• Home
  • >
  • Male
  • >
  • Hobbies
  • >
  • Macam-macam Dinamo Tamiya yang Bakal Bikin Tamiya Kamu Ngacir

Macam-macam Dinamo Tamiya yang Bakal Bikin Tamiya Kamu Ngacir

Pengen Tamiya kamu ngacir dan menang di lintasan? Coba ganti dinamo Tamiya kamu, biar kecepatan Tamiya kamu melebihi semua saingan kamu.

Kalo kamu beli Tamiya, pasti kamu bakal dapet satu buah dinamo standar dengan kecepatan yang nggak diperuntukkan buat dilombain. Kalo kamu ingin bersaing di lintasan, kamu perlu ngganti mesin Tamiya kamu dengan yang lebih kenceng. Kecepatan Tamiya sendiri didapat dari banyaknya putaran mesin per menit dan torsi dari mesin Tamiya tersebut. Banyak orang yang punya formula khusus dengan memodifikasi gulungan kabel dan jenis tembaganya dalam dinamo tersebut. Daripada ribet, kamu bisa kok beli langsung mesin Tamiya original yang sekarang banyak dijual di online.

Tapi, ada banyak macam dinamo Tamiya, dan masing-masing punya spesifikasi teknis dan kecepatan yang berbeda-beda. Yuk kenali banyak macam dinamo Tamiya yang ada, dan mana yang cocok kamu pake di Tamiya kamu sesuai dengan settingan Tamiya dan kondisi track. Dengan begitu, Tamiya kamu bisa melesat kencang dan menang.

Torque Tuned 2 Pro

Torque-Tuned-2-Pro

Kalo kamu mau bertanding di lintasan yang punya banyak belokan atau lintasan dengan banyak rintangan, ini adalah mesin Tamiya yang tepat buat kamu. Kecepatan putaran mesinnya 12.000 – 13.600 RPM dengan torsi 15 – 2 mN-m. Dinamo ini punya tenaga dan torsi yang cukup besar, jadi cukup kuat buat ndorong Tamiya ngelewatin rintangan.

Baca jugaMau Ikutan Race Tamiya? Datang Aja ke Tempat Ini

Atomic Tuned 2 Pro

Atomic-Tunes

Biasanya para racer Tamiya make Atomic Tuned 2 Pro ini ketika harus tanding di kategori taktis. Kecepatan putaran mesinnya mencapai 13.600 – 15.700 RPM dengan torsi 1.3 – 1.8 mN-m. Jadi, sangat cocok buat melintas di track yang nggak butuh kecepatan mesin yang terlalu kencang di lintasan Tamiya.

Rev Tuned 2 Pro

Rev-Tuned-2-pro

Buat lintasan Tamiya yang lurus, biasanya para racer Tamiya make Rev Tuned 2 Pro ini. Kecepatan putaran mesinnya 14.300 – 17.400 RPM dengan torsi atau tenaga mesin berkisar 1 – 1.3 mN-m. Tapi, kamu juga bisa pakai mesin ini buat lintasan taktis yang perlu kecepatan sedang.

Light Dash

Light-Dash

Mesin Tamiya Light Dash ini punya torsi tinggi dan putaran mesin yang rendah. Yaitu 14.600 – 17.800 RPM dengan torsi 1.3 – 1.9 mN-m. Memiliki fitur sikat logam yang bisa ningkatin daya tahan dan ngurangin kehilangan daya jadi lebih irit baterai.

Hyper Dash 3

Hyper-Dash-3

Mesin Tamiya ini adalah penyempurnaan dari mesin Hyper Dash 2 yang punya kecepatan putaran mesin 17.200 – 21.200 RPM dan tenaga mesin 1.3 – 1.7 mN-m. Kalau Hyper Dash 2 punya body warna hitam dengan penutup dinamo warna merah, Hyper Dash 3 punya body berwarna silver dengan penutup dinamo warna merah. Hyper Dash 3 punya kecepatan putaran mesin yang sama dengan Hyper Dash 2, tapi tenaga mesinnya lebih besar, yaitu 1.4 – 1.9 mN-m. Selain itu, ada juga Hyper Dash 3 J-Cup, edisi spesial yang dibuat terbatas.

Baca juga: 5 Cara Bikin Tamiya Kamu Lebih Ngacir

Power Dash

Power-Dash

Mesin Tamiya Power Dash ini punya performa yang tinggi dan cocok buat trek teknikal dengan banyak tanjakan dan turunan yang butuh tenaga dorong yang lebih. Kecepatan putaran mesinnya 19.900 – 23.600 RPM dengan torsi 1.5 – 2 mN-m. Karena kecepatannya cukup tinggi, kamu harus mulai merhatiin kestabilan mobil Tamiya kamu.

Sprint Dash

Sprint-Dash

Kalo kamu ingin bertanding di lintasan yang lurus, dengan serikit rintangan dan belokan, kamu perlu pakai mesin Tamiya Sprint Dash ini, karena top speed sangat dibutuhin. Dinamo ini memakai carbun brushes sehingga menghasilkan sedikit hambatan, dan punya ketahanan yang baik. Kecepatan putaran mesinnya 20.700 – 27.200 RPM dengan torsi 1.3 – 1.8 mN-m.

Ultra Dash

Ultra-Dash

Bisa dibilang, Ultra Dash ini adalah dinamo cepat yang punya torsi rendah dan lebih ramah dengan baterai. Kecepatan putaran mesinnya 24.000 – 27.500 RPM dengan torsi 1.4 – 1.9 mN-m. Tipe Ultra Dash ini paling banyak diminati racer karena kecepatannya yang mampu melesat tinggi di lintasan.

Plasma Dash

Plasma-Dash

Nah, kalo yang satu ini, adalah mesin Tamiya dengan spesifikasi teknis yang paling tinggi. Kecepatan putaran mesinnya 25.000 – 28.000 RPM dengan torsi 1.4 – 1.9 mN-m. Para racer profesional banyak yang menggunakan mesin ini. Karena kecepatannya yang tinggi, jadi cocok buat lintasan lurus yang nggak terlalu panjang karena boros baterai.

Kalo kamu udah tau seperti apa kecepatan Tamiya kamu setelah dipasang mesin-masin di atas, yang perlu kamu lakuin kemudian adalah memastiin Tamiya kamu nggak keluar lintasan karena kecepatan yang tinggi.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza