• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Lifestyle
  • >
  • Nggak Ada Kurma? Kamu Bisa Buka Puasa Dengan 5 Buah Super Ini

Nggak Ada Kurma? Kamu Bisa Buka Puasa Dengan 5 Buah Super Ini

Kelima buah ini punya kandungan energi yang nggak kalah tinggi dari Kurma buat mengisi kembali cadangan energi kamu yang kosong, karena puasa sehari penuh.

Kamu pasti sudah tahu betapa hebatnya kandungan nutrisi dan energi yang dimiliki kurma sehingga Rasulullah SAW menyarankan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Ini karena kurma merupakan sumber energi berkat kandungan glukosa di dalamnya. Mengonsumsi kurma untuk berbuka puasa bisa mengembalikan energi kamu yang hilang sehingga membuat kamu menjadi fit kembali. Tapi bagaimana pun juga, kurma nggak selalu tersedia di mana pun kamu sedang berbuka.

BACA JUGA: 5 Tempat Seru Bukber Yang Dekat Masjid

Jangan khawatir, kamu bisa menggantinya dengan makanan yang sama-sama berkhasiat untuk meningkatkan energi tubuh. Zat yang terkandung dalam lima buah berikut ini terbukti mampu mendongkrak kembali energi kamu yang hilang karena puasa, dan membuat kamu kembali semangat untuk beraktivitas. Dan yang pasti, kamu bisa dengan mudah menemukan buah-buahan ini.

Pisang pengganti Kurma

Buah ini mengandung banyak sumber energi. Setelah berpuasa dan beraktivitas seharian penuh, satu buah pisang akan memberikan keajaiban pada tubuh kamu dengan memulihkan rasa lelah yang kamu rasakan. Pisang adalah buah yang kaya akan serat dan potassium yang bisa meningkatkan energi kamu secara instan. Ketika menjelang berbuka kamu merasa lemah dan otot kamu terasa seperti kaku, satu buah pisang bisa memulihkan kondisimu saat berbuka. Pisang juga bisa jadi buah yang praktis buat dibawa, apalagi kalau kamu terpaksa harus berbuka puasa di jalan karena kejebak macet.

Cara enak menikmatinya:

Banana Smoothies

Bahan: 1 buah pisang, 100 ml susu vanila low fat, 100 ml plain yogurt, 2 sdm oatmeal.

Cara: Blender es batu, susu dan yogurt hingga es batu menjadi serpihan kecil. Tambahkan potongan pisang dan oatmeal, lalu blender sekali lagi. Tuangkan ke gelas.

Stroberi

via GIPHY

Ini adalah salah satu buah nikmat, segar sekaligus kaya energi. Stroberi siap memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuh kamu karena banyak mengandung potassium, vitamin C, karbohidrat, serat dan beberapa zat lainnya. Karbohidrat sendiri adalah salah satu sumber energi buat kamu yang aktif, apalagi di bulan puasa ini. Walaupun karbohidrat bisa ditemukan dalam sumber buah lainnya namun stroberi memiliki rasa kecut manis yang bisa menyegarkan kamu dari rasa lesu setelah berpuasa sehari penuh. Stroberi juga cukup praktis buat kamu bawa. Kamu bisa menikmatinya langsung atau mencampur buah ini ke dalam minuman apa pun.

Cara enak menikmatinya:

Strawberry Float

Bahan: 3 buah stroberi, 1 Fanta merah kaleng, 2 sdm susu kental manis, 1 scoop es krim vanila.

Cara: Iris stroberi tipis-tipis dan masukkan ke dalam gelas. Tuang susu kental manis ke dalam gelas, lalu diikuti Fanta merah kaleng dan es batu lalu aduk. Tambahkan 1 scoop es krim vanila.

Jeruk

via GIPHY

Siapa yang nggak suka dengan buah ini. Selain menyegarkan, jeruk juga mudah kamu dapatkan dan bisa dinikmati dalam berbagai macam cara. Buah jeruk terbukti mengandung banyak kalsium dan sumber energi namun rendah akan tingkat karbohidrat. Berbuka puasa dengan jeruk bisa mengembalikan vitalitas kamu dan memulihkan energi kamu yang hilang. Nggak hanya itu, mengonsumsi jeruk selama bulan puasa akan meningkatkan daya tahan tubuh kamu dari serangan flu karena jeruk mengandung banyak fosfor dan vitamin C. Karena tingkat keasaman jeruk bermacam-macam, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada penjual apakah jeruk tersebut termasuk jenis yang manis atau terlalu asam. Jika kamu berbuka puasa dengan jeruk yang terlalu asam dikhawatirkan akan meningkatkan asam lambung di dalam usus kamu.

Cara enak menikmatinya:

Es Jeruk Nata de Coco

Bahan: 2 buah jeruk, 2 sdm gula pasir, 3 sdm nata de coco.

Cara: Peras jeruk ke dalam gelas dan tambahkan air hingga 2/3 gelas terisi. Tambahkan gula, lalu aduk. Masukkan nata de coco dan es batu secukupnya.

Apel

via GIPHY

Buah apel bisa kamu jadikan andalan untuk mendapatkan sumber energi. Buah ini mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh sepeti postassium, vitamin C serta vitamin B yang bisa membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Jadi, memakan apel setelah berbuka puasa bisa membuat kamu segar dan semangat lagi. Apel juga membantu kamu agar terhidrasi lewat kandungan air di dalamnya sehingga kamu mendapatkan tambahan cairan tubuh setelah beraktivitas dan puasa seharian. Apel juga merupakan buah yang awet dan bisa tetap fresh seharian selama kamu belum memotong atau mengupas kulitnya.

Cara enak menikmatinya:

Yakult with Apple Juice

Bahan: 1 buah apel, 1 Yakult, es batu dan air secukupnya.

Cara: Blender apel dan esbatu, tambahkan air untuk mengencerkan. Tuangkan ke gelas hingga terisi 2/3 nya. Tuang Yakult dan lalu diaduk. Tambahkan es batu.

Anggur

via GIPHY

Sudah sejak dulu kala, anggur terkenal sebagai buah pembangkit energi. Buah ini terbukti mampu melawan kelelahan dan masalah stamina tubuh. Dengan berkurangnya cadangan air dalam tubuh saat berpuasa, maka mengonsumsi anggur akan mengisi kekurangan air dalam tubuh dan merevitalisasi tubuh kamu dengan energi baru. Jadi, kalau kamu merasakan stamina tubuh kamu mulai menurun, cobalah untuk berbuka puasa dengan anggur. Beberapa butir anggur dijamin dapat bikin kamu kuat beraktivitas lagi dan nggak terhalang oleh rasa lelah. Nggak usah bingung memilih jenis anggur yang baik untuk kamu makan, karena baik anggur merah, hitam maupun hijau memiliki manfaat yang sama. Bahkan biji anggur pun memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Cara enak menikmatinya:

Oatmeal with Grape Yogurt

Bahan: 6 buah anggur, 1 botol Yogurt Cimory rasa red grape, 2 sdm oatmeal, es batu.

Cara: Belah dua anggur, lalu masukkan ke dalam gelas. Tambahkan oatmeal lalu siram dengan yogurt red grape. Aduk rata dan tambahkan es batu.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza