Freeletics, Olahraga Murah Meriah yang Bisa Bentuk Perut Sixpack

Buat kamu yang suka gratisan, ini adalah olahraga yang tepat untuk bikin perut kamu kotak-kotak tanpa harus jadi member gym.

Ingin tampil stylish di depan si dia? Atau ingin jadi laki-laki paling enak dilihat di kantor? Tentunya kamu harus punya body yang keren juga. Salah satunya dengan perut sixpack. Untuk membentuk sixpack, atau populer dengan sebuatan perut kotak-kotak, kamu nggak selalu harus pergi ke gym. Sudah tahu olahraga freeletics?

Ya! Olahraga yang lagi jadi trend ini memang banyak digandrungi oleh berbagai kalangan. Karena olahraga ini nggak mengharuskan kamu menjadi member gym mana pun. Kamu bisa melakukannya di mana pun dan kapan pun. Selain itu, freeletics banyak disukai karena mampu membakar kalori lebih besar dalam waktu singkat.

Freeletics merupakan latihan fisik dengan intensitas tinggi yang terdiri dari beberapa gerakan atau kombinasi gerakan. Olahraga ini tidak memerlukan alat atau beban, karena mengandalkan berat tubuh kamu. Tapi untuk beberapa gerakan tertentu, kamu perlu palang atau bar untuk pull up.

Tapi jangan salah, dikarenakan latihan ini termasuk intensitas tinggi, terkadang banyak yang tidak kuat mencapai target latihan karena kelelahan. Tapi jika kamu berhasil, dijamin lemak perut bakal banyak terkikis. Memang benar olahraga ini mampu menurunkan berat badan kamu secara drastis dalam waktu singkat. Namun, mampukah freeletics membentuk guratan sixpack di perut kamu? Jawabnya: bisa! Beberapa gerakan pada freeletics bisa membentuk otot tubuh kamu, walau nggak seperti ketika kamu latihan menggunakan beban seperti barbel atau dumbell.

Berikut adalah beberapa gerakan yang memfokuskan latihan pada tubuh bagian atas, khususnya abdominal kamu. Kamu bisa melakukannya secara fokus per gerakan setiap harinya, atau bisa dengan melakukan set latihan.

Burpee

burpee-workouts_2

Mereka yang ingin melakukan full body workout atau latihan untuk seluruh tubuh, biasanya menyertakan Burpee dalam set latihan. Jika kamu ingin membentuk otot perut, kamu perlu melakukan Burpee karena gerakan ini grup otot utama seperti dada, punggung dan otot paha, serta beberapa bagian otot di torso, bahu serta tangan. Hampir seluruh area tubuh dipengaruhi gerakan dengan intensitas ini, karena itulah kamu bakal merasa lelah luar biasa setelah melakukan beberapa repetisi atau pengulangan.

Caranya: Berdirilah dalam posisi tegak, lalu tekuk lutut kamu hingga tubuh kamu turun ke bawah dalam posisi squat dengan posisi tangan menyentuh alas di samping kiri dan kanan kaki kamu. Dengan bertumpu pada tangan, lompatkan kedua kaki kamu ke belakang sambil menurunkan dada kamu menyentuh alas dan tangan pun menekuk di samping kanan dan kiri tubuh kamu (seperti posisi push up). Lalu dengan menggunakan tumpuan tangan, dorong tubuh kamu ke atas sambil melakukan tekanan pada abdominal dan melompatkan kedua kaki kamu ke depan untuk kembali ke posisi squat. Dari posisi ini, akhiri dengan melompat dalam posisi berdiri dengan kedua tangan di belakang kepala.

Lakukan: Kamu bisa fokus melakukan gerakan ini per hari dengan jumlah semampu kamu mulai dari 10, 25, 50, 100 hingga 1000, itu tergantung diri daya tahan kamu sendiri. Atau kombinasikan dalam set latihan untuk mendapat hasil yang lebih maksimal dan menyeluruh.

Squat

squat

Gerakan ini dikenal untuk membentuk otot bokong, otot paha dan otot betis, tergantung versi gerakan squat yang kamu pilih. Tapi, gerakan ini ternyata punya manfaat yang besar buat bikin otot abdominal kamu terbentuk. Dengan intensitas tinggi, kamu bisa bikin perut kamu jadi kotak-kotak.

Caranya: Mulailah dalam posisi berdiri tegap dengan kaki dibuka lebar sejajar bahu kamu. Lalu mulai dengan menggerakkan tubuh ke posisi duduk sambil mengayunkan tangan kamu ke arah depan tubuh kamu, hingga rata dengan bahu dan tahan posisi tubuh bagian atas agar tetap lurus ke atas, serta tahan beban tubuh kamu di tumit kaki. Usahakan agar tumit tetap menempel pada alas, jangan terangkat dan memindahkan beban tubuh ke ujung kaki.

Lakukan: Kamu juga bisa fokus melakukan gerakan ini tiap hari sebanyak mungkin pengulangan yang kamu sanggup lakukan. Jangan lupa untuk menambah jumlah pengulangan setiap kamu berhasil mencapai angka tertentu. Untuk set latihan, squat adalah gerakan yang sangat diperlukan untuk disertakan pada beberapa set latihan yang disarankan.

Sit-ups

SITUP

Dasar dari gerakan ini adalah dengan mengangkat bagian atas tubuh dari alas menuju posisi duduk untuk memberikan tekanan pada otot perut kamu. Gerakan ini langsung mengaktifkan otot abdominal kamu, dan nggak ada latihan lain yang lebih intensif mampu memahat otot perut kamu jadi kotak-kotak selain gerakan ini.

Caranya: Ambil posisi rebahan di atas alas dengan punggung rata di alas. Tekuk lutut kaki kamu dan pastikan seluruh permukaan telapak kaki kamu rata menyentuh alas. Kamu bisa menyilangkan tangan kamu di dada. Lalu dari posisi rebahan ini, angkat badan Anda sampai kedua lengan kamu di dada dapat menyentuh bagian lutut kamu, lalu kembali lagi ke posisi semula. Bila ini terlalu berat buat kamu, bisa juga dengan sit-ups versi kupu-kupu, yaitu posisikan tangan kamu di alas sejajar bahu di atas kepala kamu. Gunakan ayunan tangan untuk mengangkat tubuh bagian atas kamu hingga kamu berhasil mencapai posisi duduk sambil mendaratkan ujung tangan kamu ke alas di depan ujung kaki.

Lakukan: Biasanya gerakan sit-ups digabungkan dengan berbagai set latihan Freeletics. Tapi kamu bisa berlatih gerakan ini sendiri bila ingin membiasakan tubuh kamu terhadap gerakan dengan intensitas tinggi. Mulailah dengan 10 kali sit-ups dan beranjak hingga dua kalinya setiap berhasil mencapai target,

Dengan memahami 3 jenis gerakan di atas, kamu telah mengetahui gerakan dasar untuk membentuk otot perut dalam freeletics. Sekarang, tinggal kamu memilih program atau set latihan yang sesuai dengan kemampuan kamu. Salah satu program latihan yang paling populer dalam pembentukan otot abdominal dengan freeletics adalah latihan Aphrodite. Latihan ini terdiri dari 5 ronde, setiap ronde, kamu melakukan ketiga gerakan di atas, dengan istirahat 15 detik setiap gerakan, dan istirahat 3 menit setiap ronde. Ronde 1: 50 Burpee, 50 Squat, 50 Sit-ups. Ronde 2: 40 Burpee, 40 Squat, 40 Sit-ups. Ronde 3: 30 Burpee, 30 Squat, 30 Sit-ups. Ronde 4: 20 Burpee, 20 Squat, 20 Sit-ups. Ronde 5: 10 Burpee, 10 Squat, 10 Sit-ups.

Awalnya memang terasa berat, namun jangan pernah menyerah! Selalu ingat hasil akhir yang bisa kamu dapat, yaitu perut sixpack yang diidamkan kebanyakan pria dan disukai oleh si dia. Selamat berlatih!

Categorised in: , , ,

This post was written by Kak Moza