• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Gadget
  • >
  • Kalau Malas Nge-Gym, Mending Nge-Game Saja! Sama Sehatnya Kok!

Kalau Malas Nge-Gym, Mending Nge-Game Saja! Sama Sehatnya Kok!

Ngegame tak selalu berarti malas-malasan. Simak game-game yang bisa bikin kamu jadi sehat, yuk!

Pemain video games biasanya identik dengan orang-orang yang malas nge-gym ya Guys? Duduk-duduk atau tiduran berjam-jam di depan konsol game dan televisi bisa menimbulkan potensi gangguan kesehatan mulai dari kegemukan, sakit pada persendian, hingga penglihatan yang memburuk. Padahal ada permainan-permainan yang justru dimainkan dengan cara menggerakkan badan, persis seperti nge-gym. Berkebalikan dengan game biasa yang menimbulkan kemalasan, game-game di PlayStation, Xbox, dan Nintendo Wii ini justru bisa membuat sehat pemainnya. Mau tahu game apa saja? Ayo kita intip daftarnya.

(Catatan: kami membagi permainan-permainan ini sesuai dengan konsolnya. Catatan lainnya, konsol-konsol game ini membutuhkan peralatan lain untuk bisa melacak gerakanmu. Untuk PlayStation, kamu membutuhkan stik PlayStation Move, untuk Xbox kamu membutuhkan Kinect, sedangkan Nintendo Wii sudah bisa dengan stik standarnya.)

1. Nintendo Wii Sports

Dari namanya, jelas game ini diperuntukkan bagi konsol Nintendo Wii. Di dalamnya, ada banyak permainan seperti tenis, bowling, golf, baseball hingga tinju. Untuk memainkannya, kamu harus mengikatkan stik Wii ke tanganmu dan bergerak seperti benar-benar sedang berolahraga. Artinya, kalau kamu bermain tinju, maka kamu harus memukul-mukul agar tokohmu di dalam game memukul lawannya. Kalau kamu bermain tenis, kamu juga harus mengayunkan lengan seperti tengah mengayun raket. Jangan anggap enteng permainan di game ini. Walaupun grafisnya biasa saja, tapi gerakan yang dibutuhkan untuk bermain bisa membuatmu cukup berkeringat, lho!

800-Youtube-JustDance2. Just Dance 2015

Game untuk Nintendo Wii ini membuat pemainnya bergerak seperti tuntutan di layar. Artinya, kamu harus menyesuaikan gerakan tangan dan kaki–juga seluruh bagian tubuhmu–dengan gerakan tokoh di layar yang mengikuti musik. Ada banyak jenis tarian yang bisa kamu lakukan di game ini. Ada jenis tarian jazz, hip hop, pop, dan lain-lain. Ayo, gerakkan tubuhmu dan menarilah!

3. Kinect Sports Rival

Permainan ini adalah untuk konsol Microsoft Xbox 360 dan Xbox One. Di dalam game ini, ada enam jenis permainan, yakni sepak bola, tenis, balap jetski, panjat tebing, bowling dan menembak. Semuanya membutuhkan gerakan tangan untuk memainkan tokohmu (yang wajahnya bisa berasal dari wajah aslimu yang dipindai) di dalam game. Sayangnya game sepak bolanya masih agak kaku dan kurang alami gerakannya, tapi game panjat tebingnya terasa seru. Untuk game tenisnya, gerakannya agak mirip dengan gerakan di Wii Sports. Layak dicoba untuk gamers yang juga ingin menggerakkan badan.

4. Your Shape: Fitness Evolved

Kalau kamu nggak punya kemauan cukup besar untuk datang ke gym/fitness center, mungkin game untuk Xbox Kinect ini bisa jadi alternatif. Game ini mencoba meniru latihan-latihan yang biasa dilakukan di gym ke ruang keluarga. Di dalam game, tokohmu diharuskan mengikuti gerakan seorang instruktur. Artinya, bila dia melakukan squat, maka kamu harus ikutan. Kalau dia melakukan gerakan menendang atau meninju, maka kamu juga harus melakukannya. Kamu bisa memilih program latihan apa yang akan dilakukan dan kalau kamu rajin, kamu bisa sehat tanpa harus membayar biaya iuran fitness yang tidak murah.

5. Zumba Fitness

Kalo kamu pernah nge-gym, pasti kamu tahu tarian yang sedang populer di gym-gym Jakarta ini. Memadukan musik yang ceria dengan gerakan-gerakan yang atraktif, zumba adalah salah satu cara berolahraga yang menyenangkan. Bila kamu termasuk yang malas datang ke fitness center untuk ikut kelas zumba, kamu bisa melirik game Zumba Fintess untuk PlayStation ini. Pada prinsipnya, game ini mengharuskan kamu mengikuti gerakan yang ada di dalam game. Gerakkan kepala, tangan, pinggang dan kakimu hingga kamu berkeringat dan lemak-lemak di tubuhmu terbakar. Jangan lupa ajak pasanganmu untuk mencobanya.

6. The Fight: Lights Out

Kamu yang menyukai olahraga bela diri mungkin akan tertarik dengan game untuk PlayStation (PS) ini. Di dalam game, tokohmu adalah seorang petarung yang harus berkelahi dengan lawan-lawanmu. Untuk menggerakannya, pemain harus benar-benar memukul dan menendang. Sebelum menghadapi lawan, kamu bisa memulai dengan latihan dulu. Nanti, setelah siap bertarung, tinggal pilih lawan dengan kemampuan yang kamu mau. Setiap selesai bertarung, kamu akan mendapat poin untuk naik level. Di situ juga ada keterangan berapa kalori yang telah kamu bakar dengan bermain.

Di zaman modern seperti ini, sebenarnya nggak ada alasan bagi kamu untuk malas nge-gym Guys. Ayo hilangkan kemalasan dan mulailah bermain game sembari berolahraga.

Photo Credit: Jumia, YouTube 

Baca Juga :
5 Game Android Hasil Karya Anak Bangsa
Aplikasi Patut Coba Bagi yang Hobi Berolahraga

Categorised in: , , ,

This post was written by Kak Moza