kualitas kamera depan sudah menjadi salah satu prioritas pengguna apalagi bagi para pecinta selfie. Dengan kualitas gambar yang sangat standar, mungkin kalau mau selfie pakai kamera belakang aja kali ya?

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Move On dari iPhone ke Smartphone Android

Touch ID zaman 5S

Kalau kamu sudah terbiasa dengan fingerprint sensor yang kenceng seperti iPhone 6S, kamu harus lebih bersabar dengan sensor Touch ID generasi pertama di SE. Sensor ini sama dengan yang di 5S, bukan yang terbaru dan tercepat sehingga kamu harus menunggu sebentar, sekitar 1-2 detik ketika membuka layar kunci.

Nggak ada 3D Touch

Salah situ fitur terbaru dan keren yang dimiliki iPhone 6S nggak dimasukkan di SE, yaitu 3D Touch. Fitur yang sensitif terhadap tekanan dan memberikan menu shortcut tambahan di beberapa menu yang kamu pilih, sayangnya nggak bisa kamu nikmati di iPhone SE.

Pilihan storage hanya 16GB atau 64GB

Tanpa adanya slot untuk menambah memori eksternal, sangat mengherankan kenapa iPhone masih mempertahankan ukuran storage 16 GB, termasuk di iPhone SE. Dengan hanya tersedia dua pilihan, kamu otomatis harus memilih yang 64GB dengan perbedaan harga mencapai 2 juta rupiah loh! Dengan harga mencapai 9 juta rupiah, kamu bisa memiliki smartphone flagship lainnya dengan spesifikasi lebih unggul seperti Samsung Galaxy S7 dan HTC One M9+.

iPhone SE adalah produk yang ditawarkan bagi kamu yang selalu menanyakan “Apa sih smartphone berukuran kecil terbaik?”

Dengan prosesor terbaru, serta kamera belakang yang canggih, serta desain yang ergonomis, kamu nggak akan salah memilih iPhone SE. Tetapi dengan sejumlah kekurangan serta harga yang menyamai smartphone flagship Android seperti LG G5, apa kamu masih mau beli iPhone SE?

Pilihan di selalu di tangan kamu. Dibanderol sekitar Rp 6,8 juta (16 GB) dan Rp 8,8 juta (64 GB), iPhone SE dapat dibeli di Indonesia dengan cicilan 0% no minimum.

Categorised in: , ,

This post was written by Gunawan Saputra