Mau Jalani Karier di Pekerjaan Impian, Rintis dengan Cara Ini

Pekerjaan impian dan pekerjaan yang bayarannya oke itu nggak sama. Pekerjaan impian, sayangnya nggak selalu menawarkan upah yang bagus.

Masih muda dan punya pekerjaan impian di kepalamu, bagaimana mencapainya? Beberapa orang beruntung karena nasib mempertemukan mereka dengan pekerjaan impian itu cukup awal. Tapi, nggak semua orang beruntung, sisanya, harus merintis semua dari bawah. Lalu, apa yang harus kita lakukan, saat kita tahu ingin bekerja sebagai apa tapi tak tahu harus memulai dari mana?

Jadi asisten

Karena kita siap memulai dari bawah, berarti kita juga siap untuk menjadi asisten. Siap disuruh-suruh. Memang sih, kita nggak selalu menemukan atasan yang oke atau nyuruhnya nggak kelewatan. Tapi, bila kadang bos juga kelewatan, jadikan itu kesempatan untuk menempa diri. Jadi individu yang tahan banting. Tahan bekerja di bawah tekanan, bisa bekerja dalam dead line ketat, sering bertemu dengan frase itu saat melamar pekerjaan? Sesuatu yang bisa kita latih saat harus jadi asisten seseorang. Harusnya sih, dengan menjadi asisten seseorang kita juga bisa belajar banyak dari mereka. Jadi jangan terima stres ditekan doang, harus ada yang dipelajari. Kalau di dunia film, bisa menjadi asisten sutradara setidaknya di 5 proyek film saja, maka di film keenam kamu sudah bisa jadi sutradara film. Nggak jadi asisten lagi.

Magang

A photo posted by Barista Daily (@baristadaily) on

Magang adalah proses penting dalam upaya kita merintis jalan menuju pekerjaan impian. Biasanya, kalau kita menjadi anak magang yang cukup oke, maka kita pasti akan sangat dipertimbangkan untuk bergabung menjadi karyawan tetap. Toh, kita sudah melewati proses magang cukup lama dan paham pola kerja di kantor tersebut, kan. Bahkan dengan magang menjadi barista, perlahan-lahan kita bisa jadi barista profesional bila kita memang mencintai dunia kopi dan profesi barista itu sendiri.

Latihan, latihan, latihan

Mau jadi penulis yang mahir, satu-satunya jalan ya dengan rajin menulis. Latih kemampuan menulis kita sesering mungkin. Dibarengi dengan banyak membaca yang akan mengisi kepala kita dengan ilmu, yang juga sejatinya bisa melatih sudut pandang kita sebagai seorang penulis. Mau jadi blogger yang oke, rajin-rajinlah nge-blog. Mau jadi atlet renang, harus jago renang, yang berarti harus rajin berlatih renang. Latihan adalah segalanya.

Bikin bisnis sendiri

Di era digital seperti sekarang, mudah sekali memulai bisnis. Bila menjadi pengusaha adalah salah satu cita-cita terbesar kita – karena malas bekerja untuk orang lain, misalnya – maka membuka toko atau memulai usaha di Instagram bisa jadi awal yang bagus. Dan sudah banyak kisah sukses, mereka yang memulai usaha dari Instagram. Jadi, jangan remehkan berjualan di Instagram.

Baca juga: Berkarier Sebagai Blogger? Bisa Banget, Ini Tipsnya!

Jadilah orang yang disukai dan punya skill

Zaman sekarang, mencari pekerjaan susah, makanya nggak sedikit orang yang mendapatkan pekerjaan dari rekomendasi orang-orang terdekat. Artinya? Ramah-ramah lah dengan orang lain, jadilah orang yang punya skill alias keterampilan dan siap membantu orang lain kapan saja. Tawaran pekerjaan dari orang yang pernah kita bantu itu mungkin nggak akan datang dengan cepat, tapi biasanya pasti ada.

Baca juga: 7 Tips Mencintai Pekerjaan Kamu Sekarang

Lima langkah di atas hanya sebagian kecil dari proses panjang untuk menyentuh titik ‘pekerjaan impian.’ Dibutuhkan kesabaran, komitmen, konsistensi dan harapan yang tak pernah habis. Semua orang sukses melewati jalan yang sama.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza