• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Lifestyle
  • >
  • Mau Beli Kamera, Pastikan Dulu Kamu Anak Leica, Sony, atau Fuji

Mau Beli Kamera, Pastikan Dulu Kamu Anak Leica, Sony, atau Fuji

Punya kamera pribadi yang kece zaman sekarang sudah jadi kebutuhan. Sebelum beli kamera, cek dulu kebutuhan kamu seperti apa.

Di era Instagram dan sosial media seperti sekarang, punya kamera digital untuk fotografi itu sudah jadi kebutuhan. Tapi, kebutuhan seperti apa dulu. Karena banyak sekali kamera yang dijual di luar sana dan rasanya sangat bijak untuk membeli sesuatu yang memang sesuai dengan kebutuhan kita. Nggak asal beli. Sudah sering dengar, kan, orang-orang yang beli barang kelewat bagus tapi nggak semua fungsinya digunakan. Kalau begitu sih buang-buang uang saja judulnya. Cek tiga poin di bawah, setelah itu rasanya kamu akan tahu kamera apa yang kamu butuhkan untuk semua kebutuhan fotografimu.

Yang kamu butuhkan adalah kamera Fuji

Kamu pengen hasil foto dengan filter-filter ala feed instagram para influencer lintas genre: dari fashion, traveling, event, bahkan sampai foodie. Kamera ini hanya untuk keperluan sehari-hari, foto Instagram, nggak ada yang serius. Dengan kamera Fujifilm ini, kamu nggak perlu untuk mengolah file mentah setiap foto untuk keperluan lain lagi. Kalau bisa, dari kamera langsung ke hape atau blog.

Yang kamu butuhkan adalah kamera SONY

Ingin serius jadi fotografer, merekam semua aktivitas, bahkan mencari uang lewat karya fotografi. Ingin mengembangkan kemampuan di bidang editorial, fotografi fashion atau event, atau wedding yang semuanya akan ditawarkan ke publikasi-publikasi, baik cetak mau pun online. Sony menghasilkan file format raw yang sangat bagus, dan akan makin bagus setelah diolah di aplikasi editing photoshop.

Baca juga: Fotografi Termasuk Salah Satu Hobi yang Bisa Bikin Kaya

Yang kamu butuhkan adalah kamera Leica

Sebaiknya hindari brand kamera ini bila baru menekuni fotografi. Karena Leica tidak dibuat untuk pemula. Harganya selangit, bahkan ada yang bilang mending bayar cicilan rumah ketimbang berpikir untuk beli Leica yang lensanya memang sangat tajam. Tapi kalau kamu adalah fotografer profesional dan ingin menghasilkan foto-foto hitam putih yang benar, benar bagus, dan punya uang untuk mewujudkan harapanmu itu, silakan pakai Leica.

Semua tergantung dana

Dari tiga deskripsi di atas, semua kembali lagi pada ketersediaan dana yang kita miliki. Dan lebih bagus lagi, meski punya dana berlebih, kita tahu sejauh apa kita akan membawa hobi fotografi ini. Apakah hanya untuk sosial media saja, untuk kebutuhan pribadi dan keluarga, atau lebih jauh lagi? Menekuni dengan serius agar dapat jadi pekerjaan sampingan di masa depan?

Pertimbangkan hal-hal berikut

Situs techradar.com yang terkenal menaruh kamera Fuji X-T2 di posisi nomor 1 sebagai kamera mirrorless terbaik sepanjang 2016. Harganya memang nggak murah, hampir 20 juta rupiah. Sementara, SONY muncul di posisi 3 dengan seri Alpha A7R II di harga hampir 7 juta rupiah. Pengoperasian keduanya butuh tingkat keseriusan, alias setidaknya kamu paham dasar-dasar fotografi bila berpikiran untuk membeli salah satu kamera ini. Nah, di urutan ke empat malah ada Fuji X-T10 yang diperuntukkan bagi pemula dan dipatok pada harga 9 juta rupiah. Dalam urusan autofocus, kemudahan penggunaan, ketahanan desain, sensor lensa, SONY dan Fuji berada di level yang kurang lebih sama. tapi, soal aksesori tambahan, SONY lebih banyak pilihan. Namun kalau kamu menyukai kamera yang juga kece, atau secara spesifik menyukai desain retro, Fuji cocok buatmu.

Baca juga: Bawa Kamera Barumu Keliling Indonesia, Seperti 7 Instagrammer Ini

Rasanya dengan lima poin di atas, harusnya kamu sudah tahu kamera apa yang kamu butuhkan untuk semua keperluan fotografimu. Baik itu foto-foto di media sosial maupun merekam aktivitas-aktivitas harian. Tapi, sekali lagi, ketersediaan dana ikut menentukan kamera pilihanmu pastinya.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza