5 Tips Mengamankan Rumah Kosong yang Ditinggal Liburan

Gak mau kan rumahmu kedatangan tamu tak diundang saat ditinggal liburan? Kami punya 5 tipsnya agar rumah kamu selalu aman meski ditinggal bepergian.

Sebentar lagi libur panjang nih, Guys! Buat kamu yang sudah punya rencana untuk pergi beberapa hari ke luar kota, pastikan tempat tinggal kamu aman selama ditinggal bepergian ya! Karena setiap tahun selalu ada saja berita tentang rumah kosong yang tertimpa musibah kemalingan atau kebakaran. Kami punya 5 tips buat kamu yang ingin rumahnya tetap aman meski ditinggal bepergian cukup lama.

Amankan Barang Berharga

Bukan hanya perhiasan, ijasah dan surat-surat penting juga termasuk barang berharga lho! Jadi, simpan barang berharga kamu di tempat yang paling aman. Idealnya kamu menyewa deposit box di bank. Selain jauh lebih aman, pihak bank pun memberikan asuransi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Alternatif yang lebih murah adalah kamu sembunyikan barang berhargamu di tempat yang susah dibuka, lokasinya tidak terduga atau kamu titipkan ke orang yang kamu percaya.

Matikan Air & Gas

Bahaya yang mengancam rumah kosong bukan hanya pencuri, tetapi juga kebakaran dan banjir. Jadi pastikan kamu sudah mematikan keran air, mesin pompa air atau aliran PAM. Sebab genangan air bisa merusak barang berhargamu serta berbagai perabot dan perangkat elektronik.

Pastikan juga selang dan regulator gas sudah kamu cabut dari tabungnya. Hal ini untuk mencegah kebocoran yang bisa menyebabkan ledakan. Perlu kamu ingat bahwa bahaya kebakaran berpotensi menyebar dan mengancam rumah-rumah di sekitarnya. Jadi, jangan dianggap remeh ya!

Nyalakan Perangkat Elektronik yang Penting Saja

Selain kulkas dan akuarium, seharusnya perangkat elektronik lain di rumahmu bisa dicabut dari stop kontaknya. Hal ini untuk mencegah korsleting yang merambat dan merusak seluruh perangkat elektronik yang masih terhubung. Pastikan juga MCB (Alat Pemutus Aliran Listrik) atau sekering di rumah kamu masih dalam kondisi yang baik.

By the way, bukan berarti kamu boleh memutus aliran listrik untuk satu rumah untuk mencegah korsleting ya. Sebab kamu tetap harus menyalakan lampu untuk mencegah pencuri. Saran kami gunakan timer atau sensor cahaya pada lampu agar rumahmu bisa menyala dan padam secara otomatis. Hal ini cukup efektif untuk mengecoh pencuri, sebab biasanya mereka menandai rumah kosong dengan cara melihat rumah mana yang lampunya tetap menyala hingga siang hari.

Pasang Perangkat Keamanan

CCTV

Kalau kamu punya dana yang cukup, kamu bisa memasang CCTV untuk memantau kondisi rumahmu secara realtime selama ditinggal pergi. Kamu juga bisa memasang alarm di pintu atau jendela yang menurutmu berpotensi untuk dibobol oleh pencuri.

Jika danamu terbatas, kamu bisa memasang kunci atau gembok tambahan untuk menyulitkan aksi pencuri. Gunakan gembok yang bagus ya karena berinvestasi ke perangkat keamanan pastinya tidak pernah rugi. Kamu juga bisa menaruh beberapa sandal/sepatu di depan pintu untuk membuat rumahmu seakan-akan tetap dihuni oleh pemiliknya. Letakkan sandal/sepatu yang sudah usang saja ya, kalau yang masih baru sih mending kamu pakai pergi atau disimpan di kamar yang terkunci.

Titipkan Rumah Kosong ke Orang yang Kamu Percaya

Jangan tinggalkan kunci rumah di bawah keset atau di balik pot bunga. Jika kamu tinggal di komplek perumahan, lebih baik kamu titipkan kunci rumahmu ke tetangga yang tidak mudik. Kenapa harus dititipkan? Karena kamu tidak tahu apa yang akan terjadi saat liburan. Bisa saja kunci rumahmu terjatuh di suatu tempat dan tidak bisa ditemukan.

Kalau tetanggamu pegang kunci cadangan, kamu bisa tetap masuk ke rumah saat sudah pulang nanti. Selain itu tetanggamu juga bisa mengecek kondisi rumahmu secara berkala, bahkan membantu mengurus hewan peliharaanmu yang kamu tinggal di rumah.

Meski sudah menitipkan rumah ke tetangga yang kamu percaya, kamu juga tetap harus melaporkan kepergianmu kepada petugas keamanan yang berjaga di komplek rumahmu. Berikan nomor kontak yang bisa dihubungi untuk mempermudah mereka dalam menjalankan tugasnya. Sebab terkadang para pencuri menyamar sebagai tamu ketika menjalankan aksinya.

Setelah melakukan 5 poin di atas, seharusnya kamu bisa lebih tenang saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong selama liburan. Oiya, jangan lupa berikan oleh-oleh atau tanda terima kasih untuk mereka yang sudah menjaga rumahmu ya! Selamat liburan, Guys!

 

Baca Juga:
Tips Mudik Anti Ngantuk Buat Bikers
5 Aplikasi Anti Macet Saat Mudik

Categorised in: , ,

This post was written by Lendra Bayu