My Blue Bird vs Uber vs GrabCar, Siapa Aplikasi Taksi Online Terbaik?

Tarif flat GrabCar cocok di jalanan macet Jakarta, kalau taksi online lainnya gimana?

Hayo, kapan terakhir kali kamu rela mengantri atau menelepon perusahaan taksi untuk bepergian? Berkat hadirnya aplikasi pemesanan taksi online, kamu sudah nggak perlu lagi berdiri di tepi jalan yang panas untuk menunggu taksi ataupun berlama-lama menelepon CS taksi.

Tiga aplikasi yang sedang hot saat ini ialah My Blue Bird, Uber, dan Grab. Nah, dari ketiga pilihan itu mana sih yang paling cocok untuk kamu?

Kali ini, kami akan mengulas secara tuntas ketiga layanan di atas. Nah, perlu kamu perhatikan bahwa aplikasi Blue Bird yang kita maksud adalah My Blue Bird, bukan Blue Bird Group Taxi Mobile Reservation yang merupakan versi lama.

Kami juga akan membahas layanan GrabCar dari aplikasi Grab. Kami memilih GrabCar ketimbang GrabTaxi karena harganya jauh lebih murah, dan kualitas keamanannya pun juga sama kuat. Pastinya kamu lebih senang dengan yang harga murah meriah kan?

 My Blue Bird vs Uber vs GrabCar: Aspek UI dan UX

perang taksi online blue bird UI UX

perang taksi online UBER UI UX

perang taksi online grabcar UI UX

Secara user interface, Uber dan GrabCar memiliki desain yang lebih elegan dibandingkan My Blue Bird. Sistem pemesanan dengan Uber dan GrabCar pun juga terasa lebih simpel. Selain itu, salah satu nilai plus pada GrabCar ialah betapa mudahnya biaya perjalanan ditampilkan. Uber dan My Blue Bird membutuhkan beberapa langkah ekstra untuk menampilkan estimasi biaya.

Mengenai user experience, Uber dinilai terbaik karena pengguna dapat menyelesaikan pesanan dengan langkah paling minimum. Sedangkan My Blue Bird bisa dikatakan yang paling rumit diantara ketiganya karena data yang perlu diisi pada halaman order cenderung lebih banyak. Namun keunggulan My Blue Bird terletak pada kemampuan untuk melakukan pre-booking, layanan yang nggak dimiliki oleh Uber dan GrabCar.

Baca juga: Go-Jek VS GrabBike VS UberMotor, Kamu pilih yang Mana?

My Blue Bird vs Uber vs GrabCar: Aspek biaya

perang taksi online blue bird uber grabcar harga
Tenang saja, kami mengerti bahwa perbandingan harga sangatlah penting. Itulah mengapa kami telah membuatkan tabel perbandingan tarifnya untuk kamu.

Pertama, Uber dan GrabCar menerapkan tarif tambahan untuk kondisi tertentu. Untuk Uber, tarif akan naik dengan sistem kelipatan, seperti 1.3x, 2x dan sebagainya. Kelipatannya akan lebih besar jika demand penumpang besar namun supply driver sedang kecil. Sedangkan GrabCar menambahkan tarif rush hour sebesar Rp 5.000 pada pukul 6.00 – 9.00 WIB dan 16.00 – 19.00 WIB. Bagaimana dengan Blue Bird? Tarifnya tetap konsisten.

Tips: Cara menghindari kenaikan tarif Uber sangat simpel, kamu cukup menunggu beberapa saat dan mengecek ulang tarif yang berlaku. Biasanya, perubahan tarif akan terjadi setiap 5 menit.

Kedua, GrabCar memberlakukan sistem tarif flat. Jadi harga perjalanan akan ditentukan di awal, dan kamu nggak perlu keringatan lagi bila terjebak macet yang lama karena harganya tetaplah sama. Sedangkan Blue Bird dan Uber memberlakukan tarif argo.

Note: Tarif yang tertera berupa taksi Blue Bird dan UberX.

My Blue Bird vs Uber vs GrabCar: Aspek availability

Aspek ini diukur dari 3 hal, yakni jenis pembayaran yang berlaku, platform smartphone, serta kehadirannya di berbagai kota.

Jenis pembayaran
perang taksi online blue bird uber grabcar sistem pembayaran

Platform smartphone
perang taksi online blue bird uber grabcar platform smartphone

Kota
perang taksi online blue bird uber grabcar kota

Di sini terlihat jelas bahwa My Blue Bird memimpin dalam hal metode pembayaran dan jumlah cakupan layanan di Indonesia. Sedangkan Uber bisa dibilang juaranya pada bagian ketersediaan di platform smartphone.

My Blue Bird vs Uber vs GrabCar: Strategi promosi

Seringkali promosi bisa menjadi alasan kamu berpindah menggunakan layanan yang lainnya. Nah, berikut adalah beberapa promo yang masih berlaku pada saat penulisan artikel:

My Blue Bird: Tarif Minimum Rp 20.000

Normalnya, kamu harus membayar tarif minimum Rp 40.000. Promo ini berlaku mulai 1 Maret 2016, dan belum ada pengumuman deadline.

Uber: Free first ride

Kamu bisa mendapatkan voucher perjalanan gratis hingga Rp 75.000 dengan menggunakan kode promo orang lain. Bahkan, kamu juga bisa mendapatkan voucher tambahan bila ada pengguna baru yang menggunakan kode Uber kamu!

GrabCar: Tarif flat Rp 10.000 ke dan dari SCBD

Grab sudah terkenal dengan kegiatan promonya yang sangat menarik. Untuk saat ini, mereka menawarkan tarif flat Rp 10.000 untuk semua perjalanan menuju dan dari SCBD hingga tanggal 17 April!

Masih bingung?

Simpelnya, bila jalanan sedang macet parah, GrabCar bisa menjadi senjata utama kamu karena tarifnya flat. Bila jalanan sedang lancar, gunakan Uber untuk harga optimal. Bila kamu berada di kota Medan dan Semarang, satu-satunya pilihan kamu adalah My Blue Bird. Bila perusahaan kamu menyediakan benefit transportasi, maka Uber maupun My Blue Bird bisa dijadikan pilihan.

Ingat ya, apapun pilihan kamu, paling nggak sudah punya gadget pintar terlebih dahulu agar bisa menggunakan layanan transportasi online. Pilihan gadgetnya sudah banyak kok, semuanya bisa dibeli secara online dengan cicilan nol persen, tanpa kartu kredit lagi!

Link download aplikasi taksi online

My Blue Bird: Android

Uber: Android, iOS, Windows Mobile

Grab: Android, iOS

Lalu Kamu Mau Pilih Yang Mana?

Online Survey

Categorised in: ,

This post was written by Selvi Nelin