Memotret dalam Gelap, Begini Cara Menyiasatinya!

Mau ‘berdamai’ dengan tampilan grainy saat memotret dalam gelap? Yuk, ikuti deretan tips ini!

Setiap pembuat smartphone boleh saja berlomba-lomba memberikan ukuran megapixel yang besar dan membenamkan banyak fitur menarik dalam kamera yang digunakan di smartphone mereka. Namun ketika digunakan untuk memotret di dalam gelap atau kurang cahaya, semuanya sama saja. Sama-sama grainy dengan bintik-bintik yang muncul pada area gelap dalam foto.

Hal ini memang wajar terjadi karena hasil dari efek sensor kamera berukuran kecil yang biasanya digunakan dalam smartphone. Contek deretan panduan di bawah ini untuk lebih sukses memotret dalam gelap!

Pakai Tripod

Kondisi yang kurang cahaya membuat kamera terpaksa harus membuka shutter speed lebih lama agar cahaya yang terekam ke dalam kamera bisa lebih banyak. Efeknya, kamera sama sekali nggak boleh bergerak selama shutter speed itu terbuka. Jika kamera itu bergerak sedikit saja, maka gambar yang dihasilkan akan blur.

Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menggunakan tripod. Tak perlu tripod mahal untuk sekadar menstabilkan smartphone, tripod mini berukuran 20cm pun sudah cukup.

Jangan Pakai Layar Sebagai Tombol Shutter

Smartphone sama sekali tak boleh bergerak ketika memotret dalam gelap. Dan satu hal yang bisa membuat smartphone bergeser dari posisinya ketika memotret adalah dengan menekan layarnya.

Oleh karena itu, hindari menggunakan layar sebagai tombol shutter. Pilih opsi lain untuk memotret, seperti menggunakan tombol volume sebagai tombol shutter, atau bisa juga menggunakan timer. Beberapa produsen earphone pun menyediakan fitur tombol di earphone tersebut untuk digunakan sebagai tombol shutter.

Pakai Senter

Jika kondisi pemotretan benar-benar gelap, tak ada salahnya untuk memakai pencahayaan tambahan untuk menerangi obyek yang ingin dipotret. Coba andalkan senter atau bahkan dengan menyalakan lilin di dekat obyeknya. Meski terdengar aneh, memotret obyek dengan lilin di dekatnya bisa memberikan efek yang menarik pada foto yang dihasilkan.

Manfaatkan Pengaturan Manual

Sebagian pembuat smartphone memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk melakukan pengaturan manual, yaitu diafragma, shutter speed, ataupun ISO. Nah, pengaturan manual ini bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan hasil foto saat kamu memotret di dalam kondisi kurang cahaya.

Coba deh atur ISO ke angka yang lebih tinggi agar foto yang dihasilkan lebih terang. Namun perlu diingat, semakin tinggi ISO maka semakin banyak juga noise yang dihasilkan. Jadi naikkan seperlunya saja.

Jadikan Hitam Putih

Jika semua langkah di atas sudah kamu lakukan dan foto yang dihasilkan masih tetap penuh noise, cara terakhir untuk menyiasatinya adalah dengan mengubahnya menjadi foto hitam putih.

Dengan begitu, foto yang penuh bintik itu akan terasa lebih dramatis apabila diedit menjadi foto hitam putih. Setelah dijadikan hitam putih, ada baiknya kamu mengatur kontras foto tersebut dan menaikkannya sampai titik yang diinginkan.

Sudah tahu kan cara menghasilkan foto yang tetap asyik meski dalam keadaan kurang cahaya? Jadi jangan bingung lagi untuk memotret di tempat gelap!

Baca Juga :
Cara Menghindari Backlight Saat Mengambil Foto
Hasil Foto Maksimal Walau Hanya Menggunakan Ponsel

Categorised in: , ,

This post was written by Lendra Bayu