Mau Bikin Surat Izin Menyelam? Ketahui 4 Hal Ini Dulu

Sudah makin siap untuk belajar diving? Ketahui dulu gimana cara mendapatkan Surat Izin Menyelam-nya di sini.

Sama seperti surat izin mengemudi, pada dasarnya, mendapatkan surat izin menyelam atau surat izin menyelam menegaskan bahwa kita sudah punya dasar cukup untuk diving dan mengarahkan diri selama melakukan aktivitas itu. Jadi nggak bisa asal datang di titik penyelaman dan minta ditemani seorang instruktur profesional. Bahkan meskipun hanya sebentar.

Kamu harus punya Surat Izin Menyelam yang jadi syarat paling penting bagi seseorang yang ingin serius menggeluti aktivitas dalam air yang semakin populer ini. Lalu apa saja yang perlu dilakukan untuk mendapatkannya?

Pelatihan Dasar

Untuk mengantongi SIM ini, kamu akan melewati serangkaian tahapan pembelajaran yang dibagi 3, mulai dari pelatihan teori di kelas, pelatihan di kolam, dan terakhir latihan langsung di open water (batas kedalaman laut hingga 40 meter). Selama kira-kira 3 hari dan belajar secara intensif setiap harinya, kamu akan mempelajari kode-kode yang harus dilakukan dengan tangan di dalam air, bagaimana merencanakan sebuah penyelaman, hingga pola gerak saat diving.

Selain itu, kamu juga bakal belajar soal keselamatan selama di bawah laut, mulai dari apa yang harus dilakukan saat tiba-tiba mengalami kram hingga apa yang harus dilakukan bila saat diving tiba-tiba terpisah dari instruktur profesional atau tandem penyelaman. Semua benar-benar dipersiapkan matang.  

A photo posted by @deline_lou on

Bikin Surat Izin Menyealam di mana?

Untuk mendapatkan surat izin menyelam ini, kamu bisa mendatangi beberapa tempat kursus diving yang tersebar di beberapa daerah, dari Jakarta, Bali, hingga Lombok. Ada beberapa operator yang bisa dihubungi untuk mendapatkan kursus dan surat izin menyelam ini, antara lain Lautan Mas dan Belajardiving.com. Masing-masing tempat kursus akan mengeluarkan surat izin menyelam yang resmi dan diakui secara internasional, seperti yang dikeluarkan oleh lembaga setifikasi diving PADI (Professional Association of Diving Instructor).

A photo posted by Samuel Hinton (@samuel_hinton) on

Berapa Harganya?

Lalu berapa harganya? Nah, inilah yang jadi pertimbangan banyak orang untuk mendapatkan surat izin menyelam. Pasalnya untuk mendapatkan surat izin menyelam ini, kamu harus mengeluarkan uang sekitar Rp3 jutaan. Beberapa tempat kursus menyediakan harga super murah, tapi tentunya kamu harus hati-hati karena bisa saja surat izin menyelam-nya justru nggak diakui saat mau digunakan. Pilih yang pasti-pasti saja.

A photo posted by Zarif Rasydan (@zarifrasydan) on

Dipakai untuk Apa?

Setiap saat akan diving, tentunya kamu nggak boleh lupa membawa surat izin menyelam tersebut. Surat izin menyelam ini akan selalu diperiksa setiap kali kamu akan membeli peralatan diving, mengikuti sebuah trip diving dari komunitas tertentu, sampai mau mengisi tanki. Selalu bawa di dompet dan tas yang kamu bawa saat liburan. Kalau perlu difotokopi.

Sekarang sudah mulai lebih tertarik untuk belajar diving? Yuk persiapkan diri juga untuk membuat surat izin menyelam!

Baca Juga:
Mau Liburan ke Malang? Mampir ke Museum Angkut Deh!
Nggak Suka Air dan Lebih Suka dengan Sejuknya Hutan? Gunung Pancar Jawabannya!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza