7 Masakan Praktis Bikin Kamu Kenyang Saat Camping

Lupakan nasi dan mie instan. Saatnya meningkatkan sedikit kemampuan memasak kamu dan tunjukkan pada teman-temanmu saat camping.

Saat camping, kamu tentu perlu makan. Dan nggak ada yang lebih seru dari memasak bersama di atas api unggun atau bara api di tengah-tengah alam terbuka. Masakan praktis yang diperlukan saat camping. Namun begitu, jangan lupa membawa peralatan masak untuk camping. Biasanya, mereka yang pergi camping akan membawa pemanggang portable, frypan (wajan untuk menumis), spatula, dan yang paling umum adalah dutch oven atau panci tebal yang terbuat dari besi. Selain itu, bawa pula bumbu dapur atau saos sebagai pelengkap.

Tapi ada yang perlu kamu ingat, saat melakukan aktivitas berkemah atau hiking, kamu perlu tenaga, dan tenaga tersebut di dapat dari makanan yang kamu konsumsi. Idealnya, kamu harus memenuhi dua hal ini: karbohidrat dan protein. Selebihnya, kalsium dan vitamin bisa melengkapi. Untuk itu, tinggalkan mie instan favorit kamu, dan mulailah masak makanan yang bergizi. Berikut adalah beberapa ide resep masakan yang praktis dan bisa kamu praktekkan saat camping akhir pekan ini. Catatan: Jumlah bahan makanan dapat kamu sesuaikan dengan jumlah orang yang pergi camping bersama kamu.

BACA JUGA: 5 Aplikasi Untuk Mendaki Gunung yang Aman

Shish Kebab Sosis dan Sayur

A photo posted by Allan Detrich (@thesauceshop) on

Ini adalah resep paling gampang untuk dicoba. Kamu nggak perlu keahlian khusus untuk membuat sate kebab ini. Selain protein akan terpenuhi, sayur-sayuran akan memberikan berbagai macam vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, terutama bila kamu berencana hiking. Caranya: Rendam tusukan sate dari bambu di air dingin terlebih dahulu agar nggak gosong terbakar api. Potong-potong sosis daging atau ayam, jamur kancing, paprika hijau dan merah, zucchini atau timun, serta bawang bombay sesuai selera. Tusukkan ke tusuk sate dan tambahkan tomat cherry. Oleskan dengan minyak sayur atau olive oil lalu taburkan garam, merica, parsley kering dan basil leaf. Lalu panggang di atas bara hingga matang.

Sandwich Telur dan Daging Lapis

A photo posted by donnieanks (@donnieanks) on


Sandwich atau roti lapis juga termasuk menu yang gampang dibuat, namun bisa memberikan kamu ekstra tenaga saat menyantapnya. Karbohidrat dari roti dan protein dari telur dan daging bisa membuat kamu semangat beraktivitas.

Caranya: Buatlah telur orak-arik, taburkan garam dan lada secukupnya. Panggang daging lapis di atas frypan hingga matang. Siapkan roti tawar (bisa roti gandum atau muffins), letakkan telur orak arik di atas lapisan roti, kemudian potongan tomat segar, daging lapis yang sudah matang dan keju cheddar, baru tutup dengan lapisan roti lagi. Jika kamu ingin sandwich yang hangat dengan lelehan keju di dalamnya, bungkus sandwich dengan aluminium foil, lalu panggang selama beberapa menit.

Kentang Panggang Pedas

Kentang dapat berfungsi sebagai pengganti nasi dan kaya akan karbohidrat. Selain akan membuat perut kamu terasa penuh, rasa pedas dari masakan ini akan membuat kamu kenyang untuk waktu yang lama. Caranya: Campurkan garam, merica, bubuk cabai, bubuk jahe, parsley kering tabur, basil leaf kering tabur di atas piring atau mangkok. Letakkan potongan kentang, bawang bombay dan daging lapis ke atas aluminium foil, tuangkan minyak sayur secukupnya. Taburkan campuran bumbu ke atasnya lalu aduk hingga bumbu merata, kemudian bungkus dengan aluminium foil hingga rapat. Panggang di atas pemanggang selama 25 menit hingga kentang matang.

Jagung Balut Bacon

A photo posted by @desnu22 on


Makan jagung bakar bersama teman-teman saat camping adalah hal yang menyenangkan. Daging bacon sapi akan melengkapi karbohidrat dari jagung dengan protein dan membuatnya lebih nikmat dengan dipanggang.

Caranya: Balut jagung dengan bacon daging sapi. Oleskan dengan mentega, lalu taburkan sedikit garam, lada dan parsley kering tabur hingga merata. Bungkus dengan aluminium foil dan panggang di atas pemanggang selama 20 menit sambil diputar-putar.

Pizza Sosis Panggang

Kejutkan teman-teman camping kamu dengan membuat pizza saat camping. Pizza adalah makanan yang mencangkup semua gizi yang kamu butuhkan, mulai dari karbohidrat dari kulit pizza, protein dari sosis dan berbagai macam vitamin serta serat dari sayuran. Caranya: Tuangkan minyak sayur secukupnya di atas permukaan dutch oven, dan oleskan ke seluruh permukaan hingga rata. Ambil adonan pizza yang sudah jadi, lalu letakkan ke dalam dutch oven, dan ratakan dengan menggunakan tangan hingga adonan menyebar. Tuangkan saos tomat ke atas adonan dan ratakan hingga menyebar. Lalu sebar di atasnya irisan bawang bombay, sosis dan jamur kancing. Taburkan bubuk garlic, garam dan lada secukupnya. Tutup dutch oven dan panggang di atas bara api dari briket arang atau batu. Letakkan pula bara api di atas tutup dutch oven. Setelah dipanggang kurang lebih 10 menit, buka tutup dutch oven, lalu taburkan keju parut mozzarella dan cheddar hingga merata. Tutup kembali dutch oven dan letakkan kembali bara api di atas tutupnya. Biarkan hingga kurang lebih 5 menit hingga keju meleleh dan pizza siap disantap.

Spaghetti Daging Asap

A photo posted by Sam Sonnino (@sonninosam) on


Kamu bisa menyantap spaghetti dengan rasa yang lebih nikmat dari mie instan dan yang penting tanpa MSG. Spaghetti bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat dalam tubuh untuk dibakar menjadi energi.

Caranya: Rebus spaghetti di dalam panci berisi air yang sudah mendidih. Agar spaghetti terasa gurih, tambahkan sedikit garam ke dalam panci. Lalu aduk selama tiga menit dengan alur angka delapan. Lama merebus disesuaikan dengan yang tertera dalam kemasan. Tapi, dua menit sebelum matang, kamu harus mencoba apakah spaghetti sudah al dente (matang sempurna dan tidak terlalu lembek). Jika sudah, tiriskan. Tuangkan minyak sayur secukupnya ke atas frypan atau wajan bulat untuk menumis. Lalu tumis bawang bombay hingga harum, baru masukkan potongan daging asap. Setelah matang, tuangkan saus bolognase secukupnya, aduk hingga rata dan matang. Tuangkan di atas spaghetti, lalu taburkan parsley kering tabur, dan parutan keju mozzarella.

Banana S’mores


Pisang mengandung kalium tinggi yang mampu mengatur tekanan darah, sementara coklat memberikan kalori yang tinggi untuk bahan bakar kamu beraktivitas selanjutnya.

Caranya: Buat irisan di tengah pisang hingga bagian tengahnya terbuka. Taburkan marshmallow, chocolate chip dan corn flakes secukupnya di bagian tersebut. Bungkus dengan aluminium foil dan panggang di atas pemanggang hingga coklat dan marshmallow meleleh.

Memanggang dengan briket akan memberikan cita rasa tersendiri bagi semua resep di atas. Kamu bisa membeli briket untuk bahan bakar yang lebih mudah dibakar dan tahan lama dibandingkan arang biasa. Namun jangan lupa, kamu harus memastikan api dari briket tersebut telah padam dengan sempurna.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza