• Home
  • >
  • Female
  • >
  • 5 Tokoh Inspiratif Masa Kini Dari Indonesia Yang Namanya Populer di Internasional

5 Tokoh Inspiratif Masa Kini Dari Indonesia Yang Namanya Populer di Internasional

Di era modern ini, kita mungkin memang nggak punya pahlawan seperti zaman kemerdekaan. Tapi kita punya lho orang-orang Indonesia masa kini yang nggak kalah inspiratifnya.

Pahlawan Indonesia sejak zaman dahulu telah mengharumkan bangsa dengan memperjuangkan kedaulatan dan kemerdekaan Indonesia. Kerennya, pahlawan-pahlawan tersebut bahkan saking dihormatinya sampai dibuat jadi nama jalan di luar negeri. Dan nggak bisa dipungkiri, di zaman modern ini kita memang nggak punya tokoh inspiratif seperti di zaman kemerdekaan tersebut.

Akan tetapi, di zaman modern ini kita punya banyak orang-orang inspiratif yang mempunyai segudang prestasi, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Orang-orang tersebut pastinya dapat memacu dan menginspirasi kita untuk semakin berprestasi dan berguna bagi bangsa dan negara.

Siapa saja yah orang-orang keren tersebut? Ayo, simak langsung disini!

Chef Hengky Efendy

Chef yang pernah mengenyam pendidikan di STP Bandung ini memang mempunyai passion yang tinggi terhadap dunia kuliner. Keseriusan dan ketekunannya itu lah yang membawa Chef Hengky Efendy mendapakatkan kesempatan untuk bekerja di beberapa restoran milik Gordon Ramsay di Inggris, Amerika Serikat, dan Australia, selama 10 tahun.

A photo posted by Barley (@barley_bistr0) on

Seperti yang kita ketahui, Gordon Ramsay adalah seorang chef yang juga jadi juri di acara televisi Hell’s Kitchen dan Masterchef US. Gordon Ramsay ini terkenal galak dan tegas banget lho kalau di televisi. Menurut Chef Hengky sendiri saat bekerja dibawah Gordon Ramsay, beliau itu orangnya memang disiplin banget soal waktu dan menuntun kesempurnaan. Sekarang ini, Chef Hengky sudah kembali ke Indonesia. Ia bersama dengan dua orang kawannya mendirikan sebuah restoran bernama Barley yang mengusung perpaduan kuliner western dengan Indonesia. Tokoh yang inspiratif banget kan!

Restu Anggraini

Siapa yang menyangka 10 tahun yang lalu kalau fashion muslim Indonesia bakalan menjadi trend dan bisa berlenggok di panggung runway internasional? Seorang desainer bernama Restu Anggraini telah berhasil membuktikannya. Karena pada bulan Maret 2015 yang lalu, Restu Anggraini berhasil menampilkan karya desainnya di panggung runway Mercedes Benz Fashion Week Tokyo 2015.

Awalnya, perempuan lulusan Esmod ini pertama kali meluncurkan label “Restu Anggraini” di tahun 2011 untuk style outfit hijab yang smart casual, dan label ETU untuk outfit hijab yang lebih premium. Style rancangannya yang simple dengan potongan yang edgy pun menjadi favorit perempuan-perempuan muda yang ingin memakai hijab namun dengan style yang lebih modern.

Ke depannya, Restu akan terus berkreasi dengan rancangannya dan memasukkan unsur-unsur sentuhan Indonesia ke dalamnya. Ia akan terus mengembangkan fashion muslim Indonesia lebih bagus lagi agar bisa bersaing di dunia internasional, dan menjadikan Indonesia sebagai kiblat fashion muslim dunia.

Perempuan Indonesia sudah banyak yang berprestasi dan memegang peran penting di dunia bisnis atau pun pemerintahan. Namun berapa banyak sih perempuan Indonesia yang telah mengharumkan nama bangsa Indonesia lewat passion-nya? Semoga Restu Anggraini bisa menjadi tokoh inspiratif bagi para perempuan Indonesia untuk terus berkarya.

Lilyana & Tontowi

Siapa yang tidak kenal pasangan campur ganda bulutangkis asal Indonesia ini? Ya, Lilyana Natsir dan Tontowi Ahmad bagaikan duo tim yang paling solid yang pernah ada. Keduanya terkenal banget sebagai pasangan campur ganda sejak bertanding di laga SEA Games tahun 2011.

Prestasi bersama mereka sudah banyak banget dan mungkin susah untuk dihitung. Mereka berdua bahkan telah medapatkan gelar juara dunia di laga All England tahun 2013, lho. Dan masih banyak gelar-gelar lain yang mereka banyak dapatkan ketika berlaga bersama. Kedepannya, Lilyana dan Tontowi akan terus berlatih dan bertanding di laga bulutangkis internasional, dengan semangat untuk mengharumkan nama bulutangkis Indonesia.

Di tengah situasi perolahragaan kita yang lebih banyak dramanya ketimbang prestasinya, kehadiran Lilyana-Tontowi serta atlet lainnya tentu jadi angin segar. Para calon atlet kita jadi punya tokoh inspiratif yang bisa dijadikan panutan.

Nadiem Makarim

Tidak semua lulusan kampus luar negeri harus melulu kerja di luar negeri. Hal ini dibuktikan oleh Nadiem Makarim, seorang lulusan Harvard yang kini menjadi CEO dari Go-Jek, sebuah perushaan teknologi yang menyediakan jasa pesan ojek lewat aplikasi smartphone. Ia kembali ke Indonesia dan mengembangkan bisnis dengan menggunakan usaha kerakyatan tradisional Indonesia, alias ojek.

Awalnya, Nadiem Makarim sendiri adalah karyawan dari sebuah perusahaan luar negeri di Indonesia. Kebiasaannya menggunakan transportasi ojek setiap hari, dan akhirnya membuahkan ide peluang bisnis. Dengan ide bisnisnya ini, ia berhasil meningkatkan taraf hidup banyak tukang ojek yang bergabung bersamanya. Tokoh inspiratif kita yang satu ini seolah membuktikan bahwa untuk sukses, terkadang kita cukup memanfaatkan apa yang sudah ada di sekitar kita.

Sekarang ini, Nadiem dan perusahaannya sudah memiliki lebih dari 10.000 pengemudi ojek di dalamnya. Kedepannya, ia akan terus mengembangkan Go-Jek, tidak hanya di Jabodetabek, Bali, Bandung, dan Surabaya saja, tapi kota-kota besar lainnya di seluruh Indonesia.

Joe Taslim

Joe Taslim adalah salah satu aktor kebanggaan Indonesia yang bisa menembus pasar perfilman Hollywood. Pria yang lahir di Palembang, tahun 1981 ini awalnya sangat passion banget di dunia olahraga beladiri, terutama di beladiri Judo. Selain berprestasi sebagai atlet Judo, Joe Taslim juga berkarir sebagai model dan aktor.

A photo posted by JoTa (@joe_taslim) on

Perannya sebagai Jaka di film The Raid pada tahun 2012 yang lalu berhasil mengembangkan namanya sebagai aktor. Setelah era The Raid, tawaran untuk bermain peran di film-film internasional semakin banyak. Salah satunya adalah ketika dia berhasil mendapatkan peran antagonis di film sekuel Fast & Furious 6 yang terkenal banget itu! Wow!

Kedepannya, Joe Taslim akan terus berkarya tidak hanya di Indonesia, tapi juga di Hollywood. Psst, sekarang ini Joe Taslim lagi proses syuting film Star Trek terbaru yang akan rilis pada tahun 2016 nanti, lho!

 

Berprestasi dan membanggakan banget kan tokoh-tokoh tersebut? Yuk, mari kita sama-sama lebih giat lagi mengembangkan potensi dan bakat kita agar dapat berprestasi serta menjadi tokoh inspiratif yang mengharumkan nama Indonesia.

PhotoSource: zimbio.com

This post was written by Dianthi Nida