6 Cara Berhemat Saat ke Salon Mobil

Baca ini biar kamu nggak kejebak sama seribu satu rayuan petugas salon mobil yang berpeluang besar nguras semua duit kamu di dompet.

Cowok mana pun lebih seneng nongkrong di salon mobil ketimbang nungguin pacar creambath di salon kecantikan. Tapi, sengerti apa pun kamu soal mobil, para petugas salon mobil punya banyak cara buat ‘menghasut’ kamu biar mau ngeluarin lebih banyak biaya untuk servis yang seharusnya nggak perlu. Mereka bakal nawarin berbagai macam hal buat bikin mobil kamu tetep cantik, awet dan keliatan seperti baru. Tapi, penting nggak sih sebenernya? Nah, sebelum kamu terjebak rayuan maut mereka, lebih baik pahami beberapa servis di salon mobil berikut ini. Cari tau mana saja produk atau layanan di salon mobil yang layak buat mobil kamu atau mubazir dan malah bikin dompet kamu kempes.

BACA JUGA: Pilihan Mobil Harus Disesuaikan dengan Kepribadian Kamu Lho

Bikin Kinclong Mesin

car-engine-1548434_1920
Biasanya petugas salon mobil bakal nawarin jasa engine degreaser alias ngilangin minyak dan oli di mesin mobil biar mesin mobil kamu bekerja sempurna. Kamu bisa menolaknya. Karena detergen atau air sabun yang disempotkan alat pemompa cairan itu bisa bikin rusak konektor-konektor elektronik di mobil kamu. Kalau memang perlu sekali, kamu bisa milih bersihin mesin secara manual. Ketimbang dengan penyemprot, biasanya petugas servis bakal nutup bagian mesin yang sensitif dengan air. Kalau nggak, mesin kamu bisa rusak.

Sikat Otomatis vs Lap

cleaning-791542_1920

Sebagian besar salon mobil yang nawarin jasa cuci mobil otomatis biasanya ngasih harga lebih mahal ketimbang tempat cuci mobil manual yang makai lap biasa. Cuci mobil otomatis memang nawarin praktis dan cepat. Tapi pembersih otomatis yang dipakai buat bersihin mobil kamu itu bisa bikin permukaan mobil kamu jadi lecet atau baret. Ini juga berlaku buat sikat putar yang banyak dijumpai di salon-salon mobil. Minta petugas salon mobil buat menggunakan lap biasa.

Bikin Body Mulus
rain-1343460_1920

Ini adalah jasa yang umum ditawarin di tiap salon mobil. Mereka mengklaim kalau poles body diperluin buat ngelindungin permukaan body mobil biar nggak gampang lecet dan jadi kinclong lagi. Tapi, sebaiknya kamu menolak jasa ini. Banyak yang nggak tau kalau sering moles body mobil bakal bikin lapisan pernis mobil terkikis bahkan sampai warna cat dasar. Apalagi di salon mobil, poles body dilakukan dengan alat, otomatis body harus ditekan. Inilah yang bikin cat gampang terkikis. Lagi pula, proses wax yang baik adalah disaat mobil kamu dalam keadaan dingin, dan bagusnya di malam hari. Mobil kamu juga harus dalam keadaan benar-benar kering. Ini hal yang mustahil terjadi di salon mobil, di mana kondisi panas dan air yang belum kering karena cepatnya proses dan masih banyak mobil lain yang mengantri. Lebih baik, poles sendiri mobil kesayangan kamu dengan wax di rumah menggunakan lap dan tangan secara manual. Dan itu pun cukup setahun dua kali.

Antikarat di Kolong Mobil

tire-428519_1920

Kadang di salon mobil kamu bakal ditawarin untuk coating lapisan antikarat di bawah mobil. Menurut mereka, bagian bawah mobil kamu perlu perlindungan antikarat biar kelembaban tetap terjaga. Mereka bakal mengklaim kalau ini bisa mencegah timbulnya korosi akibat cipratan lumpur tiap kali mobil kamu ngelewatin jalanan becek dan berlumpur. Tapi, ini sebenernya nggak perlu. Kalau mobil kamu diproduksi dalam 20 tahun terakhir ini, itu artinya bagian bawah mobil kamu udah dilapisi antikarat dari pabrik asalnya. Apa pun yang bakal disemprotkan di salon mobil kamu bakal luntur dalam beberapa minggu. Jadi, nggak ada manfaatnya sama sekali.

Nyuci Bagian Bawah Mobil

wheel-349842_1920

Saat mencuci mobil, bagian paling umum yang dibersihkan adalah body atas mobil saja. Biasanya salon mobil menawarkan jasa terpisah buat ngebersihin bagian bawah mobil kamu. Tentunya dengan biaya tambahan. Cerdik, kan? Apakah ini sebanding? Ya, sebaiknya kamu ambil tawaran ini, walau dengan biaya ekstra. Proses ini bisa berguna buat ngilangin kandungan garam dan kotoran –yang sangat korosif dan abrasif– di lapisan terluar bagian bawah mobil. Bonus lain, tekanan tinggi dari penyemprot air bakal nyingkirin semua kotoran yang kamu gilas di jalanan, termasuk kucing tetangga kamu.

BACA JUGA: Instagrammer Cowok Yang Selalu Tampil Keren Pas Traveling

Bersihin Velg

tire-668041_1920

Kamu mungkin kepikiran buat bikin ban kamu keliatan ranum dan hitam legam seperti baru, tapi petugas salon mobil bakal nawarin lebih dari itu: bersihin velg kamu. Ya, poles ban memang nggak termasuk bersihin velg. Tapi, perlukah kamu mengambil jasa ini? Sebaiknya, kamu terima tawarannya. Ngebersihin velg bisa ngilangin karat, minyak dan debu yang nempel di cakram rem. Ini adalah hal yang nggak bakal bisa kamu lakuin sendiri di rumah waktu nyuci mobil sendiri. Jadi, mumpung lagi di salon mobil, mintalah bantuan mereka. Tapi, cukup buat kedatangan kedua atau ketiga ke salon mobil, nggak perlu tiap kali kedatangan.

Jadi, lain kali kamu ke salon mobil, kamu nggak perlu meng-iyakan semua tawaran pihak salon mobil. Nggak semua layanan dan servis dari salon mobil kamu perlukan pada sekali kedatangan. Bahkan ada yang nggak perlu sama sekali.

Categorised in: , ,

This post was written by Kak Moza