Membuat Kopi Nikmat Sendiri di Rumah? Bisa Banget!

Membuat kopi nikmat sendiri ala kafe di rumah? Bisa banget!

Kopi dikenal manusia sejak beribu-ribu tahun lalu. Minuman ini berasal dari biji kopi yang dilarutkan dengan air. Belakangan, kopi tak sekadar sebagai minuman tapi juga jadi gaya hidup. Terbukti dengan menjamurnya kafe-kafe baik berlabel internasional ataupun lokal. Tapi apakah menikmati kopi yang enak hanya bisa dilakukan di kafe? Nggak juga. Kamu bisa banget kok membuat kopi nikmat sendiri di rumah dengan mengandalkan bahan dan peralatan di bawah ini!

Biji Kopi

Ada dua jenis biji kopi yang beredar, yakni arabica dan robusta. Secara singkat, biji kopi arabica memiliki rasa yang lebih kaya dan harganya lebih mahal. Sedangkan biji kopi robusta cenderung pahit dan harganya lebih murah.

Untuk membeli biji kopi, kamu bisa datang ke sejumlah kafe yang juga menjual biji kopi. Di sana, banyak-banyaklah bertanya ke barista kafe untuk mengetahui karakter biji kopi yang akan kamu beli. Selain di kafe, kamu juga bisa beli biji kopi dengan online shopping, seperti di maharajacoffee.biz atau philo.coffee, misalnya.

kopi

Grinder

Sebelum dibuat jadi minuman, biji kopi harus ditumbuk untuk menjadi bubuk. Nah, cara menggiling kopi ini sebenarnya bisa dilakukan dengan ulekan atau lumpang, namun cara yang lebih mudah adalah dengan menggunakan grinder.

Ada grinder yang digerakkan dengan tenaga listrik, ada pula yang dengan tangan. Untuk konsumsi sendiri, kamu bisa memilih grinder tangan seperti Porlex ini. Harga grinder tangan mulai Rp250.000 hingga Rp750.000. Sesuaikan dengan budgetmu ya!

Filter

Sebenarnya, bubuk kopi yang dihasilkan dari gilingan sudah bisa dibuat kopi dengan cara tubruk alias menyeduhnya dengan air panas dalam sebuah gelas atau cangkir. Tapi kamu bisa mencoba metode lain seperti dengan menggunakan filter.

Filter kopi dipakai untuk mewadahi kopi di bibir cangkir atau gelas. Kemudian, siramkan air secara perlahan di atas filter berisi kopi tersebut. Terus tuang air secara perlahan hingga kamu dapatkan secangkir kopi. Filter kopi bisa dibeli dengan harga mulai Rp28.000 untuk 40 lembar.

French Press

French press adalah salah satu alat untuk membuat kopi dengan cara menyeduh bubuk kopi di dalam wadah dengan air secukupnya. Setelah 4-5 menit, tekan lempeng penyaring kopi ke bawah, dan air hasil seduhan kopi tersebut bisa dipindahkan ke cangkir. Untuk french press ini biasanya dihargai antara Rp250.000 hingga Rp800.000.

kopi

 

Espresso maker

Nah, perlu kamu ketahui bahwa lima alat di atas adalah cara membuat kopi secara manual (manual brew). Namun, untuk membuat espresso, beda lagi alat yang dibutuhkan. Untuk kebutuhan rumahan, alat yang direkomendasikan adalah ROK Presso seharga Rp2.500.000 atau Handpresso yang berharga sekitar Rp1.800.000. Kedua alat pembuat espresso itu nggak membutuhkan listrik dan hanya membutuhkan tenagamu untuk membuat secangkir espresso nikmat. Wajib coba.

Aeropress

Aeropress adalah alat untuk membuat kopi yang terdiri dari tabung dan penyaring. Tabung di alat ini bisa dipakai untuk menyeduh bubuk kopinya, sedangkan bagian penyaringnyalah yang akan memisahkan air seduhan kopi dengan bubuknya. Aeropress biasa dijual di pasaran dengan harga sekitar Rp500.000-Rp700.000.

Bayangkan bila kamu bisa menikmati secangkir kopi sedap setiap hari di rumah. Tidak lagi harus membayar lebih mahal ke kafe, belum lagi pusing mencari parkir dan sebagainya. Siap membuat kopi nikmat sendiri?

Photo Credit: Handpresso.com, BellaBarista, Gearhungry, Huffington Canada

Baca Juga:
Turun Berat Namun Tetap Konsumsi Kopi? Ini Caranya!
Sarapan Lebih Singkat dengan Overnight Oats!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza