7 Hal yang Bikin Kamu Lebih Gampang Naik Jabatan di Kantor

Siapa sih yang nggak mau naik jabatan? Gampang, ikuti aja panduan kami.

Usia makin dewasa artinya kebutuhan hidup makin banyak. Banyak banget malah. Kamu sudah bukan lagi harus ngurusin diri sendiri, tapi juga orang lain, kayak keluarga dan pasangan contohnya–iya, berlaku juga buat kamu yang masih pacaran, kan bayarin makan berdua perlu biaya.

Salah satu jalan yang bisa kamu lakukan untuk menaikkan level pendapatan kamu adalah dengan naik jabatan di kantor. Tapi gimana ya cara paling gampang dilakuin untuk dilirik atasan dan bisa naik jabatan? Nggak ada rahasianya sebenarnya, tapi kamu bisa lakukan 7 cara ini.

via GIPHY

Jangan Tunda Pekerjaan!

Duh lupain aja deh keinginanmu untuk naik jabatan kalau kamu masih sering diingetin untuk deadline kerjaan. Karyawan yang kayak begini nih yang bakal dapat catatan khusus dari atasan. Bakal lebih diingat malah. Sayangnya bukan diingat karena prestasi kerja, tapi karena bikin proyek jadi tertunda-tunda. Makanya harus perhatikan betul dari awal, kapan deadline proyek atau pekerjaan yang akan kamu kerjakan. Kalau kata Bimbo mah, berbuat baik janganlah ditunda-tunda….

tips naik jabatan

Beli Note Book

Kalau kamu seorang pelupa, atau cenderung mengandalkan ingatan untuk urusan pekerjaan, mungkin sekarang saatnya berubah. Bila pekerjaanmu di kantor punya detail cukup terperinci, catat semua perintilan supaya nggak ada yang kelewatan. Nah, di sinilah peran yang namanya note book atau buku catatan. Buku ini bakal bantu banget kamu untuk mengingat semua hal kecil soal pekerjaan. Memo meeting, janji ketemu client, atau mungkin nomor telepon penting saat nggak bawa handphone. Semua. Beli yang warna gelap dan punya cover yang tebal–seperti kulit misalnya–supaya nggak cepat kotor dan rusak.

tips naik jabatan

Maksimalkan Smartphone

Yang namanya smartphone jangan cuma buat main game–kayak Clash of Clans–atau buat buka social media seharian aja, tapi manfaatin buat kerja juga. Si smartphone ini kan punya banyak aplikasi yang bisa bantu meningkatkan efektivitas bekerja. Kalau notebook-mu ketinggalan, andalkan aplikasi notes di smartphone untuk mencatat semua detail pekerjaan. Kamu juga bisa catat janji bertemu client di kalender dan bisa pasang reminder kalau memang kamu orangnya pelupa banget.

Dengan smartphone, kamu juga bisa melakukan riset kecil untuk pekerjaan, lalu melanjutkannya di laptop atau PC. Bahkan kamu bisa meeting juga sama client via Skype atau aplikasi video call lainnya untuk menghemat waktu. Intinya mah, beli smartphone mahal-mahal kalau hanya buat chatting, update social media, atau terima telepon, nggak ada gunanya.

Baca Juga: Kalau Kamu Wartawan Online, Ini Smartphone yang Paling Pas buat Foto TKP!

 

via GIPHY

Jadi Populer di Kantor

Kalau kita populer di kantor, orang akan mengingat kita. Apalagi kalau kita populer karena punya kemampuan khusus, berprestasi, ramah pada siapapun, dan selalu terlihat di acara-acara kantor. Makanya kalau ada undangan acara kantor apapun itu, sebisa mungkin selalu berpartisipasi di dalamnya. Biar kamu lebih dikenal orang banyak. Biasanya, kalau populer di lingkungan kantor, kita akan jadi orang pertama yang ditawarkan untuk melakukan sesuatu. Kalau kamu berprestasi dan populer, tawaran naik jabatan biasanya akan lebih mungkin menghampiri. Populer dengan cara yang wajar, supaya nggak kelihatan cari muka di depan atasan.

Baca Juga: Populer karena Gayamu Palling Keren di Kantor? Ini Caranya

 

via GIPHY

Tunjukkan Kamu Serba Bisa

Orang yang mampu menunjukkan bahwa mereka punya beragam kebisaan, biasanya akan lebih dilirik oleh manajemen untuk menerima tanggung jawab lebih dan naik jabatan. Rasanya semua kantor juga lebih suka sama karyawan yang nggak cuma mampu di satu bidang aja. Misalnya, kamu ahli banget bikin materi presentasi lebih kelihatan menarik dengan desain yang keren, nah ajuin diri ke atasan deh untuk bikin materi presentasinya. Karena dulu pernah siaran di radio kampus, kamu pun cukup mahir melakukan presentasi. Karena mahir melakukan presentasi, kamu menjadi jago bicara di depan publik, dan akhirnya sering ditunjuk jadi pembawa acara untuk acara di kantor. Orang yang serba bisa itu keren.

via GIPHY

Selalu Datang dengan Solusi

Yang namanya pekerjaan mah nggak ada yang terhindar dari masalah. Ada aja masalahnya. Nah, biasanya kalau sudah ada masalah begini, nggak jarang atasan bakal minta pendapat kita. Jangan pernah kamu bilang “Duh, saya nggak tahu, Pak.” Jangan. Bilang aja kamu bakal pelajari lebih lanjut masalahnya dan bakal datang lagi ke atasan dengan sebuah solusi. Kebanyakan atasan lebih menyukai anak buah yang selalu punya alternatif solusi dan bikin si anak buah ini jadi selalu diandalkan. Solusinya ternyata nggak bisa memecahkan masalah juga? Nggak masalah, yang penting kamu sudah punya ide.

via GIPHY

Minta Tanggung Jawab Lebih

Yang terakhir, nggak usah ragu untuk minta tanggung jawab lebih ke atasan. Tanggung jawab lebih di sini maksudnya bukan langsung nodong minta dinaikkan jabatan dengan tanggung jawab yang baru, tapi soal hal lain yang bisa kamu kerjakan. Bahkan untuk hanya terlibat kecil juga nggak masalah, yang penting kamu menunjukkan diri bahwa kamu sudah siap menerima tanggung jawab lain di luar rutinitas sehari-hari. Tunjukkan diri kalau kamu siap ditantang untuk menerima tanggung jawab lebih itu.

Hal ini bisa kamu lakukan dengan sering ngobrol sama atasan, ya seminggu sekali ngobrol soal kerjaan juga cukup kok. Atasan bakal lebih suka sama orang yang mau menantang dirinya sendiri dengan tanggung jawab lebih kayak gini, daripada orang yang terima aja disuruh apa juga setiap harinya.

Lakukan hal-hal di atas perlahan-lahan. Kalau sanggup sih bisa langsung bersamaan. Mudah-mudahan bisa segera naik jabatan!

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza