• Home
  • >
  • Female
  • >
  • Penting! Yang Harus Kamu Ketahui sebelum Solo Traveling

Penting! Yang Harus Kamu Ketahui sebelum Solo Traveling

Solo traveling tak sesulit yang kamu bayangkan, asal kamu paham bagaimana menjaga diri sendiri dan mengikuti beberapa tips sederhana ini.

Kamu termasuk orang yang suka traveling? Pernah solo traveling? Beberapa orang justru suka melakukan solo traveling, salah satunya karena mereka nggak mau repot berkoordinasi dengan banyak orang yang ujung-ujungnya mengganggu perjalanan. Kalau solo traveling, semuanya bebas diatur dan dilakukan tanpa perlu persetujuan orang lain. Sayangnya masih banyak orang yang terlalu khawatir melakukan traveling seorang diri karena beragam alasan. Tapi percayalah, solo traveling sangat mungkin dilakukan semua orang. Kamu hanya perlu memberanikan diri untuk melakukan solo traveling dan membaca beberapa catatan penting ini.

Pastikan Tujuan dan Mulai Meriset

Aturan dasar saat hendak berpetualang sendirian adalah selalu ketahui tempat tujuan kamu. Coba riset data tentang tempat yang akan kamu kunjungi. Cari informasi sebanyak mungkin, khususnya soal apa yang sedang terjadi di daerah itu. Jika daerah tersebut sedang terjadi konflik, sebaiknya tunda solo traveling kamu ke tempat itu. Kamu bisa bertanya pada teman yang sudah pernah ke tempat tujuan yang akan kamu kunjungi. Tanyakan apa hal menarik yang bisa kamu lakukan di sana. Gali informasi tempat-tempat menarik yang nggak hanya wajib tapi juga mudah dikunjungi.

solo2Bawa Power Bank

Tak hanya dalam rutinitas sehari-hari, saat solo traveling, kamu juga wajib membawa power bank untuk mengisi daya baterai smartphone-mu dan tentu saja sebuah power bank dengan kualitas baik. Jangan sampai smartphone yang lowbat membuatmu jadi bad mood karena tak bisa mengabadikan sebuah momen berharga seperti sunrise atau sunset yang memukau. Apalagi jika kamu memilih untuk ber-solo traveling ke lokasi yang eksotis, karena kemungkinan besar kamu akan kesulitan untuk menemukan colokan listrik lho!. Nah, jadi power bank akan menjadi ‘penyelamat’ terbaik saat kamu benar-benar dalam kondisi sedang ingin bersenang-senang dengan smartphone, tapi tak memungkinkan untuk mengisi daya baterai dengan colokan listrik. Pastikan juga power bank yang kamu pilih memiliki kualitas yang baik sehingga nggak merusak smartphone.

Tetap Berkabar dengan Satu Teman Dekat

Saat solo traveling, setidaknya ada satu orang teman dekat yang tahu semua yang kamu lakukan di tempat itu. Setidaknya soal itinerary kamu. Hal ini penting agar jika ada sesuatu hal yang emergency terjadi, setidaknya ada satu orang yang mengetahui posisi terakhir atau itinerary yang akan kamu lakukan hari itu. Kamu bisa mulai mengabari orang ini mulai dari berangkat dari rumah, akan boarding, sampai di tempat tujuan, sampai sebelum kamu memulai aktivitas pada hari itu. Dengan e-mail, socmed atau chat, tinggal pilih mana yang paling gampang kamu lakukan selama solo traveling.

Soal Tempat Menginap

Jika solo traveling menjadi pengalaman pertama kamu, tak salahnya untuk sesekali untuk menginap di hostel dengan pilihan tempat tidur bertingkat ala asrama. Dengan menginap di tempat ini, kamu jadi merasa tak terlalu sendiri. Kamu bisa berkenalan dengan banyak orang yang mungkin bisa jadi juga sedang melakukan solo traveling. Di sinilah kamu bisa berbagi informasi dan pengalaman satu dengan yang lainnya karena tak ada teman yang lebih berharga daripada seseorang yang memiliki hobi yang sama. Lalu bagaimana memilih tempat menginap yang aman? Pilih yang ratingnya terbilang tinggi di situs pencarian hotel/hostel ternama. Di sana kamu juga bisa mengintip komentar berbagai orang soal tempat menginap tersebut.

Harus Bawa Gembok

Satu hal lain yang harus kamu perhatikan jika menginap di hostel seperti di atas adalah harus membawa gembok. Gembok ini penting untuk membuat barang-barang yang kamu simpan di loker jadi lebih aman lagi. Kita kan nggak pernah tahu kalau ada orang yang berniat jahat dengan kita. Jadi layaknya pepatah sedia payung sebelum hujan, selalu sedia gembok sebelum kemalingan.

Jadi, tunggu apalagi? Siapkan semua kebutuhanmu dan nikmati pengalaman solo traveling yang tak akan pernah kamu lupakan seumur hidup!

This post was written by Kak Moza