• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Gadget
  • >
  • Memilih dan Download Aplikasi Smartphone yang Nggak Bikin Puasamu Batal

Memilih dan Download Aplikasi Smartphone yang Nggak Bikin Puasamu Batal

Jangan bikin rusak puasamu dengan salah pilih aplikasi atau bacaan di smartphone. Simak di sini caranya.

Bulan Ramadan telah tiba. Kamu yang muslim dan memenuhi syarat tentu diwajibkan buat berpuasa. Sembari menunggu waktu berbuka tiba, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan, bermain smartphone misalnya. Tapi kalau kamu nggak jeli dalam menggunakan smartphone, sangat mungkin yang terjadi adalah puasamu rusak atau batal.

Kami punya rekomendasi berbagai macam aplikasi smartphone atau tablet yang ada di Google PlayStore atau AppStore bisa kamu download untuk menambah kebaikan dan bukannya menyemai dosa. Apa saja? Simak di bawah ini.

Download Aplikasi Game

Main game memang cara paling mengasyikkan untuk menghabiskan waktu bersama ponselmu. Ada banyak game yang bisa kamu mainkan sesuai kesukaanmu. Ada yang berjenis strategi yang mengasah otak, ada yang berjenis puzzle, petualangan, dan lain-lain.

Saran kami: pilihlah game yang ringan-ringan saja dan nggak membuat kamu berpikir terlalu berat. Juga jangan pilih game yang punya konten dewasa ya! Sebaiknya mainkan game yang nggak memancingmu untuk kesal atau mengeluarkan kalimat umpatan. Ingat, kamu kan sedang berpuasa.

Cari Pengetahuan

Selain pengetahuan tentang agama, kamu masih bisa mendapatkan pengetahuan umum. Nah, ketimbang menggunakan smartphone untuk hal-hal yang sia-sia, kenapa nggak menambah pengetahuan dengan membaca majalah, jurnal, atau Wikipedia?

Saran kami: cobalah buka aplikasi Wikipedia, lalu pencet halaman acak (random). Kalau kebetulan Wikipedia menyodori hal yang menarik, kamu bisa menelusuri link-link yang terkait dengan lema (entry) tersebut. Atau belilah majalah-majalah bermutu dari dalam maupun luar negeri. Tapi ingat, majalahnya yang umum-umum saja, jangan majalah dewasa–biar pahala puasamu tidak berkurang

aplikasi smartphone

Aplikasi Smartphone Untuk Baca Buku

Tren membaca buku di peralatan elektronik kian meningkat belakangan ini. Membaca buku di ponsel atau tablet memang praktis karena kamu bisa mengisi ponsel/tabletmu dengan banyak buku tapi yang harus kamu bawa cuma satu gadget saja.

Saran kami: ada banyak buku gratisan di AppStore maupun PlayStore. Karena ini masih bulan puasa, kami sarankan mengunduh buku-buku yang terkait dengan ilmu keagamaan agar menambah pahalamu.

Banyak buku-buku yang bisa diunduh gratis, misalnya buku lawas yang sudah tak berhak cipta atau buku petunjuk teknis. Untuk buku-buku yang populer atau relatif baru, sayangnya kamu harus membayar. Tapi jangan salah, biasanya harga buku elektronik masih lebih murah daripada mengimpor buku fisik, lho! Untuk kamu yang nggak punya kartu kredit, ada beberapa alternatif pembayaran seperti membeli gift card atau memakai cara potong pulsa.

Nonton Video

Jangan cuma menonton video klip artis yang banyak mengumbar aurat, nanti malah puasanya batal. Cobalah tonton video-video yang bermuatan pendidikan yang ada di aplikasi-aplikasi ponsel seperti YouTube atau Vimeo.

Saran kami: nontonlah video-video dokumenter seperti MegaFactories atau Mega Cities. Dokumenter seperti itu menghibur sekaligus menambah pengetahuan. Selain itu, video-video pendek berisi berbagai percobaan sains seperti yang dibuat oleh Veritasium juga layak untuk ditonton sembari menunggu petang. Sebaiknya andalkan wifi kalau streaming video seperti ini agar kuota internet di smartphone-mu nggak cepat habis!

Bermedia Sosial

Mengapa kami meletakkan media sosial di urutan terakhir? Tak lain adalah karena media sosial mulai jadi tempat yang terlalu berisik dan bisa-bisa malah merusak puasamu.

Saran kami: pakailah media sosial untuk menyapa teman atau memantau berita terbaru. Tebarkan hal-hal positif dan bukan kabar buruk, apalagi yang bisa mengundang perdebatan. Bila melihat ada postingan yang kamu nggak setuju, pikir ulang untuk membantahnya karena bisa berujung dengan bertengkar yang bisa merusak puasamu.

Gunakan waktumu selama puasa untuk hal-hal bermanfaat, bukan yang membatalkan puasa. Coba salah satu hal di atas dan semoga kamu menemukan kesenangan dan pengetahuan baru!

Baca Juga:
Dijamin Nggak Bakal Bosan Andalkan 5 Gagdet Ini Selama Puasa
7 Panduan yang Bikin Smartphone-mu Lebih Awet

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza